Bercocok tanam menjadi kegiatan yang menyenangkan, terutama bagi anda yang tidak terlalu mempunyai banyak kesibukan di luar rumah. Biasanya orang yang bercocok tanam ialah orang – orang yang mempunyai lahan subur yang cukup luas. Walaupun mempunyai halaman yang luas namun tidak cocok untuk dilakukan bercocok tanam tentu saja anda tidak bisa melakukan kegiatan bercocok tanam ini. Namun bagi anda yang mempunyai kesempatan untuk bercocok tanam ini anda bisa mulai menanam berbagai tanaman yang anda inginkan. Salah satu bercocok tanam yang banyak dilakukan oleh orang adalah menanam tanaman hortikultura. Tanaman ini memang sudah tidak asing bagi anda yang suka bercocok tanam.

Hortikultura sendiri merupakan sebuah teknik menanam dengan menggunakan media kebun atau menggunakan perkarangan rumah yang dijadikan sebuah lahan. Ada banyak jenis tanaman yang bisa anda tanam menggunakan teknik ini, tentu saja mempunyai perkarangan yang luas membuat anda tidak ingin menganggurkan perkarangan tersebut. Perkarangan yang tidak terpakai tersebut bisa anda jadikan sebuah ladang pertanian walaupun tidak banyak tanaman yang bisa anda tanam, namun dengan memanfaatkannya untuk menanam beberapa tumbuhan tentu saja anda bisa memanfaatkan hasil kebun tersebut. Ulasan di bawah ini akan membahas mengenai beberapa jenis tumbuhan hortikultura yang bisa ditanaman di perkarangan rumah dengan mudah.

www.pexels.com

Empat Jenis Hortikultura

Sebagian orang memilih menanam tanaman ini karena sangat mudah dilakukan dimana saja, bahkan ada banyak jenis tanaman yang bisa ditanam. Ketika menaman tamanan ini jga tidak membutuhkan lahan yang luas, anda bisa memanfaatkan perkarangan rumah dan bisa memanfaatkan penggunaan polybag untuk menanam berbagai jenis tanaman. Berbagai informasi menarik mengenai bercocok tanam hortikultura ini akan mempermudah anda yang ingin melakukannya sendiri. Empat jenis tanaman ini dibedakan menjadi sayuran, berbagai tumbuhan hias, buah – buahan, dan tanaman obat – obatan. Berikut ini penjelasannya :

  1. Tanaman Sayuran

Tanaman sayuran juga termasuk ke dalam daftar jenis hortikultura, namun tidak semua jenis sayuran masuk ke dalam jenis tanaman ini. Beberapa sayuran yang masuk ke dalam daftar hortikultura adalah tanaman sayuran kubis, bayam, wortel, kangkung, dan beberapa sayuran lainnya.

  1. Tanaman Buah – Buahan

Beberapa tanaman buah – buahan juga masuk ke dalam jenis tanaman ini, tanaman buah yang termasuk hortikultura adalah tanaman pepaya, mangga, jambu, pisang, nanas, jeruk, apel, anggur, dan beberapa buah – buahan lainnya.

  1. Tanaman Hias

Tumbuhan hias memang menjadi tanaman yang banyak dipajang di rumah, dengan adanya tanaman cantik ini maka tampilan rumah menjadi lebih indah dan nyaman untuk dihuni para penghuni. Beberapa jenis tanaman buah – buahan yang bisa anda tanam adalah bunga anggrek, bunga melati, bunga mawar, bunga tulip, dan beberapa jenis tanaman bunga yang lainnya.

  1. Tanaman Obat – Obatan

Siapa tahu bahwa tanaman obat – obatan ini juga menjadi salah satu hortikultura yang bisa anda temukan. Banyak orang yang menanam tanaman obat – obatan di rumah, hal ini dikarenakan jika ada keadaan gawat darurat atau tidak ada waktu untuk mencari obat maka bisa memanfaatkan tanaman tersebut. Tanaman obat yang termasuk ke dalam hortikultura adalah jahe, kunyit, kumis kucing, lengkuas, kapulaga, dan beberapa tanaman obat lainnya.

