pxhere.com

Biografi Ustadz Adi Hidayat

Sebagai ustadz yang cukup terkenal di Indonesia sebagai narasumber keagamaan tentunya beliau memang memiliki ilmu agama yang mumpuni. Uztadz Ali Hidayar lahir di Pandeglang, Banten, 11 September pada tahun 1984. Sebagai ulama asal Indonesia beliau juga sudah menguasai isi kitab suci Alquran, bahkan sangat hafal dengan letak barisnya. Beliau  juga menguasai ilmu hadist dan kitab dengan maknanya, bahkan juga hafal posisinya.

 

Kemudian pada 2013 Ustaz Adi mendirikan sekolah Quantum Akhyar Institute kemudian tiga tahun berikutnya beliau juga mendirikan Akhyar TV yang bertujuan untuk digunakan sebagai media dakwah.  Nah, untuk sekarang ini Ustadz Adi Hidayar aktif menjadi seorang narasumber keagamaan dalam ta’lim dan seminar, serta acara yang lainnya. Bahkan, beliau juga telah memiliki beberapa karya  tulis yang berbahasa Arab dan Indonesia dan bagi penggemar memiliki kaos dakwah untuk dipakai saat acara.

pxhere.com

Biografi Pendidikin Ustadz Adi Hidayat

Sudahkah Anda mengetahui biografi pendidikan dari seorang ustadz Adi Hidayat? Ini dia penjelasannya untuk Anda.

 

Pendidikan Formal

  1. TK Pertiwi dan SDN Karaton 3 Pandeglang

Ustadz Adi Hidayat mengawali pendidikannya di TK Pertiwi Pandeglang sejak tahun 1989 kemudian lulus dengan predikat siswa terbaik. Kemudian beliau melanjutkan ke SDN Karaton 3 Pandeglang. Dalam proses pendidikan beliau melanjutkan sekolah menengah atas ke Madarasah Salafiyyah Sanusiyyah Pandeglang. Ketika sekolah beliau memang menjadi murid teladan dengan peringkat pertama terus-menerus, bahkan juga menjadi seorang santri teladan.

 

  1. Ponpes Darul Arqam Muhammadiyyah Garut

Belau melanjutkan ke Ponpes Darul Arqam Muhammadiyyah Garut pada tahun 1997. Selama pendidikan di pondok ternyata beliau juga mendapatkan banyak tingkat restasi khususnya dalam pembelajaran syarh al-Quran. Setelah lulus kemudian mendapatkan predikat santri teladan dalam 2 bidang yaitu agama dan umum dengan konsep ilmian ESQ dalam Al-Quran di hadapan M. Yunan Yusuf tahun 2003.

Kemudian beliau mendapatkan undangan PMDK di Fakultas Dirasarat Islamiyah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang sudah bekerja sama dengan Universitas Al-Azhar Kairo.

pxhere.com
  1. Kuliyya Dakwah Islamiyyah Libya

Pada tahun 2005 ustadz Adi Hidayat mendapat undangan khusus untuk melanjutkan studi di Kuliyya Dakwah Islamiyyah Libya kemudian meninggalkan program FDI dengan meraih IPK 3,98. Di Libya beliau belajar intensif disiplin ilmu yang berkaitan dengan ilmu hadits, fiqih, lughah, tarikh, dan lainnya.

 

Kecintaannya pada Al Quran membuatnya mengambil program khusus Lughah Arabiyyah untuk lebih memahami kedalaman maknanya. Nah, beliau juga sangatlah aktif dalam mengikuti segala kegiatan seminar dan dialog yang dilakukan bersama forum ulama dunia yang ada di Libya.

 

Belajar ke Berbagai Syaikh

Dalam Biografi Ustadz Adi Hidayat ternyata beliau banyak bertalaqqi atau belajar mengenai Alquran dengan para Syaikh di Libya, ini dia informasinya.

 

  1. Belajar mengenai Al-Quran

Ustadz Adi Hidayat belajar mengenal Al Quran kepada Syaikh Dukkali Muhammad al-‘Alim seorang muqri internasional kemudian Syaikh Ali al-Liibiy seoran Imam Libya untuk Eropa, kemudian juga terdapat Syaikh Ali Ahmar Nigeria untuk belajar riwayat warsy, selanjutnya juga belajar dengan Syaikh Ali Tanzania mengenai riwayat ad-Duri.

pxhere.com
  1. Belajar Ilmu Tajwid

Berikutnya Ustadz Adi Hidayat juga belajar ilmu tajwid dengan seorang syaikh dari Libya yaitu Syaikh Usamah, syaikh Tanthawi Jauhari seorang Grand Syaikh al-Azhar kemudian Dr. Bajiqni dari Libya yang mengajarkan beliau mengenai ilmu tafsir. Dengan demikian beliau memang tidak belajar ilmu keagamaan secara sembarangan, tetapi kepada seorang syaikh.

 

  1. Belajar Ilmu Fiqh

Kemudian Dr. Shiddiq Basyr Nashr (Libya) juga menjarkannyailmu hadist dari seorang syaikh ar-Rabithi dan Syaikh Wahbah az-Zuhaili seorang ulama Syiria yang mengajarkan untuk mengenal ilmu fiqh dan ushul fiqh dengan tepat dan benar. Selanjutnya untuk belajar ilmu agama bahasa Arab ternyata ustadz Ali Hidayat belajar besama dengan syaikh Abdul Lathif as-Syuwairif seorang pakar bahasa Dunia dan anggota majma’ al-lugha kemudian juga mendapatkan ilmu bahasa Arab dari Dr. Muhammad Djibran seorang pakar Bahasa dan masih banyak lagi sya Dr. Abdullâh Ustha (Pakar Nahwu dan Sharaf), Dr. Budairi al-Azhari (Pakar ilmu Arudh), juga masih banyak lagi syaikh  yang lainnya.

 

Ustadz Adi Hidayat Ketua Dewan Khatib

Kemudian di akhir tahun 2009, Ustadz Adi Hidayat diangkat sebagai ketua dewan khatib jami Dakwah Islamiyyah Tripoli yang berhak menentukan para khatib dan pengisi di Libya. Ketahuilah bahwa Ustadz menyelesaikan pendidikan S1 dalam waktu 2,5 tahun kemudian menyelesaikan pendidikan pascasarjananya dalam kurun waktu sekitar 2 tahun di Islamic Call College Tripoli, Libya.

pxhere.com

Ustadz Ali Hidayat Kembali Ke Indonesia

Setelah Ustadz Ali Hidayat lulus dalam waktu 6 tahun di Libya kemudian beliau kembali ke Indonesia dengan membawa gelar L.c (License), gelar sarjana di kawasan Timur Tengah. Kemudian beliau menjadi seorang pengasuh ponpes Al Quran Al Hikmah di Banten. Nah, kemudian Ustadz Adi Hidayat mendirikan Quantum Akhyar Institute di Bekasi. Sekarang ini Ustadz Adi Hidayat, Lc, MA banyak mengisi ceramah-ceramah agama di berbagai daerah.

 

Demikianlah seputar penjelasan mengenai biografi dari seorang ustadz Ali Hidayat yang memberikan banyak kajian di berbagai media sosial.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *