Kemajuan IPTEK di dunia saat ini menyebabkan semakin canggihnya kehidupan manusia. Berbagai kemudahan didapatkan oleh masyarakat luas beserta berbagai manfaat yang menguntungkan. Contohnya adalah  dengan adanya toko online  alias online shop atau yang lebih dikenal dengan e-commerce. Pembeli  dan penjual tidak perlu lagi betatap muka untuk membeli barang yang dijual ataupun pergi ketempat dimana penjual berada. Pasalnya semua transaksi dilakukan secara online sehingga tidak perlu adanya tatap muka antara penjual dan pembeli. Tentunya hal ini sangatlah efektif dan menguntungkan bagi penjual dan pembeli. Maka dari itulah tidak heran apabila bisnis online shop ini begitu diminat oleh masyarakat luas.  Siapa saja mempunyai kesempatan yang sama besarnya apabila memang ingin terjun dalam bisnis tersebut.

Bila ingin benar-benar terjun dalam dunia bisnis toko online, maka terdapat beberapa langkah penting yang harus Anda lakukan beserta trik ampuh yang begitu membantu. Dengan kedua hal tersebut Anda akan bisa mencipatkan online shop yang berkembang dengan baik dan menguntungkan tentunya. Keberadaan langkah-langkah membangun online shop beserta trik ampuhnya ini tidak boleh dilewatkan begitu saja terutama bagi Anda yang baru sebagai pemula dalam dunia e-commerce.  Dijamin setelah semua langkah tersebut dilakukan dibarengi dengan trik ampuhnya, kesuksesan online shop yang dibangun akan didapatkan dengan mudah dan cepat. Semua informasi ini juga terbukti mudah untuk diikuti sehingga tidak perlu ragu sama sekali ataupun takut tidak bisa mengikuti setiap instruksinya.

pexels.com

Langkah-Langkah Membangun Toko Online

Informasi pertama yang harus Anda ketahui adalah mengenai langkah-langkah membangun toko online.  Setiap langkah tersebut harus dilakukan secara urut dan dengan maksimal agar hasilnya pun baik. Berikut adalah langkah-langkah membangun bisnis online shop yang harus Anda ketahui:

  1. Tentukan Produk yang Hendak Dijual

Langkah pertama dalam membangun online shop adalah Anda harus menentukan terlebih dahulu produk apa yang hendak dijual.  Jangan anggap remeh langkah pertama ini karena apabila Anda salah menentukannya maka akan membawa kerugian yang besar. Bisa-bisa bisnis online shop yang dibangun ini tidak akan bisa berkembang karena kesalahan tersebut. Untuk itulah dalam menentukan produk yang hendak dijual ini, tanamkan dalam diri Anda prinsip bahwa jangan menjual barang yang ingin dijual tetapi juallah barang yang mau orang lain beli. Penting sekali untuk mengetahui prinsip tersebut agar tidak salah kaprah dalam langkah pertama membangun online shop ini. Silahkan cari informasi dengan meriset apa  yang sebenarnya dibutuhkan dan ingin dicari masyarakat luas sehingga Anda bisa mengambil lahan tersebut untuk menyediakan produk yang dicari. Misal pushrank.id, produk mereka berupa jasa backlink untuk pemilik website yang membutuhkan jasa terkait.

  1. Mencari Supplier

Sesudah Anda sudah mendapatkan produk apa yang hendak dijual, langkah beirkutnya dalam membangun online shop adalah mencari supplier alias pemasok dari produk tersebut. Carilah supplier yang memberikan pelayanan terbaik dengan produk yang diberikan juga berkualitas. Jangan lewatkan masalah harga dari supplier tersebut yang mana haruslah terjangkau agar harga jualnya tidak terlau mahal. Akan lebih menguntungkan apabila memang Anda sendiri yang memproduksi produk yang hendak dijual. Namun apabila tidak juga tidak masalah karena masih banyak supplier yang bisa menyediakan produk yang hendak Anda jual pada online shop yang akan dibangun tersebut. Carilah informasi dan coba-coba menggunakan jasa supplier yang ada agar bisa menemukan yang terbaik. Anda tidak oleh mudah tergiur akan penawaran murah yang ditawarkan supplier sebelum mengecek kualitas pelayanan dan produknya. Jangan andalkan hanya satu supplier saja sehingga jika ada satu supplie yang mati, bisnis Anda tidak ikut mati karena masih ada supplier lainnya.

