Memiliki wajah yang sehat dan tampak bersinar tentu menjadi impian banyak orang. Wajah memang menjadi bagian tubuh yang paling banyak diperhatikan. Sayangnya wajah juga menjadi salah satu bagian tubuh yang paling mudah terkena masalah. Kulit wajah lebih tipis dibanding bagian-bagian tubuh manusia, oleh karena itu bagian tubuh ini bisa terkena masalah bahkan hanya karena terpapar debu atau sinar matahari.

Salah satu masalah yang timbul karena wajah terlalu lama terpapar debu atau sinar matahari adalah munculnya bopeng. Bopeng sendiri ada dua jenis. Ada yang disebabkan sinar matahari dan ada pula yang timbul karena bekas jerawat.

Bopeng yang diakibatkan sinar matahari tampak seperti flex kecoklatakan pada wajah. Bopeng ini bisa hanya berada di satu bagian wajah atau bisa pula menyebar rata ke seluruh bagian wajah. Salah satu cara yang banyak dilakukan untuk membasmi masalah ini adalah dengan menggunakan cream penghilang bopeng. Namun tentu saja Anda yang ingin mengatasi bopeng dengan cara ini harus memilih dengan seksama. Pasalnya tidak semua krim benar-benar ampuh.

Bopeng yang timbul karena jerawat berbentuk cekungan-cekungan kecil pada wajah. Bopeng ini bisa terbentuk jika jerawat yang sebelumnya bersarang di wajah adalah jerawat batu yang kurang mendapatkan perawatan. Semakin banyak jumlah jerawat batu yang dulu bersarang di wajah, maka akan semakin luas pula jumlah kulit wajah yang terjangkit bopeng.

www.pexels.com

Bopeng pada wajah yang diakibatkan jerawat lebih sulit dihilangkan dengan menggunakan cream penghilang bopeng. Anda yang memiliki masalah ini sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit agar mendapat perawatan yang tepat. Semakin cepat bopeng ditangani semakin besar pula kesempatan kulit wajah kembali pada keadaan normalnya.

Bopeng yang disebabkan jerawat hanya bisa dicegah dengan mencegah timbulnya jerawat itu sendiri. Atau bila sudah terlanjur berjerawat maka tanganilah dengan cara yang tepat. Hindari memecahkan jerawat dengan cara dipencet karena bisa menyebabkan terjadinya infeksi dan juga bopeng. Sebaiknya oleskan saja krim penghilang jerawat yang direkomendasikan dokter kulit Anda.

Manfaat Sunblock untuk Wajah

Sementara bopeng yang diakibatkan paparan debu dan sinar matahari bisa dicegah dengan cara lain. Salah satunya adalah dengan menggunakan sunblock wajah. Sunblock berbentuk seperti krim. Fungsi utama dari krim ini adalah untuk mencegah paparan sinar matahari berlebih pada wajah. Manfaat lengkap sunblock ialah:

  • Melindungi Kulit Wajah dari Paparan Sinar UV

Sinar UV tidak sepenuhnya buruk. Sinar ini mengandung vitamin D yang baik bagi kesehatan tulang. Namun paparan yang berlebihan justru bisa menimbulkan masalah pada kulit, terutama kulit wajah. Kulit wajah yang terlalu lama terkena paparan sinar UV bisa berubah jadi lebih kusam, kering, dan bahkan terbakar. Penggunaan sunbloc akan mencegah terjadinya masalah-masalah tersebut.

www.pexels.com
  • Menurunkan Resiko Kanker

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang paling dihindari oleh umat manusia. pasalnya penyakit tersebut terbilang sangat susah untuk disembuhkan. Perawatannya juga cenderung menghabiskan banyak biaya dan berlangsung dalam waktu yang lama.

 

Salah satu jenis kanker yang tengah ramai menjadi bahan pembicaraan adalah melanoma atau kanker kulit. Penyebabnya memang beragam. Udara di lingkungan sekitar yang tidak sehat adalah salah satunya. Penggunaan sunblock bisa membantu mencegah kemungkinan terpapar kanker kulit dan jenis-jenis kanker lainnya. Hal itu dikarenakan sunblock bisa membantu pembentukan lapisan pelindung di bawah kulit. Nantinya lapisan pelindung itu akan membantu mencegah kulit dari serangan virus dan bakteri.

