Kota Jogja sejak dulu menjadi salah satu kota terfavorit yang wajib dikunjungi jika ke Indonesia. Jogja menawarkan berbagai jenis wisata, mulai dari wisata alam, kuliner,  religi, hingga wisata edukasi. Jogja sudah dikenal sebagai kota pelajar, karena itu tidak heran jika di Jogja terdapat berbagai tempat wisata edukasi. Pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan rekomendasi wisata edukasi berupa museum  terbaik dan terpopuler di Jogja. Apa saja kira-kira? Berikut daftarnya:

Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo merupakan museum yang terkenal dan terlengkap kedua setelah Museum Nasional Republik Indonesia. Saat ini, Museum Sonobudoyo terdiri atas dua unit. Museum Sonobudoyo Unit I berada di Jalan Trikora No 6 Yogyakarta, sedangkan Museum Sonobudoyo Unit II terletak di Dalem Condrokiranan, Wijilan, yaitu di sebelah timur Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta.

Museum Sonobudoyo menyimpan berbagai sejarah kebudayaan Jawa. Sehingga di dalam museum ini  tersimpan banyak koleksi sejarah budaya Jawa sejak masa lampau. Di museum ini Kamu dapat menemukan keramik pada zaman Neolitik, patung perunggu dari abad ke 8, beberapa macam bentuk wayang kulit, dan berbagai senjata kuno, serta topeng Jawa.

Hal menarik dari Museum Sonobudoyo adalah adanya pertunjukkan wayang kulit dengan menggunakan bahasa Jawa  dan diiringi dengan musik gamelan Jawa.  Pertunjukan wayang kulit ini biasanya dilaksanakan pada hari kerja, pada  malam hari jam 20.00 – 22.00. Pertunjukan ini terbuka untuk para pengunjung, baik turis asing maupun turis domestik.

pxhere.com

Museum Monumen Jogja Kembali (MONJALI)

Monumen Jogja Kembali atau lebih dikenal dengan Monjali, merupakan museum yang berisi sejarah kemerdekaan Republik Indonesia khususnya di kota Jogja. Museum ini terletak di Di jalan raya Ring road Utara Sleman Yogyakarta. Museum ini dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Museum ini memiliki bentuk kerucut yang terdiri dari 3 lantai. Museum ini juga dilengkapi dengan ruang perpustakaan dan ruang serbaguna. Di lantai dari museum ini terdapat  beragam benda koleksi,  seperti replika, foto, dokumen, heraldika, berbagai jenis senjata, tandu dan dokar (kereta kuda) yang pernah digunakan oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman,  hingga bentuk evokatif dapur umum pada zaman perang kemerdekaan tahun 1945 -1949. juga disimpan di sini (di ruang museum nomor 2).

Museum ini paling sering di kunjungi oleh para wisatawan, terutama oleh  pelajar dalam acara study tour maupun darmawisata. Wajar karena di museum ini kamu dapat menambah ilmu pengetahuan terutama mengenai sejarah perjuangan meraih kemerdekaan Indonesia. Bagaimana tertarik untuk mengunjungi museum ini?.

 

pxhere.com

Museum Affandi

Museum Afandi  berada di Jalan Laksamana Adi Soetjipto No.167, Sleman Yogyakart. Museum ini merupakan satah satu museum  terkenal dan unik di Jogja yang menyimpan ratusan lukisan karya maestro Affandi. Lokasi dari museum ini juga tepat diatas lahan bangunan dari rumah tempat tinggal pelukis Affandi dan keluarganya. Sehingga selain melihat lukisan, pengunjung juga bisa melihat tempat tinggal sang maestro membuat karya tersebut.

Museum Affandi memiliki 3 galeri, yaitu galeri yang menampilkan berbagai koleksi dari Affandi dan kelurganya, serta  berbagai lukisan karya pelukis besar Indonesia lainnya. Sehingga saat mengunjungi museum ini, pengunjung akan bertambah pengetahuannya mengenai  berbagai aliran dalam lukisan dan juga berbagai karya lukisan pelukis besar di Indonesia.

Di Museum ini terdapat beragam karya dari sang maestro, mulai dari mobil, sepeda onthel dan banyak lagi. Lukisan yang paling unik karya sang maestro di museum ini adalah lukisan yang tidak jelas terlihat dari dekat, namun akan tampak jelas jika dilihat dari jauh. Museum ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berwisata edukasi, karena di museum ini kamu dapat belajar mengenal berbagai lukisan yang khas dan memiliki karakteristik unik.

pxhere.com

Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga berlokasi di lantai dua gedung Taman Budaya Yogyakarta tepatnya belakang Taman Pintar. Museum ini merupakan museum pertama dan satu-satunya di Indonesia yang sangat cocok sebagai tempat wisata edukasi untuk anak.

Di dalam museum ini terdapat ratusan mainan tradisional yang merupakan buatan tangan. Selain mainan, di museum ini juga terdapat berbagai  objek yang berkaitan dengan dunia anak, baik dari seluruh wilayah Indonesia maupun dari Mancanegara. Museum ini sangat cocok untuk dikunjungan bersama anak dan keluarga untuk memperkenalkan pada anak berbagai permainan kreatif buatan tangan. Hal ini dimaksudkan agar anak dapat lebih kreatif, manidiri membuat mainan sendiri, dan menemukan mainan yang lebih menyenangkan selain gadet.

Nah itu di atas adalah referensi beberapa museum untuk berwisata edukasi di Jogja. Gimana? Kapan berwisata nih? Gak usah ribet untuk kamu yang ingin berwisata di Jogja, hubungi aja  Kartanesia Tour. Kartanesia merupakan sebuah group yang profesional bergerak di bidang tour khususnya di kota Jogja. Kartanesia Tour sudah berdiri lebih dari 10 tahun di bawah naungan PT Raskita Wirajaya dan memiliki perizinan lengkap dan legalitas.

 

Di Kartanesia Tour kamu bisa mendapatkan berbagai promo, paket tour Jogja, sewa mobil, sewa bus, sewa motor, vocher hotel, dan lainnya. Info lebih lengkapnya silahkan kunjungi www.kartanesia.com. So, gak usah pusing dan ribet lagi ya kalau mau berkunjung ke Jogja untuk mendapatkan tempat-tempat wisata keren dan sesuai dengan keinginanmu.