  1. Membuat Website

Langkah ketiga dalam pembuatan online shop ini adalah pembuatan website. Perlu Anda ketahui bahwa banyak orang yang salah menaruh fokusnya dengan meletakkan langkah nomer tiga tersebut pada langkah yang pertama. Akibatnya adalah ketidaksiapkan dan kegagalan yang terjadi. Dalam pembuatan website online shop ini silahkan pilih yang high conversioan alias konversi yang tinggi. Hal ini bertujuan agar orang yang mengunjungi website online shop tersebut mudah paham dan tidak kebingungan. Terlebih lagi banyak orang sangatlah tertarik dengan hal yang sederhana dan tidak terlalu bertele-tele. Jangan hanya membuat website secara ngawur saja karena hal ini akan membuat pembeli kesulitan sehingga tidak jadi berbelanja apda website online shop yang telah dibuat.

  1. Menargetkan Pengunjung untuk Datang Ke Website Online Shop

Targetkan pengunjung yang harus datang ke website online shop yang telah dibuat tadi.  Penargetan ini akan menentukan penjualan sukses dilakukan atau tidak.  Bukan sekedar banyak pengunjung saja tetapi yang penting adalah pengunjung yang ditargetkan menjadi pasar produk yang telah ditentukan tadi.  Maka dari itulah promosi agar para pengunjung ini bisa datang ke website online shop bergitu penting untuk dilakuka. Anda bisa memberikan berbagai kode promo Niagahoster pemotongan harga ataupun promo lainnya kepada pembeli yang dibagikan melalui sosial media ataupun tempat lainnya agar bisa menarik target pengunjung tersebut.  Misalkan produk yang hendak Anda jual adalah pupuk kandang, maka bagikan kode-kode diskon atau promo kepada para petani sekitar agar mereka bisa mengunjungi website yang dipunyai dan akhirnya membeli produk.

pexels.com
  1. Menerima Pesanan dan Mengirim Produk

Langkah kelima dalam pembangunan online shop merupakan yang paling menyenangkan untuk dilakukan. Langkah tersebut adalah menerima pesanan dan mengirimkan produk yang dipesan tersebut.  Dalam langkah tersebut, latih diri Anda agar bisa mengatasi berbagai pesanan yang masuk secara baik sehingga tidak akan ada yang tercecer ataupun terlewatkan. Perlu dicatat bahwa belum tentu orang yang mengorder produk ini akan melakukan transaksi pembayaran. Untuk itulah melakukan closing order begitu penting untuk dilakukan. Anda harus belajar terlebih dahulu mengenai closing order ini agar tidak merugikan nantinya. Jangan lupa untuk menghubungi kembali calon pembeli alias follow-up akan pesanan yang dipesan terutama mengenai pembayarannya.  Ketika si pembeli sudah menyelesaikan proses pembyaran produk online shop milik Anda, maka segeralah untuk lakukan packing. Packing juga harus diperhatikan karena apabila tidak baik dilakukan menyebabkan barang tidak selamat hingga tujuan alias rusak. Bila hal tersebut terjadi maka pembeli akan kecewa tidak akan mau pergi ke online shop milik Anda.  Pelajari bagaimana teknik dan tips packing yang benar dan pilih layanan ekspedisi paket yang terpercaya.

  1. Mengembangkan Online Shop

Lama kelamaan apabila semua langkah tersebut telah dilakukan maka bisnis online shop akan semakin berkembang. Setiap harinya pesanan akan semakin banyak dan mau tidak mau Anda harus merekrut orang baru untuk membantu bisnis e-commerce tersebut.  Jangan langsung memperkerjakan banyak orang karena bisa jadi malah membuang-buang tenaga dan uang saja. Lebih baik mulai dari satu persatu terlebih dahulu lalu bertahap penambahan karyawan agar tepat sasaran pekerjaannya dan tidak sia-sia.

