Siapa yang tidak mengenal Jakarta, sebuah kota pusat pemerintahan dan ekonomi di Indonesia. Hal yang paling terlihat ialah begitu banyak para pelancong atau pekerja yang merantau mengadu nasib di tanah ibukota. Harus diakui memang itu menjadi sebuah pemandangan yang tampak di sana. Selain itu, di sana juga banyak orang yang berkunjung hanya untuk sekedar mengisi waktu luang atau liburan. Berbagai tempat menarik ada di kota tersebut. Makanya bisa dikatakan bahwa Jakarta merupakan kota dengan kepadatan penduduk yang tinggi. Ketika anda berada di kota Jakarta di tengah liburan atau merantau karena pekerjaan. Anda ingin kembali pulang ke rumah dan selesai melakukan liburan. Sudah pasti anda tidak boleh melupakan oleh-oleh khas Jakarta. Anda wajib membawa oleh-oleh ini untuk kerabat, tetangga atau saudara anda.

Bila anda tinggal atau bahkan berlibur ke Jakarta, rasanya akan ada yang kurang kalau tidak membawa oleh-oleh khas Betawi. Beberapa menjadi sangat terkenal dan begitu diminati oleh masyarakat. Betawi memang memiliki budaya yang spesial. Hal itu pulalah yang kemudian melahirkan berbagai jenis pilihan baik makanan atau barang. Yang paling menarik kalau ingin dijadikan sebagai oleh-oleh kebanyakan orang memilih makanan. Apalagi di Jakarta ada bebagai makanan khas dengan keunikan dan citarasa yang unik atau berbeda. Barangkali anda sedang kebingungan dalam menentukan oleh-oleh. Simak saja dengan baik beberapa jenis oleh-oleh asli dari Jakarta.

pxhere.com

Inilah Beberapa Makanan Jakarta untuk Oleh-oleh

Bagi yang ada di Jakarta, tidak boleh anda lewatkan hal berikut. Untuk yang mau mudik, atau pulang ke kampung halaman, jangan lupa membawakan saudara atau keluarga anda oleh-oleh khas Jakarta. Agar anda tidak bingung mencarinya, maka bisa dicoba beberapa referensi oleh-oleh berikut ini. Kami sudah merangkum menjadi 5 jenis dengan cita rasa yang unggul dan jimat pastinya. Berikut adalah ulasannya.

  • Roti Buaya

Bagi masyarakat Jakarta, tentu sangat kenal dengan roti ini. Kalau anda ingin gunakan sebagai oleh oleh, anda bisa membeli ukuran yang sedang atau kecil. Jadi bentuknya tidak hanya yang besar, bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.

  • Biji Ketapang

Kue yang hanya bisa anda temukan pada masyarakat Betawi dengan rasa lezat yang ada. Banyak sekali kemudian yang menfavoritkan kue tersebut untuk dijadikan sajian di waktu lebaran. Makanya kebanyakan orang yang mudik, membawanya ke kampung untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Memilki bentuk kecil dan lonjong sepeti biji ketapang. Tetapi ketika sudah merasakan, maka rasa gurih membuat anda tidak akan berhenti menikmatinya.

  • Bir Pletok

Jangan dibayangkan kalau ijinkenis minuman beralkohol. Bir pletok tidak ada kandungan alkohol sama sekali. Bahkan malah memiliki manfaat besar. Di mana bisa membantu mengatasi migran, kram, gangguan pencernaan dan lain sebagainya. Tetapi, sekarang bisa ditemukan dengan mudah tidak hanya di Jakarta saja.

pxhere.com
  • Kembang Goyang

Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung beras. Kemudian dipadukan dengan santan, kelapa, wijen dan sagu. Sekarang bisa ditemukan dengan bebagai citarasa mulai manis, gurih dan bebegai rasa lainnya.

  • Dodol Betawi

Inilah yang menjadi andalan sebagai oleh-oleh yang ada di Jakarta. Sangat mudah menjumpai makanan yang satu ini. Sebenarnya, diberbagai daerah ada makanan dodol, tetapi untuk di Jakarta memilki rasa yang begitu khas. Anda bisa memilih dengan berbagai pilihan seperti keran putih, keran hitam dan rasa durian.

  • Semprong

Kue yang manis serta gurih yang memiliki isi coklat. Sangat menarik untuk dipakai sebagai buah tangan. Dengan bentuk unik dan beragam, sepeti pesergi, segitiga atau silinder.

  • Geplak

Atau biasanya disebut sebagai kue beras. Ciri utamanya ialah pada warna putih dan coklat dari kue ini. Cocok sekali dijadikan sebagai oleh-oleh. Sebab mampu untuk bertahan dalam waktu lama. Bisa disimpan sampai dengan maksimal 7 hari. Memilki rasa manis dan juga tekstur yang lembut.

pxhere.com

Cita Rasanya Tidak Kalah dengan Makanan Kekinian

Ketujuh oleh-oleh khas Jakarta tadi bisa dibilang merupakan makanan atau minuman tradisional. Sengaja memang diberikan hal semacam ini, agar masyarakat lebih mengenal budaya yang ada di Betawi. Banyak orang yang melalaikan akan hal ini, padahal kalau berbicara masalah rasa tidak berbeda dengan makanan yang kekinian. Oleh-oleb harusnya dicari yang berbeda dan tidak pernah ditemukan di wilayah anda. Jadi hanya ada pada tempat yang anda kunjungi. Meskipun terkadang orang lebih memilih makanan kekinian dengan karena memang pengaruh dari media. Sudah saatnya anda mencoba menjadikan makanan tradisional menjadi lebih populer untuk digunakan sebagai oleh-oleh.

Sekarang, agar lebih populer makanan khas untuk oleh-oleh banyak yang dimodifikasi. Artinya dengan citarasa yang berbeda dan menarik buat pembeli. Beberapa makanan asli dari Betawi punya rasa yang berkembang, sepeti semprong yang sudah dikembangkan dengan isian coklat, atau dodol dengan rasa yang beragam. Dengan membaca ulasan yang diberikan ini, pastinya anda tidak akan lagi bingung. Untuk memperoleh berbagai jenis oleh-oleh tadi, tidak sulit. Dikarenakan sudah bisa ditemukan di beberapa toko oleh-oleh yang ada di Jakarta. Disana oleh-oleh khas Surabaya juga tersedia, jadi anda akan memiliki banyak pilihan..