Bakpao merupakan dari etnis Tionghoa yang hingga saat ini menjadi pilihan orang Indonesia saat waktu senggang. Atau dapat dikatakan bahwa bakpao adalah kudapan yang banyak disukai di berbagai daerah. Namun sangat disayangkan, jika bakpao yang dibuat tidak memiliki rasa yang nikmat. Karenanya, penting untuk memilih resep bakpao yang nikmat dan siap dinikmati apapun keadaannya. Adakah bakpao yang demikian?

 

Tentunya tersedia bakpao yang nikmat dan siap dinikmati kapapun keadaannya. Namun, hal ini tergantung pada cara pembuatan serta resep bakpao yang digunakan. Tertarik untuk mendapatkan bakpao yang nikmat dan siap jual di pasaran? Penting untuk mengetahui cara dan langkah-langkah pembuatan bakpao terenak. Di mana cara mendapatkan resep tersebut? Cukup lanjutkan pembacaan anda dan dapatkan jawabannya.

 

Resep Bakpao Terenak: Cara Pembuatan Bakpao

Untuk dapat mengikuti cara di bawah ini, penting untuk memperhatikan peralatan yang dibutuhkan untuk pembuatan bakpao. Peralatan terkait dapat dicara di internet, sedangkan untuk langkah di sini.

 

  1. Siapkan Wadah yang Bersih

Langkah pertama yang harus disiapkan adalah mempersiapkan wadah yang bersih dan siap guna. Usahakan pakai wadah yang cukup besar, karena tersedia banyak bahan-bahan yang akan digunakan. Namun hal ini tergantung dengan jumlah bakpau yang akan dibuat. Jika sedikit bakpao, maka anda dapat menggunakan wadah yang kecil.

 

  1. Tepung dan Gula Halus

Langkah berikutnya, anda harus memasukkan tepung dan gula halus yang telah disediakan sebelumnya. Masukkan keduanya secara bersamaan, kemudian aduk hingga rata. Pengadukan hingga rata akan berpengaruh pada adonan yang dihasilkan. Jika adonan tidak teraduk rata, maka efek yang ditimbulkan akan terjadi pada rasa bakpao nantinya.

pexels.com
  1. Tepung Maizena, Ragi dan Baking Powder

Seperti layaknya kue lainnya, baking powder dibutuhkan untuk mengembangkan kue. Karenanya, pada pembuatan bakpao ini dibutuhkan baking powder untuk mengembangkan adonan. Selain itu, masukkan kembali tepung maizena dan ragi. Ragi berguna untuk menjadi pengawet bakpao nantinya, sedangkan tepung maizena untuk menambah tekstur bakpao.

 

  1. Air

Untuk ukuran air dapat disesuaikan dengan kebutuhan adonan. Air yang dimasukkan dalam wadah, usahakan untuk memasukkannya sedikit demi sedikit. Saat memasukannya, uleni adonan hingga tidak terasa adonan yang menggumpal. Aduk adonan dan air hingga rata, hingga akhirnya adonan memiliki rasa yang enak. Caranya, coba cicipi sedikit adonan tersebut.

 

  1. Garam dan Mentega Putih

Selain air, terdapat adonan lain yang perlu dimasukkan untuk menambahkan rasa bakpao menjadi lebih nikmat. Bumbu yang dibutuhkan adalah garam dan mentega putih. Garam akan menambah rasa gurih dan asin pada adonan. Sedangkan mentega putih akan menambah tekstur, untuk ukurannya sesuaikan dengan kebutuhan adonan.

pexels.com
  1. Diamkan Adonan

Saat sudah menambahkan adonan dengan garam, bukan berarti tugas anda usai. Karena terdapat tugas lainnya yang harus dilakukan. Langkah berikutnya adalah adonan harus didiamkan selama beberapa menit, tepatnya selama 30 menit. Namun jangan lupa untuk memberikan tutup pada adonan, tutup yang disarankan adalah menggunakan kain.

 

  1. Pembentukan Adonan

Sudah selesai dengan mendiamkan adonan? Waktunya untuk melakukan pembentukan adonan. Pembentukan adonan harus disesuaikan dengan keinginan, contohnya untuk bakpao kecil dapat dibuat dengan kecil. Sedangkan jika ingin besar, maka buat bentuk besar. Jika sudah ditentukan, waktunya lanjutkan hingga adonan yang disediakan habis.

