Kuliah merupakan salah satu jalan yang bisa kalian tempuh untuk meraih kesuksesan. Namun, sudah kah kalian menentukan akan melanjutkan kuliah di mana dan mengambil jurusan apa? Mungkin kalian bisa saja asal memilih jurusan, yang penting kuliah. Sayangnya, hal tersebut bisa saja menjadi suatu kendala bagi diri kalian sendiri. Saat ini tak bisa dipungkiri, minat kuliah anak semakin tinggi. Sayangnya mereka hanya ikut-ikutan saja, tanpa mengetahui seluk beluk sebenarnya mengenai jurusan yang dipilih tersebut. Oleh sebab itu, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai seluk beluk salah satu jurusan yang paling diminati oleh siswa, dan mungkin artikel ini bisa menjadi acuan kalian dalam memilih jurusan yang tepat.

 

Bagi kalian yang sangat berminat di ilmu komputer dan teknik, mungkin bisa mengambil jurusan Teknik Informatika. Ilmu tersebut sebenarnya merupakan suatu induk dari ilmu komputer. Pada dasarnya, ilmu tersebut adalah kumpulan dari berbagai disiplin ilmu dan teknik, yang dengan khususnya mempelajari masalah pengolahan data atau fakta simbolik dan transformasi, yang tentunya memanfaatkan secara optimal penggunaan teknologi komputer.

 

Saat mempelajari ilmu ini, biasanya mahasiswa akan diarahkan untuk menguasai ilmu serta keterampilan suatu rekayasa informatika yang tentunya didasari pada kemampuan untuk menerima pemahaman, menganalisis, menilai, menerapkan, dan juga mampu menciptakan suatu software melalui komputer. Tak hanya itu, mahasiswa juga dituntut untuk memiliki penguasaan terhadap suatu rancangan atau perencanaan jaringan dan sistem komputer. Bahkan, mahasiswa juga akan diberikan pengetahuan mengenai dasar-dasar dari ilmu teknologi informasi yang berguna bagi pengembangan studinya.

pexels.com

Teknik Informatika Sama dengan Teknik Komputer dan Sistem Informasi?

Sering kali, Teknik Informatika (TI) disalahartikan dengan teknik komputer maupun sistem informasi. Padahal sebenarnya, setiap ilmu tersebut memiliki perbedaan tersendiri. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa TI lebih mengolah data atau masalah transformasi yang tentunya memanfaatkan teknologi komputer dan melalui suatu proses logika. Sehingga, mahasiswa TI akan lebih sering berkutat dengan pemrograman atau yang biasa disebut programming, teknologi jaringan komputer, serta pengembangan suatu perangkat lunak atau software. Namun, ada pula di beberapa universitas yang terkadang menyebut jurusan TI dengan ilmu komputer.

 

Berbeda dengan TI, teknik komputer akan memfokuskan mahasiswa pada perangkat keras atau hardware dari komputer. Maksudnya, kalian yang memilih jurusan ini akan lebih cenderung mempelajari hal yang berhubungan dengan microcontroller serta prosesor komputer. Namun, tak jarang, sebuah universitas juga akan mengajarkan ilmu pemrograman kepada mahasiswanya. Sedangkan sistem informasi merupakan ilmu yang digunakan untuk menjembatani antara kebutuhan suatu bisnis dengan aplikasi yang harus dirancang. Mahasiswa yang memilih jurusan sistem informasi juga diminta untuk pandai berkomunikasi secara efektif, sehingga setelah lulus nanti, mampu berkomunikasi dengan lancar saat menghadapi klien.

Sebenarnya, ketiga jurusan tersebut merupakan rangkaian ilmu komputer yang memang terbagi menjadi beberapa. Saat ini, ilmu komputer sendiri lebih condong ke arah sains. Hal tersebut dikarenakan, ilmu komputer akan lebih mempelajari mengenai algoritma, konsep pemikiran sebuah aplikasi, teori suatu jaringan, serta masih banyak lagi. Jurusan TI sendiri akan dicondongkan untuk implementasi daripada teorinya.

pexels.com

Keterampilan Dasar yang Harus Dimiliki Calon Mahasiswa TI

Tak dapat dipungkiri, bahwa jurusan Teknik Informatika atau TI saat ini semakin banyak diminati oleh calon mahasiswa. Hal tersebut dikarenakan banyaknya calon mahasiswa dan orang tua yang sudah membayangkan masa depan cerah saat memilih jurusan ini. Namun, tahukah kalian bahwa untuk menjadi mahasiswa TI, kalian harus memiliki beberapa keterampilan, yakni:

  1. Harus Memiliki Kreativitas.

Jika kalian ingin memilih jurusan ini, kalian dituntut untuk memiliki kreativitas. Hal ini dikarenakan, TI tidak melulu mempelajari masalah koding atau pemrograman semata, namun kalian juga akan dituntut untuk bisa merancang suatu program yang memiliki tampilan menarik.

