Salah satu kebutuhan dasar manusia ketika menjalani kehidupan di Bumi ini adalah papan atau tempat tinggal. Kebutuhan lain yang wajib dipenuhi adalah pakaian dan makanan. Mengingat tempat tinggal merupakan salah satu dari tiga kebutuhan dasar manusia, tentu memiliki rumah mejadi hal yang penting bagi siapa saja.

Rumah ada yang dimiliki dengan cara dibangun di atas tanah secara mandiri, ada pula yang dimiliki dengan cara dibeli dalam keadaan sudah berdiri. Dalam arti lain, rumah tersebut dibeli sudah siap huni. Meski sangat penting dan wajib, memiliki rumah bukanlah perkara yang mudah. Pasalnya, rumah merupakan kebutuhan yang terbilang sangat mahal dan bagi sebagian orang sulit untuk diwujudkan.

Meskipun demikian, Anda perlu mengetahui berbagai jenis dan tipe rumah yang sering ditemui di Indonesia. Selain untuk pengetahuan, dengan mengetahui jenis rumah dapat membuat Anda memperkirakan kebutuhan uang yang mungkin akan dikeluarkan saat membeli atau membangun rumah.

Berikut ini berbagai tipe rumah yang perlu Anda ketahui:

Rumah Mewah

Banyak definisi yang menyebutkan suatu rumah masuk dalam kategori rumah mewah. Dengan demikian, tidak ada definisi spesifik berkaitan dengan rumah mewah. Namun, selama ini predikat rumah mewah selalu identik dengan rumah yang memiliki ukuran besar, megah, luas, dan disertai dengan desain eksterior maupun interior yang sangat indah. Tak hanya itu saja, rumah mewah juga selalu diisi dengan berbagai furnitur mewah. Rumah mewah biasanya juga disertai dengan berbagai fasilitas penunjang yang dapat memanjakan penghuninya. Dari penjelasan ini, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa rumah mewah merupakan salah satu properti yang memiliki nilai tinggi. Hanya kalangan tertentu saja yang berkemungkinan memiliki tipe rumah yang satu ini.

Jika diamati lebih jauh, desain rumah mewah yang ada di Indonesia saat ini cenderung meniru gaya bangunan di Eropa. Cirinya adalah desain yang mewah dengan jasa arsitek profesional, pilar besar yang indah, serta desaian interior maupun interior yang mengutamakan keindahan jika dibandingkan optimalisasi fungsi. Kesan yang ditonjolkan adalah keindahan, modern, dan mewah.

Pilar pada rumah mewah memiliki banyak fungsi selain sebagai penyangga. Adanya pilar yang biasanya dipasang di depan dan samping itu juga memberi kesan kokoh, megah, dan ‘maskulin’. Selain itu, adanya pilar-pilar ini juga dipercantik dengan adanya teras atau fasad yang diapit oleh pilah. Sehingga, penampilannya menjadi lebih elegan dan menonjol.

Dalam salah satu Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia, salah satu barang mewah yang terkena pajak selain kendaraan bermotor adalah rumah dengan harga jual sebesar mulai 20.000.0000.000,00 miliar rupiah. Bisa dibayangkan bukan bagaimana tampilan rumah mewah tersebut? Kurang lebih seperti istana yang megah jika dilihat dari luar.

www.pexels.com

Rumah Semi Mewah

Rumah semi mewah dapat dilihat dari desain, tampilan, harga dan luasnya. Semua itu tentu saja tidak lebih banyak daripada rumah mewah. Dari segi apapun, rumah semi mewah dibawah rumah mewah pada umumnya. Namun, sebagian orang ada yang menyebut rumah semi mewah ini sebagai rumah mewah karena tak banyak pula yang memilikinya. Biasanya orang yang berprofesi sebagai artis banyak yang memiliki rumah semi mewah ini. Dari kisaran harga, rumah semi mewah berkisar harga lebih dari 1 miliar rupiah.

