Pilihan banyak orang ketika ingin memelihara ikan hias kebanyakan akan jatuh ke ikan koki.  Pasalnya memang ikan ini mempunyai keindahan yang menawan sekaligus mudah untuk dirawat. Walaupun mudah untuk merawat ikan koki ini Anda tidak boleh sembarangan karena bila  tidak baik dalam merawatnya akan menimbulkan kerugian seperti ikan bisa sakit bahkan mati. Maka dari itulah Anda membutuhkan tips merawat ikan tersebut dengan baik. Dengan tips tersebut Anda bisa membuat ikan koki yang dirawat bertahan hingga 10 tahun lamanya.

3 Tips Ampuh Merawat Ikan Koki

Dari banyaknya tips merawat ikan koki dengan baik yang ada, terdapat beberapa tips yang harus Anda ketahui serta wajib untuk dilakukan. Adapun berbagai tips yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Memilih Wadah yang Ukurannya Pas

Tips yang pertama adalah memilih wadah atau tempat yang baik untuk ikan tersebut.  Anda harus memilh wadah berupa aquarium yang besarnya cukup dengan ikan koki yang dipelihara. Perhatikan berapa jumlah ikan yang dipelihara untuk mampu menentukan besaran aquarium.  Apabila aquarium besarannya sudah pas maka akan membuat oksigen cukup sehingga kesehatan ikan akan terjaga.

  1. Menambahkan Lampu Pijar Redup

Setelah Anda berhasil memilih ukuran wadah aquarium yang tepat, tips berikutnya dalam merawat ikan koki dengan baik adalah pengunaan lampu pijar yang redup. Gunakan lampu tersebut didalam aquarium yang telah terisi ikan selama sekitar 10 jam lamanya selama sehari.

  1. Mengecek Tingkat Keasaman Air

Usahakanlah untuk secara rutin Anda mengecek tingkat keasaman air pada aquarium berisi ikan koki tersebut.  Pasalnya apabila asam air tidak terkontrol bisa menganggu kesehatan ikan.  Anda bisa membeli alat pengecek keasaman tersebut pada toko peralatan maupun perlengkapan aquarium. Sementara itu bila hasilnya tingkat keasaman air tinggi Anda bisa membeli obat penetralisir.

 

Demikianlah itu tadi merupakan tiga tips ampuh dalam merawat ikan koki dengan baik yang harus Anda ketahui dan lakukan. Dijamin setelah Anda melakukan ketiganya ini dengan baik ikan yang dipunyai tersebut akan sehat dan bisa berumur panjang. Untuk itulah tidak usah ragu melakukan ketiga tips ampuh merawat ikan koki tersebut.