Hal pertama yang terlintas di pikiran sebagian orang ketika mendengar nama Al Baqarah pastinya adalah surat yang terpanjang dalam Al Quran. Surat Al Baqarh memang merupakan surat yang paling panjang diantara surat-sural lain dalam Kitab Suci Agama Islam. Surat yang memiliki nama lain “Alif-laam-miim” ini memiliki 286 ayat yang mana ayat ke 282 merupakan ayat terpanjang di antara ayat-ayat lain dalam Al Baqarah maupun surat lainnya. Al Baqarah merupakan surat yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW di kota Madinah. Berdasarkan Al-Jami Li Ahkam Al Quran, surat ini tidak hanya diturunkan sekali saja, melainkan beberapa kali. Dikatakan beberapa kali lantaran ada satu ayat, tepatnya ayat 281, yang diturunkan oleh Allah pada musim haji terakhir Nabi Muhammad SAW (Haji Wada’) sedangkan ayat lainnya diturunkan pada permulaan tahun hijriyah.

Dinamakan Al Baqarah pasalnya dalam surat ini diceritakan mengenai penyembelihan seekor baqarah (sapi betina) yang diperintahkan oleh Allah SWT kepada kaum Bani Israel, yang menggambarkan sifat Yahudi. Selain hal tersebut, surat kedua dalam kitab Al Furqon (nama lain Al Quran) ini masih mengandung banyak hal yang mengambarkan kebesaran-Nya. Mengingat surat ini merupakan surat yang terpanjang, maka tak heran jika kandungan isinya sangat banyak dan luar biasa. Jika selama ini Anda belum tau mengenai kandungan isi pada Al Baqarah, maka sudah sepatutya Anda membaca ulasan dibawah ini.

pexels.com

Kandungan Isi Surat Al Baqarah yang Wajib Diketahui Pemeluk Agama Islam

Kandungan isi pada surat Al Baqarah dapat digolongkan ke dalam beberapa bagian menurut ayat-ayat yang ada di dalamnya. Adapun kandungan isi dari surat yang juga dikenal dengan sebutan Fusthaathul Qur’an adalah sebagai berikut:

  1. QS Al Baqarah Ayat 1-20

Kandungan isi pertama dari Al Baqarah dapat disimpulkan melalui ayat 1-20. Pada ayat tersebut dijelaskan mengenai tiga golongan manusia dalam menanggapi Al Quran. Dalam hal ini, tiga golongan manusia tersebut adalah mukmin, kafir, dan munafik. Mukmin diatur dalam ayat 1-5, sedangkan kafir dijelaskan pada ayat 6-7. Sementara itu, sisanya mengatur tentang orang-orang munafik dalam menghadapi Quran.

  1. QS Al Baqarah Ayat 21-39

Ayat 21-39 berisi mengenai keesaan dan kekuasaan Allah SWT. Salah satu penjelasan yang disampaikan ialah perintah untuk menyembah Allah dan penegasan bahwa Allah adalah dzat yang menciptakan apa yang ada di dalam langit dan bumi. Ayat tersebut juga menjawab pertanyaan-pertanyaan dari mereka yang meragukan ayat Al Quran. Selain itu juga dijelaskan mengenai ganjaran bagi orang-orang beriman, perumpamaan-perumpamaan dalam Al Quran, serta kekuasaan-kekuasaan Allah.