 

Itulah ke empat jenis dari hortikultura yang bisa anda temukan, beberapa tanaman tersebut juga bisa anda tanaman di rumah anda dengan sangat mudah.  Teknik menanam menggunakan teknik hortikultura ini juga bisa anda pelajari dengan mudah. Kenapa banyak orang yang memanfaatkan perkarangan tidak terpakai untuk menaman tanaman hortikultura ? berikut ini penjelasannya lebih dalam mengenai berbagai kelebihan menaman tamanan jenis hortikultura.

www.pexels.com

Kelebihan Menaman Tanaman Dengan Teknik Hortikultura

Beberapa orang belakangan ini tertarik untuk menanam tanaman ini dikarenakan ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan. Inilah beberapa kelebihan yang bisa didapatkan para penaman hortikultura.

  1. Memperbaiki Gizi Tanaman

Siapa sangka tanaman ini menjadi salah satu cara untuk memperbaiki gizi, tamanan satu ini dipercaya menjadi salah satu penyokong utama bagi vitamin dan juga mineral yang sangat penting bagi tubuh manusia. Ada banyak kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh yang mana bisa dengan mudah didapatkan dari berbagai tamanan satu ini, beberapa kebutuhan tubuh ini bisa didapatkan dari tanaman sayuran dan buah – buahan.

  1. Mempercantik Lingkungan

Bagi anda yang menjadi salah satu orang yang peduli dengan tampilan halaman rumah, menggunakan tamanan ini merupakan solusi yang tepat. Menaman berbagai tamanan ini dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih cantik, anda bisa mendapatkan menanam berbagai tamanan yang anda inginkan. Untuk membuat tampilan menarik ini anda bisa memanfaatkan berbagai tumbuhan hias yang cantik, bisa menggunakan berbagai tumbuhan bunga – bunga dengan warna yang beranekaragam.

  1. Memperluas Kesempatan Kerja

Jika anda mempunyai lahan yang luas dan bisa digunakan untuk menaman banyak tamanan jenis ini maka jika pengelolaan bisa dilakukan dengan baik maka bisa saja mendapatkan perhatian yang lebih dari permerintah. Jika nantinya mendapat perhatian dari pemerintah maka bisa dikembangkan menjadi tempat bekerja bagi beberapa orang.

  1. Meningkatkan Pendapatan Petani

Pengelolaan yang baik maka bisa saja menjadi salah satu ladang mencari uang yang sesuai. Bahkan bisa saja meningkatkan pendapatan dari para petani ketika menaman berbagai tamanan dengan pengelolaan yang baik.

  1. Meningkatkan Devisa Negara

Keuntungan yang satu ini memang sudah dibuktikan oleh beberapa negara yang ada di dunia, pasalnya ada banyak negara – negara tetangga Indonesia yang sudah menerapkan hal ini yang mana ternyata dapat meningkatkan devisa negara. Negara yang telah membuktikan hal ini adalah Belanda, Amerika, Brasil, dan beberapa negara – negara lainnya. Kemampuan menaikan devisa negara ini tentu  menjadi keuntungan yang bisa dilakukan negara lain.

www.pexels.com

Ternyata ada banyak keuntungan yang bisa di dapatkan dari menanam tamanan ini. Itulah yang membuat banyak orang tertarik untuk menaman tamanan ini. Selain itu masih ada banyak alasan lainnya yang tidak kalah menarik untuk anda ketahui. Beberapa orang tertarik menanam tamanan ini ialah tamanan mudah ditaman di beberbagai tempat. Namun dibalik banyaknya keuntungan menaman tamanan ini ada juga beberapa hal yang membuat tamanan ini terlihat kurang. Inilah beberapa ciri dari hortikultura yang perlu anda ketahui :

  1. Membutuhkan ruangan yang luas

Tentu saja anda tahu bahwa hasil dari tanaman ini banyak dimanfaatkan oleh orang, bahkan beberapa hasil tanaman ini menjadi kebutuhan pokok yang setiap harinya dikonsumsi. Maka dari itu ketika anda ingin melakukan cocok tanam tamanan ini anda harus menyediakan ruangan yang luas, banyaknya permintaan akan membuat anda menyediakan ruangan untuk bisa menampung banyaknya hasil tanaman tersebut.