  1. Merancang Strategi Ampuh

Tahapan terakhir dalam membangun online shop ini adalah Anda harus bisa merancang startegi ampuh agar bisa meningkatkan omset penjualan. Misalnya saja dengan mengencangkan promosi dan iklan ke sosial media ataupun media lainnya. Agar bisa menemukan strategi ampuh dalam membangun online shop ini lakukan riset-riset kecil  yang dibarengi dengan pengambilan informasi melalui internet.

pexels.com

Trik Membangun Online Shop

Trik membangun toko online alias online shop ini sebenarnya ada banyak sekali. Semuanya juga memberikan dampak yang baik bagi perkembangan toko tersebut. Namun dari semua trik membangun online shop ini ada beberapa yang terbukti ampuh dan memberikan dampak yang siginifikan pula. Adapun trik paling ampuh tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Jangan Langsung Membuat Website Online Shop

Seperti yang telah disebutkan, bahwa kesalahan orang yang ingin membangun online shop adalah membuat website terlebih dahulu. Padahal hal tersebut merupakan langkah kesekian yang harus dilakukan. Maka dari itulah jangan langsung membangun website tersebut dan Anda harus merancang terlebih dahulu secara terperinci arah dari online shop ini. Mulai dari barang yang hendak dijual, nama toko, supplier dan lain sebagainya yang berkaitan dengan persiapan penjualan. Barulah setelah semua konsep dan persiapan telah dilakukan, Anda bisa langsung membuat website online shop ini. Namun sebelum itu, pahami terlebih dahulu jenis-jenis website yang bisa digunakan. Tidak hanya itu saja, carilah informasi mengenai apa cara atau tips ampuh membuat website khusus e-commerce terutama mengenai tool yang bisa digunakan. Dengan begitu kemudahan dalam pembuatan website online shop akan terwujud.

  1. Anggap Diri Sendiri Sebagai Pelanggan Bukan Pemilik

Ketika Anda menempatkan diri sebagai pelanggan bukan sebagai pemilik maka akan lebih mudah memberikan penilaian akan pelayanan hingga website online shop yang dipunyai.  Oleh karena itulah Anda bisa mengkoreksi berbagai kekurangan yang dirasa harus diperbaiki tanpa ada terlewat satupun. Jangan lupa untuk membandingkan dengan online shop lainnya karena sebagai pelanggan tentunya akan melakukan hal serupa sebelum membeli produk yang diinginkan. Ketika perbandingan ini Anda lakukan, nilai sendiri apakah online shop yang dimiliki lebih unggul atau tidak. Apabila lebih unggul maka tidak perlu khawatir tetapi bila masih kurang berarti tanda bagi Anda untuk meningkatkan kualitas dari online shop yang dipunyai. Ambil apa kelebihan dari competitor tersebut dan adopsi dengan sedikit modifikasi agar online shop Anda lebih unggul. Bila sudah begitu maka tidak perlu takut atau sedih pelanggan lari ke online shop lainnya.

  1. Manfaatkan Media Sosial Secara Maksimal

Manusia saat ini sulit sekali untuk lepas  dari media sosial. Hampir setiap menit pastinya akan mengecek sosial media yang dipunyai. Disini sebenarnya lahan untuk Anda mempromosikan online shop yang dipunyai.  Anda bisa mendekatkan diri dengan pelanggan yang ditargetkan ini melalui media sosial tersebut. Terlebih lagi terdapat beberapa kebiasaan dari masyarakat luas yang melakukan jual beli lewat akun media sosial. Jangan lupa nantinya cantumkan media sosial dari online shop yang dipunyai pada website. Tujuannya agar semakin dikenal toko online tersebut oleh masyarakat luas. Beberapa media sosial yang tidak pernah sepi penguna ini antara lain ada Instagram, Facebook dan Twitter. Instagram menjadi salah satu media sosial yang merupakan sarang online shop. Anda harus memanfaatkan keberadaannya dengan maksimal sehingga branding hingga pencapaian omset yang dituju akan tercapai.

