Jenis tas yang dibuat dengan bentuk rajutan juga dapat ditemukan dalam bentuk Sling Bag rajut. Jenis tas ini juga merupakan salah satu desain yang sangat uzur. Pada masa lalu wanita membuatkan tas selempang untuk para pria agar mereka bisa mencari makan dalam kuantitas besar. Pada awalnya tas ini dibuat dengan ebrabgai macam daun dan ranting. Seiring dengan berkembangnya kemampuan membuat barang dan penemuan tali jenis tas rajut mulai dibuat karena ketahanan yang lebih baik. Para wanita ini kemudian menggunakan pilihan bahan lain yang lebih baik yaitu kulit binatang. Walupun bahan yang digunakan untuk tas ini berkembang jenis tas rajut tetap menjadi pilihan untuk beberapa situasi.

 

Pada masa kini tas selempang rajut telah memiliki banyak kegunaan. Walupun tas ini tampak sederhana tapi tas rajut sebenarnya memiliki ketahanan yang cukup tinggi. Tas ini adalah pilihan yang hebat ketika digunakan pada berbagai situasi seperti pada saat digunakan sebagai tas sekolah atau pada kegiatan lain. Pada saat diperjalanan akan tampak banyak orang menggunakan tas ini agar sesuai dengan lingkungan sekitar mereka dan cara mereka berpakaian. Ini adalah efek fashion dari tas rajut yang tidak bisa disepelekan. Tas ini memang tidak dapat digunakan untuk acara resmi tapi hampir semua situasi lain bisa berjalan dengan nyaman dengan tas rajut.

pxhere.com

Kekuatan dan Jenis Bahan Tas Rajut

Tali jute adalah salah satu bahan yang sering sekali digunakan untuk membuat tas. Jenis bahan ini memiliki kekuatan dan ketahanan yang sangat tinggi. Bahan ini sangat mudah untuk dicuci sehingga tas dapat dijamin kebersihan dan ketahanannya. Jika berhadapan dengan benda tajam bahan ini tidak mudah rusak atau putus. Sling Bag rajut bisa mendapatkan keunggulan yang disediakan jenis bahan yang juga digunakan untuk membuat karung goni dan berbagai jenis tas dari kanvas yang ramah lingkungan. Teknik rajut yang baik bisa mengubah bahan ini menghasilkan bentuk dan desain yang lebih menarik. Terdapat juga kekurangan dari jenis bahan ini yaitu kerentanan terhadap noda cair, warna yang terbatas dan bahan tas yang cederung kasar.

 

Bahan katun memang jarang digunakan untuk membuat tas rajut tapi ada beberapa tas yang menggunakan bahan ini. katun memiliki sejumlah keunggulan yang juga membuatnya menjadi material yang baik untuk tas selempang. Beberapa diantaranya adalah:

  • Bahan kuat.
  • Memiliki elastisitas.
  • Tersedia dalam sangat banyak pilihan warna dan corak.
  • Memungkinkan untuk memodifikasi warna dengan sistem pewarnaan celup
  • Tas menjadi lebih ringan
  • Tali kuat dan nyaman untuk dipakai
  • Tas sangat lembut dan menyenangkan untuk disentuh.
  • Bisa dicuci menggunakan pemutih
  • Ramah lingkungan
pxhere.com

Kelemahan untuk bahan ini adalah:

  • Mudah menyerap noda
  • Rentan rusak ketika terkena benda tajam
  • Tidak tahan air

Karena bahannya yang unik tas rajut yang dihasilkan juga akan menjadi unik dan memberikan daya tarik tersendiri. Tas ini harus dijaga dengan baik untuk membuatnya tetap menarik pada saat digunakan.

 

Kulit adalah pilihan yang sangat baik untuk dijadikan tas rajut. Walaupun jenis ini akan menjadi pilihan yang sangat mahal ketahanan dari tas kulit juga memberikan keuntungan tersendiri. Menggunakan kulit sebagai bahan tas rajut akan menghasilkan sebuah bentuk tas yang bersifat vintage dan sangat menarik untuk digunakan sehari-hari. Tas ini dapat memberikan ketahanan terhadap air dan beberapa situasi. Bahan ini juga sering ditemukan pada Tas Seminar jenis rajut. Karena efek elegan yang dimiliki oleh kulit maka pilihan ini akan selalu menghasilkan tas rajut yang luar biasa.

pxhere.com

Jenis Bahan Sintetis Untuk Tas Rajut

Nilon adalah bahan yang sangat menarik. Bahan ini memiliki banyak ketahanan terhadap air dan tidak mudah rusak. Ada berbagai jenis tas selempang rajut yang dibuat dengan bahan nilon. Semua jenis tas ini tahan terhadap air dan noda serta memiliki sifat yang mudah kering dan mudah dicuci. Keuntungan dari jenis bahan nilon ini juga meliputi ketahanan terhadap jamur dan berbagai jenis serangga perusak pakaian. Sayangnya bahan ini tidak tahan panas. Nilon adalah jenis kain yang mudah meleleh jika terkena panas dan bisa mudah robek jika terkena benda tajam, berbeda dengan bahan alami yang memiliki ketahanan khusus terhadap benda tajam. Nilon juga bisa berubah warna jika sering terkena matahari.

 

Polyester adalah jenis bahan yang sangat digemari di dunia industri. Bahan ini dapat memberikan warna yang luar biasa bagus dan bisa memberikan penampilan luar biasa sebagai tas rajut. Tas selempang rajut dari polyester akan memberikan ketahanan terhadap benda tajam, dan noda. Bahan ini lebih berat dan agak kasar tapi bisa menjadi pilihan tas yang tahan lama. Bahan ini juga memiliki sifat tahan air dan sangat mudah untuk dicuci. Karena ketahanan ini banyak juga orang yang menginginkan tas rajut dari bahan ini tapi sampai saat ini mungkin masih sulit untuk ditemukan. Selain dari kedua bahan ini ada banyak jenis tas rajut yang dibuat dengan bahan sintetis. Semua bahan ini tidak ramah lingkungan dan cenderung mudah terbakar. Sebagai bahan Sling Bag rajut polyester tetap bisa dijadikan pilihan menarik.