  1. Cepat busuk

Tanaman ini memang dikenal menjadi salah satu tanaman yang mudah busuk atau tidak tahan lama. Padahal banyak masyarakat yang lebih membutuhkan atau mencari tanaman ini dengan keadaan yang segar, itulah yang membuat tanaman ini menjadi terlihat kurang. Mudah busuk dari tanaman ini yang membuat tanaman ini harus segera didistribusikan untuk dijual dan dibeli, atau jika tidak penyimpanan harus dilakukan dengan baik agar tidak mudah busuk.

  1. Panen musiman

Beberapa tanaman ini hanya bisa didapatkan dimusim – musin tertentu. Tidak semua jenis tamanan ini bisa anda dapatkan disemua musim, menanam tanaman memang ada beberapa yang hanya ditanam pada musimnya, itulah yang menjadi ciri dari hortikultura.

  1. Fluktuasi harga tidak tetap

Mengingat tanaman ini merupakan tamanan musiman maka harga dari hasil tamanan  ini tidak tetap. Bisa saja mendapatkan harga yang murah jika pada musimnya, namun jika tidak pada musimnya maka harga bisa saja menjadi lebih mahal. Hal ini yang juga menjadi salah satu ciri dari tanaman hortikultura.

Itulah berbagai hal mengenai teknik menanam hortikultura ini, selain itu masih ada banyak hal menarik lainnya dari tanaman ini yang bisa anda ketahui. Jika dari beberapa informasi di atas membuat anda semakin tertarik untuk menanam tamanan ini, kini anda bisa mulai menanam tamanan ini di rumah. Inilah beberapa jenis tamanan dengan teknik hortikultura yang cocok untuk anda tanam di rumah.

www.pexels.com

Tanaman Hortikultura Yang Cocok Ditanam di Rumah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa menanam tanaman ini ada banyak manfaatnya, bagi anda yang mempunyai lahan yang tidak terpakai bisa saja memanfaatkannya untuk menanam tanaman ini. Menanam tanaman ini tidak perlu menggunakan lahan yang sangat luas, anda bisa menggunakan lahan berbagai ukuran yang anda miliki. Karena bisa ditanam di lahan ukuran apa saja maka banyak orang yang memilih untuk menanam tanaman ini di rumah. Menanam tamanan ini di rumah akan lebih memudahkan para pemiliknya unuk merawatnya, selain itu hasil dari tanaman ini juga bisa dimanfaatkan kapan saja ketika dibutuhkan. Bagi anda yang sudah tidak sabar menanam tamanan ini di rumah maka anda bisa menanam berbagai tumbuhan seperti di bawah ini :

  1. Macam – Macam Bawang

Tanaman bawang ini menjadi tanaman yang banyak ditanam di rumah, penggunaan bawang ini memang hampir dibutuhkan setiap kali akan memasak makanan. Itulah yang membuat orang memilih menanam hortikultura berupa berbagai macam bawang dirumah. Macam – macam bawang yang bisa anda tanam adalah bawang merah dan bawang putih, tanaman ini cocok anda tanam di tempat yang kering dan langsung terkena sinar matahari. Selain bisa menanamnya di ladang, anda juga bisa menaman bawang ini di polybag sehingga akan memudahkan anda.

  1. Tanaman Cabai

Siapa yang suka makan dengan cabai? Jika anda merupakan penggemar makanan pedas maka anda bisa saja menyediakan stok cabai sendiri di rumah. Tanaman cabai ini juga menjadi salah satu hortikultura yang bisa anda tanam di rumah. Sama halnya dengan tanaman bawang, cabai ini juga bisa ditanam di lahan yang tidak luas, selain itu pemanfaatan polybag juga bisa dilakukan sehingga bisa dengan mudah menanamnya. Iklim di Indonesia yang terik memang sangat membantu beberapa petani untuk menanam tanaman cabai, kini anda bisa menanmnya sendiri di rumah.