 

  1. Diamkan Adonan Bulat

Habiskan adonan yang tersedia sesuai bentuk yang diinginkan. Jika sudah, waktunya kembali diamkan adonan yang sudah jadi. Diamkan adonan tersebut selama 10 menit. Untuk kali ini, tidak dibutuhkan kain untuk menutupi, jadi biarkan adonan di tempatnya seperti semula. Hitung dengan benar waktu mendiamkan adonan dan jangan sampai terlalu lama.

 

  1. Masukkan Isian

Dalam sebuah bakpao, biasanya dimasukkan beberapa isian menarik. Jadi, sesuaikanlah isian mana yang sesuai dengan kesukaan. Beberapa isian yang ada dalam bakpao adalah kacang hijau, coklat, strawberry ataupun daging. Jika ingin memasukkan isian, pipihkan adonan, masukkan isian kemudian kembali bulatkan adonan yang sudah diisi.

 

  1. Kembali Diamkan Adonan

Sesudah diisi dengan isian yang diinginkan, kembali diamkan adonan tersebut. Pisahkan satu sama lain secara berjauhan, karena jika bersamaan dapat menempel satu sama lain. Dan dapat merusak bentuk yang telah dibuat sebelumnya. Waktu untuk mendiamkan adonan adalah 30 menit. Lakukan waktu yang sama untuk setiap adonan, sehingga adonan tidak hancur.

 

  1. Masak Bakpao

Adonan bakpao yang sudah disiapkan sebelumnya, akan siap di masak. Untuk memasaknya, siapkanlah api dalam ukuran sedang. Api ukuran sedang inilah yang berguna untuk mematangkan bakpao, hingga akhirnya siap disantap. Untuk mengukus bakpao anda dapat menyelesaikannya dalam waktu 30 menit. Atau tepatnya, kapan waktu terbaiknya untuk menunggu bakpao matang.

 

  1. Siap Disantap

Bakpao yang telah matang, sudah siap dikonsumsi jika waktu masak sudah usai. Jika bakpao sudah tidak lagi panas, sebaiknya segera sajikan bakpao. Karena bakpao yang lezat adalah bakpao yang disantap selagi nikmat. Untuk informasi, bakpao yang dingin kurang nikmat dimakan karena rasanya sedikit berkurang.

 

Dari semua langkah-langkah ini, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pembuatan bakpao. Untuk mengetahui tips-tips tersebut, jangan melewatkan pembacaan ngopimasi.com dan temukan informasinya.

pexels.com

Tips Membuat Bakpao Lezat

Dalam menjalankan usaha jual-beli bakpao, penting untuk mengetahui tips-tips agar usaha dapat berjalan sukses. Apakah tipsnya? Berikut informasinya.

 

  1. Pilih Bahan yang Berkualitas

Dalam menjalankan tugas jual-beli bakpao, anda harus menentukan penggunaan bahan yang berkualitas. Bahan yang berkualitas dan masih segar, akan sangat mendukung kualitas bakpao. Jadi, disarankan untuk memilih bahan yang tepat, sehingga bakpao yang dibuat adalah bakpao terbaik dan siap disajikan di pasaran.

 

  1. Buat Varian Rasa Beragam

Berikutnya, buat bakpao anda memiliki berbagai varian rasa. Selain varian rasa, buatlah bakpao dengan aneka warna. Konsep yang menarik inilah yang akan membuat bakpao memiliki banyak pelanggan. Dari sinilah, omset akan terus menanjak dan mendatangkan semakin banyak pelanggan dalam usaha bakpao.

 

  1. Jalankan Langkah dengan Benar

Penentu sebuah bakpao akan lezat atau tidak adalah apakah langkah-langkah yang dijalankan sudah benar atau sebaliknya. Karenanya, disarankan untuk menjalankan langkah yang telah dijelaskan dengan benar. Karena kesalahan dalam menjalankan langkah, akan berakibat buruk pada rasa yang dihasilkan pada bakpao.

 

  1. Ukuran yang Pas

Satu poin terakhir yang harus anda ketahui adalah ukuran bahan-bahan yang tepat. Ukuran yang tepat akan berpengaruh pada rasa dari bakpao tersebut. Jika ukurannya berlebihan, dapat berakibat buruk pada rasa. Contohnya, kelebihan garam dapat menyebabkan bakpao keasinan dan tidak nyaman dikonsumsi.

 

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan bakpao terlezat. Jika terdapat masalah pergunakanlah resep bakpao dari buku atau cara tambahan data dari ngopimasi.com. Karena segala masalah segera teratasi setelah mengunjunginya.