Rumah Sedehana

Berasarkan Peraturan Pemerintah, rumah sederhana merupakan rumah yang dibangun tidak bersusun (tidak bertingkat) dan memiliki luas lantai bangunan kurang dari 70 m persegi yang dibangun pada luas tanah kavling 54-200 m persegi. Selain itu, rumah digolongkan sederhana jika biaya pembangunannya tidak melebihi biaya pembangunan rumah dinas yang telah ditentukan pemerintah per m perseginya. Secara garis besar, rumah sederhana diperkirakan harganya berkisar lebih dari 300.000.000 juta rupiah.

www.pexels.com

Rumah Minimalis

Rumah minimalis merupakan tipe rumah yang sangat banyak dijumpai di Indonesia. Pasalnya, banyak perumahan di berbagai lokasi memilih menggunakan tipe minimalis dalam membangun rumah. Rumah tipe ini banyak dipilih, utamanya di daerah perkotaan karena memiliki banyak kelebihan. Kelebihan inilah yang kemudian dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia.

Kelebihan utama rumah minimalis adalah dilihat dari efisiensi penggunaan lahan. Meski didirikan pada lahan yang terbatas, rumah minimalis tetap terlihat indah dan modern. Prinsip utama rumah minimalis adalah membangun rumah dengan fungsi maksimal di atas lahan sempit. Tidak ada kesan kumuh atau sumpek dalam desain rumah minimalis. Bukan hanya bangunan, namun furniture dan desain interior maupun eksteriornya juga dibuat minimalis. Pemilihan cat rumah minimalis biasanya selalu mengutamakan warna-warna terang untuk menunjang kesan luas. Selain itu, pemasangan jendela yang lebar dari kaca juga menjadi ciri khas rumah desain minimalis ini.Oleh karena itu, desain rumah minimalis banyak diburu oleh mereka yang tinggal di daerah perkotaan dengan kondisi lahan terbatas namun tetap menonjolkan kesan mewah dan modern.

Rumah minimalis sendiri memiliki banyak tipe sesuai dengan ukurannya. Berikut ini beberapa tipe rumah minimalis yang sering dijumpai di Indonesia

  1. Tipe Rumah Minimalis 21/24

Rumah minimalis tipe ini memiliki luas bangunan sekitar 21 hingga 24 meter pesegi. Ukuran ini terbilang sangat kecil dan sekaligus menjadi rumah paling kecil dalam jenis minimalis. Biasanya, rumah ini dibangun di atas tanah kavling yang hanya memiliki luas 3×7 dan 4×6 meter saja. Karena memiliki ukuran yang kecil, biasanya rumah ini hanya memiliki satu kamar. Tak hanya itu saja, dapur berada di luar ruangan yang menyatu dengan halaman belakang. Rumah ini sering disebut pula dengan paviliun yang sering di sewakan sebagai rumah tinggal sementara. Dilihat dari segi harga dan luas ruangan, rumah ini sangat tepat untuk disewakan.

  1. Tipe Rumah Minimalis 36

Rumah tipe ini paling banyak diminati oleh pasangan baru yang anggota keluarganya belum terlalu banyak. Pasalnya, dari segi luas dan jumlah ruangan, rumah minimalis tipe 36 sangat cocok dan pas. Dari sini pula, para pengembang perumahan paling banyak yang memilih tipe ini untuk perumahan mereka. Rumah ini dibangun dengan luas 6×6 meter. Jumlah kamar tidur pada rumah ini biasanya ada dua.

Selain untuk hunian sendiri, rumah tipe ini juga banyak diburu karena sangat tepat untuk investasi dalam bentuk properti. Kebutuhan rumah dengan luas dan harga yang cocok dengan tipe ini membuat rumah tipe 36 banyak diburu oleh masyarakat. Harga jualnya pun juga semakin meningkat dan sangat mudah untuk dijual kembali.

  1. Tipe Rumah Minimalis 45

Tipe rumah minimalis 45 banyak diminati untuk hunian pribadi bersama dengan keluarga dibandingkan untuk berinvestasi. Rumah tipe ini memiliki ukuran lebih luas dan lega jika dibandingkan dengan ukuran 36. Meskipun jumlah kamarnya sama-sama ada dua, namun masing-masing ruangan pada rumah tipe ini lebih luas dibandingkan rumah tipe 36.  Rumah ini dibangun pada tanah kavling dengan ukuran 6×7,5 meter persegi. Selain ruangan yang lebih luas, rumah ini juga memiliki halaman yang lebih luas pula sehingga dapat dimanfaatkan sebagai ruangan tambahan untuk menyimpan kendaraan.

www.pexels.com
  1. Tipe Rumah Minimalis 54

Dari segi harga, rumah minimalis 54 lebih mahal daripada tipa-tipe yang telah disebutkan sebelumnya. Oleh karena itu, biasanya rumah tipe ini banyak dimiliki oleh mereka dari golongan menengah hingga menengah ke atas. Luas bangunan rumah tipe ini adalah 9×6 meter persegi dengan jumlah kamar sebanyak 3 ruang. Jika Anda memiliki jumlah anggota keluarga lebih dari 4, sebaiknya memilih rumah minimalis tipe ini sebagai hunian.