  1. QS Al Baqarah Ayat 40-141

Bagi Anda yang belum tau mengenai kandungan isi dalam Al Baqarah, mungkin Anda bertanya-tanya mengenai hal apa yang di atur dalam seratus lebih ayat ini. Tidak lain tidak bukan, ayat 40-141 ini mengatur tentang peringatan Allah SWT kepada kaum Bani Israel. Dalam hal ini, ada banyak peringatan yang diberikan Allah kepada Bani Israel. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Perintah kepada Bani Israel untuk senantiasa mengingat nikmat yang diberikan Allah, perintah untuk menjalankan sholat, serta selalu beriman kepada Allah.
  • Larangan kepada Bani Israel untuk mencampur adukkan antara yang hak dan yang bathil.
  • Surat Al Baqarah juga menjelaskan mengenai nikmat-nikmat Allah SWT yang diberikan kepada kaum Bani Israel.
  • Sanksi yang diberikan kepada Bani Israel atas sikapnya yang tidak baik.
  • Ganjaran bagi orang-orang yang beriman.
  • Pembalasan kepada kaum Bani Israel yang melanggar perjanjian dengan Allah SWT.
  • Kisah penyembelihan seekor baqarah (sapi betina) yang mengambarkan watak dari Bani Israel.
  • Tanda kekuasaan Allah melalui kebangkitan dari mati oleh salah satu anggota sapi betina.
  • Iman orang yahudi yang tidak sesuai dengan Al Quran.
  • Ingkar janji yang dilakukan oleh kaum Bani Israel kepada Allah beserta laknat yang diberikan.
  • Kesalahan bagi mereka yang menganggap benar bahwa hanya dengan masuk sebuah agama, mereka bisa masuk Syurga.
  • Orang-orang yang tidak beriman kepada Allah SWT.
  • Tuduhan kaum Yahudi kepada Nabi Sulaiman.
  • Penentangan ahli kitab terhadap Allah SWT.
  • Sikap tidak menghargai kaum Yahudi kepada Rasulullah dan para sahabatnya.
  • Perintah untuk mengerjakan sholat, dzakat, dan berbuat kebaikan.
  • Perilaku-perilaku yang dapat menghalangi ibadah kepada Allah SWT.
  • Seruan-seruan untuk tidak mengikuti jejak orang-orang yahudi.
  • Mengenai Nabi Ibrahim
pexels.com
  1. QS Al Baqarah Ayat 142-214

Tampaknya penjabaran surat yang satu ini memang teramat panjang. Meskipun demikian, sebagai seorang yang beriman kita harus tau mengenai penjabaran tersebut dengan benar. Pada ayat 142-214 dalam surat Al Baqarah, dijelaskan menganai Ka’bah yang merupakan Rumah Allah SWT. Kabah merupakan kiblat bagi seluruh umat yang memeluk agama islam. Selain itu, dijelaskan pula mengenai haji, makanan yang haram dan halal, jihad, puasa, dan tentunya masih banyak lagi.

  1. QS Al Baqarah Ayat 215-252

Jika Anda bertanya mengenai hukum-hukum syariat Islam yang benar, maka jawabannya terdapat dalam QS Al Baqarah ayat 215-252. Adapun beberapa syariat yang diatur dalam ayat tersebut ialah nafkah yang baik dan layak untuk diberikan; hukum khamr, berjudi, harta yag dinafkahkan; pemeliharaan anak yatim, hukum-hukum perkawinan dan perceraian, hukum wanita yang haid dan nifas, kewajiban menjalankan sholat dalam keadaan apapun, wasiat untuk istri, serta kewajiban berjihad.

  1. QS Al Baqarah Ayat 253-260

Kisah Rasullullah yang sesungguhnya dijelaskan pada QS Al Baqarah dalam pasal 253. Sementara itu pasal 254-260 menjelaskan tentang tata cara membelanjakan harta, ayat kursi, serta bukti kekuasaan Allah.

  1. QS A Baqarah Ayat 261-286

Kandungan terakhir dari Al Baqarah ialah hukum dan tata cara menggunakan harta benda dengan baik dan benar. Selain itu juga diatus menganai hukum-hukum riba serta adab dalam jual-beli.

Itulah berbagai kandungan isi dari surat Al Baqarah yang wajib Anda ketahui. Sangat luar biasa bukan?? Oleh karena itu, mulai dari sekarang sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk membaca surat ini secara rutin. Pada dasarnya, membaca Al Baqarah memiliki banyak keutamaan yang sangat luar biasa. Adapun keutamaan-keutamaannya adalah sebagai berikut:

pexels.com

Beberapa Keutamaan Membaca Al Baqarah

  • Terhindar dari segala godaan, rayuan, dan tipu daya syaiton yang terkutuk.
  • Dicukupkannya seseorang dari keburukan dan dimudahkannya dalam kebaikan.
  • Turunnya para malaikat untuk mendengarkan bacaan Al Baqarah yang dilantunkan oleh seseorang. (berdasarkan cerita dari Usaid bin Huadir)
  • Menjadi penolak sihir dan menjadi penyelamat pada hari kiamat.
  • Terdapat nama Allah SWT yang paling agung, yakni “Al Hayyu Al Qayyum”. Siapapun yang meminta doa kepada Allah dengan menyebut nama tersebut, niscaya doa-doanya akan dikabulkan.
  • Menyembuhkan berbagai penyakit hati dan sikap mental
  • Melindungi diri dari segala bala yang akan menghampiri kita