 

  • Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini menjadi masalah yang banyak menghantui perempuan, terutama jika sudah masuk ke usia 30an. Salah satu ciri dari penuaan dini adalah munculnya kerutan di area sekitar mata. Selain itu garis-garis halus juga mulai tampak di kening dan bagian wajah lainnya.

 

Ternyata paparan debu dan sinar matahari turut berpengaruh pada masalah penuaan dini ini. Semakin sering kulit wajah berada di bawah paparan sinar matahari maka semakin cepat pula resiko penuaan dini menghampiri Anda. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menangkalnya adalah menggunakan sunblock. Apalagi beberapa merk sunblock mengandung banyak vitamin E yang baik bagi kesehatan kulit wajah.

www.pexels.com
  • Menjaga Kesehatan Kulit

Bukan hanya mereka yang banyak melakukan aktifitas di luar ruangan yang perlu rajin menggunakan sunblock. Anda yang lebih banyak melakukan kegiatan di dalam ruangan tak ada salahnya untuk ikut rutin menggunakan sunblok. Selain mampu menangkal pengaruh buruk dari sinar matahari sunblock kaya akan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit.

 

Nutrisi yang banyak terkandung di dalam sunblock antara lain adalah kolagen, keratin, dan elastin. Ketiga zat tersebut masing-masing berfungsi untuk menjaga kekencangan, kesehatan dan kelenturan kulit wajah. Penggunaaan sunblock secara rutin akan membantu meningkatkan kesehatan kulit Anda agar tidak mudah rusak oleh berbagai gangguan dari luar.

 

  • Pengganti Krim Make Up

Anda yang terbiasa mengenakan riasan wajah sehari-hari tentu sudah akrab dengan berbagai krim. Ada satu krim yang berfungsi untuk melapisi wajah sebelum dibubuhi riasan lainnya seperti bedak dan lain-lain. Nah, sunblock bisa digunakan untuk menggantikan fungsi krim tersebut.

www.pexels.com

Penggunaan sunblock sebagai pengganti krim ini membuat wajah akan merasakan manfaat ganda. Manfaat yang pertama ialah wajah jadi tetap terlindung dari paparan bahan kimia dari bedak dan macam-macam perlengkapan make up lainnya. Manfaat lain ialah wajah juga jadi terhindari dari buruknya efek paparan sinar matahari. Namun tidak semua sunblock cocok dijadikan krim untuk make up. Pastikan Anda memilih jenis krim sunblock dengan benar.

Sunblock wajah tidak melulu berbentuk krim. Ada juga sunblock yang berbentuk gel, lotion, spray, dan stik. Namun yang paling jamak digunakan memang yang berbentuk krim. Harga masing-masing jenis ini juga tidak berbeda jauh. Sehingga Anda bisa mencoba kesemua jenis selama memang cocok dengan kulit Anda.

Saat ini di pasaran ada banyak sekali merk sunblock yang dijual. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum memilih merk tertentu, sebaiknya Anda melakukan riset kecil-kecilan mengenai keampuhannya. Informasi mengenai keampuhan tersebut bisa dengan mudah Anda dapatkan dari internet.

Anda juga sebaiknya memilih sunblock yang mengandung titanium oxide. Kandungan tersebut bisa menutrisi kulit wajah dengan sangat ooptimal. Kulit wajah yang ternutrisi dengan baik tidak akan mudah berubah kusam walaupun berada di bawah paparan sinar matahari dalam waktu yang cukup lama. Wajah yang nutrisi dengan baik pun cenderung jarang terkena masalah kulit lainnya seperti jerawat atau bruntusan.

Apabila wajah Anda menunjukkan reaksi aneh ketika menggunakan merk sunblock tertentu sebaiknya Anda menghentikan reaksi tersebut. Reaksi aneh yang muncul bisa berupa bruntusan atau ruam kemerahan. Hal itu bisa disebabkan karena kulit Anda alergi terhadap salah satu kandungan yang ada di dalam sunblock. Jangan ragu untuk mengkonsultasikan setiap masalah kulit Anda dengan ahli kecantikan.