  1. Tipe Rumah Minimalis 60

Rumah ini ada yang memiliki 3 kamar, namun ada pula yang memiliki 4 kamar. Secara keseluruhan, luas bangunan ini mencapai 60 meter persegi dengan rincian 6×10 meter persegi. Pada umumnya, rumah tipe ini dimiliki oleh masyarakat kalangan menengah dan menengah ke atas. Jika dilihat dari luas lahan dan bangunan, rumah minimalis tipe 60 merupakan tipe rumah minimalis pertama yang dapat dibangun menjadi lantai dua.

  1. Tipe Rumah Minimalis 70

Tipe rumah selanjutnya juga banyak dimiliki oleh kalangan menengah dan menengah ke atas. Selain itu, biasanya jumlah anggota keluarga mereka relative lebih banyak sehingga tidak cukup jika mengambil hunian dengan tipe dibawahnya. Dimensi tipe rumah ini bervariasi, mulai dari ukuran 7×10 meter persegi hingga 5×14 meter persegi. Jumlah kamar pada tipe rumah ini bervariasi sesuai dengan kebutuhan penghuninya. Biasanya paling sedikit terdapat empat kamar dan dapat pula dibangun hunian dua lantai. Jika dibangun dua lantai, kemungkinan besar jumlah kamarnya dapat bertambah dan lebih variatif.

  1. Tipe Rumah Minimalis 120

Tipe rumah ini tergolong jarang ditemui karena biasanya hanya dimiliki oleh kalangan menengah ke atas. Banyak pula yang menggolongkan rumah tipe ini ke dalam rumah minimalis mewah. Luas bangunan mencapai 120 meter persegi dengan dimensi 10×12 atau 8×15 meter persegi. Tipe rumah ini merupakan tipe yang paling luas dan tipe terakhir dari desain rumah minimalis. Jumlah kamarnya bervariatif dan sangat tergantung dengan keinginan pemiliknya. Tak hanya itu, penggunaan ruang ataupun halaman lebih bebas dieksplor oleh pemiliknya menjadi bagian yang diinginkan di sebuah rumah. Misalnya, garasi untuk kendaraan dan juga halaman depan maupun belakang rumah. Rumah tipe ini juga dapat dibangun 2 lantai.

www.pexels.com

Tips Memilih Tipe Rumah

Saat menentukan tipe rumah yang ingin Anda miliki, sebaiknya lebih dulu mengetahui kebutuhan anggota keluarga terkait hunian. Hal ini berguna untuk memilih rumah secara tepat dan sesuai dengan tujuan memiliki rumah tersebut, terutama rumah minimalis.

Jika Anda memiliki banyak uang dan mampu, membangun atau membeli rumah mewah tentu pilihan utama. Namun, jika pilihan jatuh pada rumah minimalis, ada baiknya memilih sesuai kebutuhan semua anggota keluarga. Pilihan yang tepat antara tipe minimalis 70 hingga 120, tergantung dana yang dimiliki. Namun sebaliknya, jika kebutuhannya hanya sekadar untuk investasi, ada baiknya Anda lebih memilih rumah minimnalis tipe 21, 24, dan 36.

Kemudian, untuk rumah minimalis, saat ini sedang tren atap rumah berbentuk datar. Hal ini selain memperindah desain juga mengurangi penggunaan genteng yang terkesan berat. Namun, bila tetap ingin menggunakan genteng dalam atap rumah, saat ini banyak menggunakan genteng ringan yang bukan terbuat dari tanah. Untuk lebih mempercantik rumah Anda, ada baiknya berkonsultasi tentang genteng paling bagus dan popular saat ini. Toko bangunan yang jual genteng sangat paham dan mengerti kebutuhan Anda tentang fungsi dan keindahan atap. Untuk itu, mereka adalah pilihan tepat sebagai partner untuk diskusi terkait hunian Anda.