  1. Tanaman Tomat

Semua orang pasti tahu bawha tomat merupakan salah satu tanaman yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tomat ini juga termasuk salah satu tanaman hortikultura yang bisa ditanam di rumah. Tomat memiliki beberapa varian yang bisa ditanam menggunakan hortikultura ini, namun yang terpenting harus diperhatikan oleh penanamnya adalah mengenai bibit dari tomat. Bibit tomat yang harus digunakan adalah bibit yang unggul atau terbaik sehingga tanaman ini bisa tumbuh denga baik.

  1. Sayur Sawi

Sebenarnya tanaman sayuran yang satu ini asalnya bukanlah dari Indonesia, namun tanaman ini ternyata dapat tumbuh dengan baik di iklim Indonesia. Selain itu ketika datang musim penghujan nampaknya tanaman ini bisa tahan dengan hujan, bahkan cuaca panas pun tahan, sehingga tetap dapat tumbuh dengan subur. Tanaman sayuran ini cocok di tanam hortikultura karena memang proses penanamannya mudah, ketika ingin menanam tamanan ini anda bisa memperhatikan hal seperti menyiapkan lahan, pupuknya, dan selalu memperhatikan pertumbuhannya setiap hari.

  1. Tanaman Daun Pandan

Siapa tidak kenal dengan tanaman yang wangi satu ini? tanaman ini memang suka dipakai untuk berbagai masakan. Banyak orang menanam tanaman ini di rumah karena manfaat dari daun pandan ada banyak, selain bisa dijadikan bumbu masakan, daun ini juga bisa digunakan sebagai obat – obatan seperti menghilangkan sakit perut, menaikan nafsu makan yang kurang, menghilangkan bau yang tidak sedap, dan juga bisa dijadikan penetralisir racun. Tanaman ini sangat cocok di budidayakan di rumah, selain itu tidak hanya untuk ditanam, tamanan ini juga bisa dijadikan salah satu objek pemanis tampilan rumah jika anda tanam di rumah.

  1. Kangkung

Salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi oleh orang adalah kangkung, kangkung ini banyak di konsumsi oleh orang karena rasa dan khasiatnya yang bagus bagi tubuh. Kenapa tanaman ini juga cocok ditanam di rumah? Ketika anda menaman kangkung ini anda hanya akan membutuhkan waktu 4 – 6 minggu saja setelah itu anda bisa mengkonsumsinya. Cepat bukan? Anda hanya tinggal memetik sayuran tersebut di rumah dan anda bisa mulai membuat menu masakan yang anda inginkan.

  1. Taman Lidah Buaya

Mempunyai banyak manfaat membuat tanaman ini sangat sering di temukan di rumah. Selain dimanfaatkan tanamannya bagi kesehatan, ternyata tampilan dari tamanan ini juga bisa dijadikan hiasan rumah. Ketika anda ingin menanam tanaman ini untuk dijadikan hiasan maka anda bisa menanamnya di pot – pot dengan segala ukuran, bentuknya yang cantik dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih indah dipandang. Namun walaupun begitu anda juga harus tetap memperhatikan tamanan ini tetap harus terkena sinar matahari sehingga tetap bisa tumbuh dengan subur.

Tidak hanya ke tujuh tanaman tersebut yang merupakan tanaman hortikultura yang bisa ditanam di rumah. Masih ada banyak tamanan – tanaman lainnya yang bisa anda tanam di rumah. Menanam berbagai tanaman tersebut memang sangat mudah untuk dilakukan dan bahkan tidak hanya bisa dimanfaatkan hasilnya namun dengan menanam tanaman tersebut bisa membuat tampilan lingkungan rumah menjadi lebih indah.

Bercocok tanam memang menyenangkan, namun anda harus tetap memperhatikan berbagai hal mengenai keperluan dari setiap tanaman yang anda tanam sehingga tamanan tersebut tidak akan mati. Tentu saja penjelasan di atas akan mempermudah anda untuk mengenali tamanan jenis hortikultura yang bisa anda tanam di berbagai lahan yang anda miliki.