Sejarah secara umum diambil dari kata Yunani yang artinya pengetahuan atau penyelidikan yang didapat dari proses penelitian. Kata sejarah juga berasal dari bahasa Arab yaitu syajarotun yang artinya pohon bercabang. Dari arti tersebut maka bisa dilihat bahwa sejarah bercabang-cabang dan selalu berkembang setiap waktu. Pengertian sejarah adalah kejadian yang sudah terjadi pada masa lampau, sejrah juga dikenal sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang peristiwa di masa lampau.

Pengertian Sejarah Dari Para Ahli

Ada banyak tokoh ahli yang mendifinisikan pengertian sejarah dalam bentuk yang berbeda-beda, di antaranya :

  • Herodotus

Herodotus adalah bapak sejarah dunia. Menurut beliau sejarah adalah suatu kajian yang di dalamnya menceritakan tentang perputaran seseorang atauu peradaban dalam kondisi apapu, baik kondisi jatuh maupun bangun.

pxhere.com
  • Aristoteles

Aristoteles adalah salah satu ilmuan yang sangat populer di dunia. Beliau beranggapan sejarah adalah sebuah system yang disusun secara teliti dan kronologis.

  • Kuntowijaya

Menurut Kuntowijaya sejarah adalah fakta yang disuguhkan secara ideografis dan unik. Sejarah bersifat ideografis karena menggambarkan sesuatu yang terjadi dimasa lampau.

  • Muhamad Yamin

Merupakan tokoh Indonesia yang mengartikan sejarah sebagai ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil dari penyelidikan berbagai peristiwa dan terbukti nyata.

  • Muhammad Hatta

Sejarah menurut Muhammad Hatta adalah pemahaman pada masa lampau yang di dalamnya mengandung beragam dinamika.

  • Rohiati Wiriatmaja

Definisi sejarah menurut Rohiati adalah sebuah disiplin ilmu yang di dalamnya menjanjikan tentang moral, etika, kebijaksanaan, nilai kultur dan spiritual.

  • Nugroho Notosusanto

Sejarah adalah peristiwa yang memiliki sangkut paut manusia sebagai makhluk bermasyarakat di masa lampau.

  • Benedetto

Pengertian sejarah menurut Benedetto Croce adalah rekaman kreasi jiwa manusia dalam semua bidang, baik teotrikal maupun praktikal.

  • V Bryce

Beliau mendefinisikan sejarah sebagai catatan dari pemikiran, perkataan hingga tingkah laku manusia.

  • H Walsh

Sejarah menurut beliau adalah menitikberatkan pada pencatatan yang penting, baik meliputi tindakan dan juga pengalaman manusia di masa lampau yang sangat penting.

  • Ibnu Khaldun

Sejarah menurut Ibnu Khaldun adalah catatan masyarakat terdahulu yang berisi tentang masyarakat dan peradaban yang menjadikannya sejarah sebagai sifat ataupun watak dari masyarakat peradaban masa dahulu.

pxhere.com

Mengenal Ruang Lingkup Sejarah

Menurut Muhammad Ali sumber sejarah terbagi menjadi tiga. Ada sumber lisan, sumber tulisan dan sumber benda. Sumber sejarah yang berasal dari lisan adalah keterangan mengenai sejarah yang di dapat dari pelaku sejarah, atau dikenal juga dengan nama saksi sejarah. Untuk sumber tulisan, adalah sumber sejarah yang berasal dari tulisan hasil peninggalan orang-orang di masa dahulu, ada banyak bentuk sumber tulisan seperti dokumen, babad, rekaman, surat kabar, naskah dan lain sebagainya. Sumber tulisan yang ketiga ada sumber benda, benda-benda tersebut dikenal juga dengan nama artefak. Contohnya candi, perhiasan, kapak, gerabah dan patung.

Jika dilihat dari urutan penyampaian, sumber sejarah terbagi menjadi tiga. Ada sumber primer, sekunder dan tersier. Sumber primer adalah sumber sejarah yang berasal dari peninggalan asli sejarah seperti prasasti, piagam, candi dan lainnya. Sumber sekunder adalah tiruan dari benda asli seperti terjemahan kitab-kitab kuno, laporan penelitian dan lain sebagainya. Adapun sumber tersier adalah buku sejarah yang dibuat dengan berdasarkan laporan berbagai penelitian dari ahli.

Adapun ruang lingkup sejarah yang mengaju pada pengertian dari sejarah, antara lain :

  • Konsep sejarah

Yaitu suatu bentuk kemampuan logika dalam menciptakan gambaran baru bersifat abstrak yang mengacu pada kajian. Sejarah sebagai kisah yang dijelaskan berdasarkan tafsiran, kesan manusia dan ingatan. Sejarah juga dikenal sebagai ilmu, dengan melakukan penelitian dan kajian terhadap cerita sejarah. Sejarah juga sebagai seni, yaitu proses penulisan sejarah dibutuhkan imajinasi, emosi, intuisi dan juga gaya bahasa.

  • Unsur-unsur sejarah

Unsur-unsur dalam sejarah meliputi ruang, waktu dan manusia. Ruang adalah tempat terjadinya suatu kejadian yang menjadi bukti sejarah. Waktu adalah waktu terjadinya peristiwa yang bersejarah dan manusia adalah unsure yang sangat penting.

pxhere.com
  • Kaitan antara sejarah dengan ilmu

Sejarah memiliki keterkaitan yang kuat dengan ilmu pengetahuan, tetapi ada perbedaan yang perlu diketahui. Persamaan antara ilmu dan sejarah adalah keduanya sama-sama mengandung teori dan metode yang prosesnya berdasarkan pengamatan, pengalaman dan penyerapan. Perbedaan antara sejarah dengan ilmu adalah sejarah terikat dengan waktu, tempat dan lainnya yang khusus. Sedangkan ilmu pengetahuan sama sekali tidak terikat dengan waktu dan tempat atau hal khusus lainnya.

Pengertian sejarah harus kita pahami dengan baik, tanpa adanya sejarah maka tidak akan ada kehidupan seperti sekarang ini. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengapreasi sejarah. Di antaranya adalah kita harus menghormati adat istiadat yang sudah ada sejak zaman dahulu. Untuk adat istiadat yang jelek alangkah baiknya kita hindari namun ambil adat istiadat yang baik. Selanjutnya kita juga harus mempelajari sejarah, kita harus tahu siapa orang-orang yang berjasa dan berjuang di dalamnya. Barang-barang sejarah juga harus di jadikan sebagai barang langka yang diletakkan di museum atau tempat terlindung lainnya.