pexels.com

Keindahan yang Ditawarkan oleh Pantai Papuma Jember

Ketika Anda berkunjung ke Jember, berkunjung ke lokasi wisata merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa Jember merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki lokasi wisata menarik dan menyenangkan. Salah satu jenis wisata yang mampu menarik perhatian mata wisatawan adalah wisata pantai. Pantai Papuma merupakan pantai di Jawa Timur yang dikenal memiliki keindaham alam yang mempesona. Menurut sejarah, nama Papuma diambil dari  sebuah nama batu karang yang berada di sekitar bibir pantai. Batu malikan merupakan batu yang dikeramatkan oleh warga Jember dan memiliki nilai sejarah di masanya. Dahulunya, batu malikan merupakan tempat dimana raja menghabiskan waktunya untuk memancing. Ketika memancing, sang raja mendapatkan seekor ikan yang ajaib. Di tempat itu pula, sang raja bertemu dengan penghuni laut berupa ular raksasa. Karena itulah, batu malikan dianggap memiliki nilai sejarah dan sangat dihormati oleh warga Jember. Banyak warga yang berkunjung ke pantai Papuma Jember untuk melihat secara langsung penampakan dari batu malikan tersebut.

pexels.com

Keindahan Pantai Papuma Jember

Pantai Papuma Jember digadang-gadang menjadi pantai terindah yang ada di Jawa Timur. Ketika Anda berada di kota Jember, Anda hanya membutuhkan waktu selama 45 menit untuk sampai ke sana. Pada saat Anda menuju ke lokasi wisata pantai Papuma, Anda sebaiknya harus menjaga diri dengan berhati-hati. Jalan menuju ke arah pantai masih asri dan terbuat dari tanah. Ketika hujan datang, jalanan akan terasa licin sehingga kendaraan yang menuju ke lokasi pantai Papume sulit untuk dikendalikan. Meskipun memiliki jalan yang sulit untuk dijangkau, ada harga yang akan Anda dapatkan nantinya. Ada banyak landscape yang dapat Anda nikmati ketika berada di sekitar pantai Papuma. Pemandangan alam yang disajikan oleh pantai Papuma sangat tepat Anda gunakan sebagai latar belakang foto yang akan Anda buat. Untuk mengetahui keindahan alam apa saja yang ditawarkan oleh pantai Papume, simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Pasir putih

Pasir putih menjadi salah satu pemandangan yang akan Anda lihat selama berada di pantai Papuma. Pasir putih yang nampak bersih menambah keindahan alam pantai dan dapat membuat para pengunjungnya merasa nyaman menghabiskan waktunya di pantai Papuma. Keberadaan pasir putih dapat ditemukan di sepanjang bibir pantai.

  1. Batu karang dengan bentuk dan ukuran yang berbeda

Keberadaan batu karang merupakan hal biasa yang akan Anda temukan selama berada di pantai Papuma. Batu karang yang berada di pantai Papuma sendiri memiliki bentuk dan ukuranyang bervariasi. Jika batu karang tersebut Anda perhatikan dari seberang pantai, Anda akan melihat bahwa batu karang tersebut layaknya pintu gerbang yang menuju ke arah pantai. Batu karang yang berada di pantai Papume dapat melindungi pantai dari hempasan ombak yang besar. Untuk batu-batuan yang berada di pantai Papuma, batu karang tersebut memiliki namanya sendiri. Narada, Batara Guru, Kresna dan Kencana merupakan nama-nama batu karang yang dapat Anda temukan di pantai Papuma.

  1. Pepohonan rindang

Di pinggir pantai Papuma, Anda akan menemukan pepohonan yang tumbuh  dengan suburnya. Keberadaan pepohonan tersebut menambah keindahan alam pantai Papuma dan membuat hawa di sekitar pantai terasa lebih sejuk. Anda juga dapat berteduh di bawah pohon dari paparan sinar matahari di siang hari. Perlindungan dari paparan sinar matahari semakin maksimal dengan keberadaan payung teduh di sekitar pepohonan.

pexels.com

Rute Menuju Pantai Papuma

Seperti penjelasan sebelumnya, ketika Anda menuju ke pantai Papuma, Anda akan menemukan jalan yang masih nampak asri dan belum mengalami perbaikan. Ketika menuju ke pantai Papuma, Anda akan dihadapkan dengan jalur-jalur yang kondisinya masih buruk. Untuk datang ke pantai Papuma sendiri, ada tiga jenis rute yang dapat Anda tempuh. Setiap rute yang Anda tempuh nantinya memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Anda dapat memilih salah satu rute jika ingin berkunjung ke pantai Papuma Jember. Berikut ini merupakan rute-rute yang dapat Anda pilih untuk datang ke pantai Papuma:

  1. Rute pertama

Merupakan rute dengan medan berat namun Anda hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk sampai ke pantai Papume. Rute ini mengharuskan Anda melalui jalur-jalur di sekitar gunung Watangan. Dengan melalui jalur ini, Anda nantinya akan dihadapkan langsung dengan pintu loket pantai Papuma.

  1. Rute kedua

Untuk menggunakan rute ini, Anda harus mengeluarkan dana yang lebih besar. Meskipun begitu, jalur yang akan Anda lewati terlihat lebih mudah dan Anda akan terhindar dari jalanan yang rusak. Anda nantinya harus melalui pantai Watu Ulo terlebih dahulu sebelum berkunjung ke Pantai Papuma.

pexels.com
  1. Rute ketiga

Dibandingkan dengan kedua rute yang lain, rute ketiga merupakan rute terberat yang dapat Anda tempuh. Rute ketiga merupakan gabungan dari kedua rute yang telah dijelaskan sebelumnya. Anda nantinya harus melewati jalur Gunung Watangan dan pantai Watu Ulo. Meskipun jalur yang Anda lewati telah beraspal, jalan tersebut memiliki kerusakan yang parah. Ada banyak jalan yang berlubang dan terasa licin pada saat hujan tiba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *