Tahukah anda, senam hamil memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh anda. Terutama dapat membantu serta membuat tubuh menjadi siap untuk menjalani persalinan nantinya. Seorang yang hamil akan mudah sekali merasa lelah. Bahkan ibu hamil sering bermalas-malasan hanya berbaring dan beristirahat. Hal yang sangat wajar memang, namun sebaiknya anda tidak melakukan hal demikian. Justru asbaknya anda lebih aktif ketika hamil. Kalau perlu anda harus melakukan olahraga dengan teratur. Tujuannya tidak lain untuk membiayai otot menjadi kuat dan siap menghadapi persalinan.

Hal paling sederhana yang bisa dilakukan ialah dengan senam. Olahraga yang sangat cocok dilakukan untuk ibu hamil. Mekipun sedehana, senam ini bisa membuat stamina dan fisik menjadi bugar ketika hamil. Anda juga bisa terhindar dari berbagai penyakit. Apalagi seseorang yang hamil sangat rentan terhadap penyakit. Senam sendiri untuk ibu hamil berbeda dengan senam pada umumnya semisal aerobik. Ada gerakan khusus yang membuatnya berbeda, tidak bisa anda samakan karena itu akan menimbulkan resiko. Modifikasi harus dilakukan, semisal dengan menghindari yang namanya lompatan. Hal yang nantinya bisa berbahaya bagi kehamilan.

Manfaat yang Didapat dari Senam Hamil

Banyak dokter yang merekomendasikan untuk melakukan senam kehamilan ini. Semuanya tidak lepas dari manfaat yang bisa didapatkan ketika melakukan senam hamil. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh, apalagi anda melakukannya dengan rutin. Manfaat yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Membuat otot menjadi kencang dan memperkuat bagian sendi
  • Rasa tidak nyaman seperti nyeri atau sakit ketika hamil bisa berkurang
  • Tidur jadi lebih enak dan nyenyak
  • Membantu membuat berat badan berlebih menjadi berkurang.
  • Nyeri pada tulang belakang juga akan menjadi lebih ringan
  • Lebih siap dalam menghadapi hari persalinan nanti

Bila dilihat dalam segi psikologis memang senam ini juga memberikan manfaat yang besar. Pengaruh positif bisa dirasakan kedepannya, khususnya dalam menghadapi persalinan bisa lebih siap. Bahkan dampaknya bisa dirasakan setelah buah hati lahir. Ibu akan lebih mudah untuk mengembalikan kondisi tubuh baik dari segi bentuk ataupun stamina.

Senam Bisa Anda Lakukan Sendiri di Rumah

Memang kalau anda ingin dapatkan hasil yang maksimal. Paling bagus anda bisa bergabung ke kelas untuk senam kehamilan. Di beberapa rumah sakit biasanya membuka dan akan didampingi oleh seorang instruktur khusus. Gerakannya juga sangat teratur terutama dalam hal melatih pernafasan. Tidak lain dengan tujuan untuk membuat tubuh menjadi lebih siap. Bahkan untuk keamanan gerakan sudah dijamin dan tidak akan ada gerakan yang membahayakan. Yang jelas akan lebih bisa dipercaya dibandingkan anda melakukan sendiri. Walaupun karena kelas khusus maka ada biaya yang harus anda keluarkan untuk mengikuti kelas senam ini

Bagi anda yang tidak ingin keluar dana lebih sebagai investasi guna mempersiapkan persalinan. Bukan berarti anda tidak bisa melakukan senam untuk kehamilan anda. Karena fungsinya yang begitu besar ada baiknya anda tetap melakukan. Meskipun tidak harus mengikuti kelas, karena anda bisa melakukan senam ini sendiri di rumah. Ada beberapa catatan yang seharunya anda perhatikan bila kemudian melakukan sendiri. Anda tidak boleh salah agar tidak beresiko nantinya. Terlebih masalah gerakan yang akan anda lakukan. Tidak harus gerakan yang sulit atau susah. Cukup gerakan sederhana saja sudah cukup untuk senam ini. Agar lebih bagus anda cari contoh gerakan senam yang bagus dan tepat bagi ibu hamil. Lalu anda silahkan lakukan itu di rumah sendiri.