  1. Mengetahui Apa Kunci Sukses dari Website Online Shop

Salah satu aspek yang menentukan keberhasilan online shop adalah website-nya. Maka dari itulah sebisa mungkin ketika orang mengetikan kata kunci yang berhubungan dengan website online shop yang dipunyai ataupun produk yang dijual harus berada pada top rekomendasi teratas. Semua hal ini berhubungan dengan Search Engine Optimization alias SEO. Perlu diketahui bahwa semua website yang ada pada top rekomendasi tersebut sudah menempatkan strategi SEO yang benar-benar mumpuni sehingga secara otomatis orang akan mengeklik atau memilih rekomendasi teratas mesin pencarian seperti Goggle. Maka dari itulah merupakan sebuah keharusan Anda menguasai teknik SEO agar website online shop ini bisa berkembang dengan balik. Strategi yang harus dikuasai mengenai SEO ini mulai dari SEO Onpage hingga SEO Offpage. Pelajari strategi ini terlebih dahulu dari berbagai sumber misalkan internet dan buku atau apabila ingin cepat bisa silahkan ikut training yang banyak digelar saat ini mengenai SEO. Jika memang tidak ingin repot mengurusi SEO, Anda bisa memanfaatkan jasa SEO yang sangatlah banyak saat ini. Walaupun harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit tetapi kemudahan dan keuntungan yang diberikan begitu menggiurkan.

pexels.com
  1. Mendapatkan Sebanyak-Banyaknya Leads dari Website Online Shop

Dalam bisnis e-commerce, pengelolaan terhadap pelanggan merupakan hal yang sangatlah penting terutama bagi yang sudah pernah mengunjungi website online shop yang dipunyai.  Anggapan bagi mereka yang hanya mengunjungi website tanpa membeli ini adalah sebagai pelanggan yang tertunda dan mempunyai potensi tinggi untuk menjadi pelanggan. Untuk itulah berapapun jumlah pelanggan yang datang harus bisa dikelola dengan baik. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan newsletter untuk pelanggan. Gunakan fitur ini untuk mengumpulkan informasi dari masyarakat yang berkunjung. Disini, para pengunjung wajib untuk memasukan alamat domain ataupun nama. Lalu Anda sebagai pemilik website online shop silahkan krimkan berbagai penawaran produk menggiurkan, diskon hingga promo dan berbagai info menarik lainnya. Melalui tips yang satu ini sudah terbukti banyak pelanggan bisa didapatkan.

  1. Memanfaatkan Berbagai Media Promosi Terutama AdWords

Promosi online shop yang dipunyai dapat dilakukan melalui berbagai media. Manfaatkanlah semua media yang bisa dijangkau ini agar perkembangan online shop bisa pesat. Salah satu yang terbukti ampuh adalah melalui AdWord.  AdWrods ini dmiliki oleh Google yang adalah sebuah jaringan iklan. Kepopuleran dari AdWords ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Berkat adanya  AdWords ini, Anda bisa menempatkan iklan pada semua jaringan Google.

  1. Membangun Relasi

Relasi juga sangatlah penting dalam kemajuan online shop yang Anda punyai. Silahkan cari relasi yang terpercaya dan benar-benar tepat memajukan toko yang dipunyai tersebut. Jangan hanya membangun relasa dalam balutan internet alias dunia maya saja tetapi juga secara langsung agar lebih kuat jalinannya. Anda bisa saling membantu dan tentunya diutungkan akan terjalinnya relasi dengan orang yang tepat pada pengembangan online shop tersebut.

 

Nah, sekian itulah tadi merupakan langkah-langkah membangun toko online yang paling tepat diikuti dengan trik melakukannya. Sudah banyak orang melakukan semua langkah maupun trik tersebut dan berhasil sukses dengan online shop yang dipunyai. Untuk itulah buang semua keraguan yang  dipunyai dan mantapkan diri untuk memulai bisnis online shop melalui semua langkah dan trik terampuh tersebut.