Bagi para pengguna perangkat telephone android pasti pernah menerima pemberitahuan untuk melakukan pembaruan aplikasi.  Mugkin beberapa orang tidak terlalu memperdulikan notifikasi tersebut. Padahal pembaruan untuk aplikasi yang sudah dipasang di android memiliki banyak fungsi.

Pembaruan atau update aplikasi sebaiknya dilakukan setiap kali ada versi terbaru. Terlebih lagi untuk aplikasi yang sering Anda gunakan setiap hari. Ada beberapa alasan penting, pengguna android perlu melakukan update aplikasi secara rutin.

Untuk update aplikasi yang dianggap memperbaiki kerentanan keamanan yang vital, google akan langsung mengupdate aplikasi terkait. Namun untuk sebatas pembaruan fitur dan perbaikan bug, google hanya akan mengirimkan notifikasi untuk update status.

pixabay.com

Fungsi Update Aplikasi untuk Perangkat Android

Google playstore biasanya akan memberi peringatan apabila ada aplikasi versi terbaru yang perlu untuk diperbarui. Update aplikasi tersebut memiliki beberapa fungsi seperti berikut.

  1. Fitur dan menu baru

Bagi Anda pengguna android pasti menyimpan banyak aplikasi di perangkat telephone. Pengguna smartphone sebaiknya rajin mengupdate aplikasi yang ada di dalamnya. Sayangnya masih ada beberapa orang yang malas untuk update aplikasi karena dirasa membuang-buang kuota, padahal ada manfaatnya.

Salah satu fungsi melakukan update aplikasi adalah untuk mendapatkan menu atau fitur baru. Aplikasi versi terbaru umumnya memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan versi lama. Developer dari suatu aplikasi biasanya menyertakan informasi mengenai apa saja yang baru dari aplikasi yang sudah diperbarui.

Tidak hanya fitur baru, aplikasi versi terbaru merupakan yang paling baik. Jika pada versi sebelumnya ada masalah dalam menjalankan aplikasi, maka kemungkinan pada versi terbaru sudah diperbaiki. Jadi pengguna aplikasi bisa menjalankannya dengan lancar tanpa masalah.

Jika tidak ingin muncul masalah, jangan lupa update aplikasi android yang Anda miliki. Tidak melakukan pembaruan pada aplikasi maka akibatnya adalah Anda tidak bisa menggunakan fitur baru yang mungkin ditawarkan oleh aplikasi tersebut.

Apabila Anda tidak ingin repot update aplikasi satu-satu, maka bisa lakukan update otomatis untuk seluruh aplikasi. Caranya adalah melalui playstore di menu pengaturan. Pilih menu Update Aplikasi Secara Otomatis dan pilih opsi download, ada pilihan melalui jaringan apapun dan hanya melalui wifi.

Sebenarnya tidak hanya aplikasi yang didownload di playstore saja, Play Store sendiri juga perlu diupdate. Masuk ke google playstore dan pilih menu setting atau setelan. Klik play store version, jika ada versi terbaru maka akan muncul notifikasi untuk izin download.

pixabay.com
  1. Penyesuaian perangkat

Fungsi lain dari pembaruan suatu aplikasi adalah terkait dengan masalah kompatibel. Seperti yang diketahui bahwa tidak semua aplikasi bisa dipasang di perangkat android. Kompatibel atau tidaknya aplikasi biasanya tergantung dari tipe hp. Jadi pembaruan bisa untuk meningkatkan kompatibilitas aplikasi.

Tujuan dari developer melakukan pembaruan pada aplikasinya adalah untuk memperbaiki bug atau berbagai eror yang muncul di versi lama. Apabila Anda termasuk orang yang malas untuk melakukan update aplikasi, maka aplikasi yang digunakan akan rentan terhadap bug atau eror.

Para developer aplikasi tentunya tidak akan diam saja apabila bug yang muncul di dalam aplikasi buatannya. Apabila ditemukan sedikit masalah yang mengganggu aktivitas aplikasi, maka mereka akan segera memperbaiki masalahnya.

Bagi pengguna android, melakukan update aplikasi bisa menjadi solusi apabila aplikasi tiba-tiba tidak bisa digunakan. Bug bisa saja terjadi dan membuat aplikasi berhenti. Jangan khawatir dan lakukan update aplikasi agar kembali bisa digunakan.

Cara untuk update aplikasi secara manual dapat dilakukan melalui playstore. Masuk ke menu aplikasi dan game saya, kemudian pilih aplikasi yang ingin diupdate. Tap pada menu update dan tunggu versi terbaru dari aplikasi tersebut terdownload.

pixabay.com
  1. Peningkatan keamanan aplikasi

Aplikasi android versi lama mungkin saja memilki celah untuk diretas atau dimanfaatkan oleh pihak nakal. Jika hal tersebut diketahui, developer aplikasi akan melakukan pembaruan agar aplikasinya tidak lagi bisa ditembus oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Developer mungkin akan menghilangkan fitur yang berbahaya pada versi sebelumnya. Jadi pada aplikasi terbaru dapat dioperasikan tanpa membahayakan data maupun pengguna aplikasi. Lakukan update apabila memang sudah ada pemberitahuan dari aplikasi untuk keamanan aplikasi.

Aplikasi yang jarang diupdate juga bisa menjadi sasaran serangan virus. Pengguna android pastinya sudah paham bagaimana bahayanya virus yang masuk ke aplikasi. Virus atau malware bisa merusak sistem dalam aplikasi dan membuatnya eror, bahkan bisa mencuri data dari aplikasi tersebut.

Untuk menghindari serangan virus ini, usahakan untuk selalu menggunakan aplikasi yang paling update. Segera lakukan pembaruan, apabila memang sudah tersedia aplikasi versi terbarunya. Biasanya tingkat keamanan juga ikut diupdate untuk aplikasi versi terbaru.

Supaya tidak ketinggalan, Anda bisa mengatur agar aplikasi bisa diupdate secara otomatis saat sudah tersedia versi terbaru. Caranya adalah masuk ke playstore dan pilih menu aplikasi dan game saya. Centang aplikasi, tap simbol tiga titik, dan pilih aktifkan update otomatis.

Itulah beberapa fungsi pembaruan aplikasi pada perangkat android. Pengguna bisa melakukan update aplikasi yang diinstal satu per satu atau secara otomatis. Pengguna android akan mendapatkan fitur terbaru dan peningkatan keamanan serta stabilitas aplikasi setelah melakukan update aplikasi.