  1. Logika Harus Diperhatikan

Memilih jurusan ini tentunya setiap mahasiswa akan dituntut memiliki penguasaan logika atau pola pikir yang tertata dengan sistematis. Bila kalian sudah memiliki keterampilan ini, kalian pasti akan dengan mudah memahami setiap hal yang diajarkan pada jurusan ini.

  1. Ketelitian Itu Wajib

Banyak yang menganggap bahwa jurusan ini merupakan jurusan yang sangat menantang. Bagaimana tidak, saat programming, kalian akan dihadapkan pada berbagai rentetan kode yang tentunya dalam bahasa pemrograman. Jadi, mau tidak mau, kalian memang harus dituntut untuk memiliki sebuah ketelitian.

  1. Harus Memiliki Kerja Sama yang Bagus

Setiap mahasiswa pada jurusan ini akan dituntut untuk memiliki kerja sama tim yang baik dan bagus. Karena biasanya, akan ada suatu project yang mungkin dibagi ke beberapa orang dalam suatu tim, jadi tentunya kalian dituntut untuk mampu bekerja sama satu dengan yang lainnya. Selain itu, kerja sama tim juga akan memudahkan kalian dalam menyelesaikan project tersebut.

  1. Ketekunan

Jurusan ini memang menuntut untuk kalian agar bisa tekun. Sebab kalian akan mempelajari banyak kode yang tentunya membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Apalagi, bila terjadi kesalahan pada program tersebut, tentunya kalian lah yang harus menyelesaikannya dan mencari di mana letak kesalahan dari kode-kode tersebut.

Setelah mengetahui keterampilan apa saja yang diperlukan untuk masuk ke jurusan ini, kalian sebaiknya mempersiapkan diri. Jangan ragu pula untuk mendaftar ke jurusan Teknik Informatika, karena TI merupakan jurusan yang tepat untuk kalian yang memang mencintai dunia komputer.

pexels.com

Masa Depan Cerah, Berikut Prospek Kerja Lulusan TI

Minat kuliah di jurusan Teknik Informatika semakin banyak. Bahkan universitas pun juga banyak yang menyediakan atau membuka jurusan ini. Para orang tua pun terkadang juga mendorong anaknya agar bisa masuk ke jurusan TI. Masa depan yang cerah, menjadi alasan tersendiri dalam pemilihan jurusan ini. Tak hanya itu, saat ini memang lulusan TI sangat banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan lokal maupun internasional. Banyak pula web yang terkadang isinya mempromosikan jurusan TI ini—inibagus.com misalnya.

 

Prospek kerja yang bagus, serta jaminan mendapatkan perusahaan benefit merupakan alasan yang tepat saat memilih jurusan ini. Setelah lulus, kalian bisa saja menjadi Web Developer, System Analyst, UI/UX Designer, Data Scientist, Network Administrator, dan masih banyak lagi. Web Developer sendiri terbagi menjadi dua, yakni Front-End Developer dan Back-End Developer. Bila Front-End akan lebih fokus pada antarmuka dari sebuah website, sedangkan Back-End akan bertanggung jawab terhadap manajemen dari konten.

 

System Analyst yakni profesi yang biasanya kalian harus mengetahui atau menganalisis kebutuhan dari klien, seperti bagaimana database yang akan dibuat, spesifikasi hardware-nya seperti apa, serta berapa budget yang dibutuhkan. Bila kalian memilih berprofesi sebagai UI/UX Designer, maka kalian akan bekerja dengan mempertimbangkan apa kebutuhan dari pengguna software, serta mempermudah penggunaannya. Namun, jika kalian menyukai sebuah penelitian atau riset, mungkin Data Scientist sangat cocok untuk kalian. Saat berprofesi sebagai Data Scientist, kalian juga harus dituntut untuk menguasai Hadoop, Hive and Pig, SAS dan R. selain profesi tersebut, kalian juga bisa menjadi Network Administrator, yang tugasnya tentu menjaga keamanan dan keberlangsungan dari sistem jaringan, seperti menangani DNS Server dan FTP Server.