Masjid ini memang salah satu masjid besar yang ada di daerah Indonesia. Masjid Agung berrada di daerah Semarang, Jawa Tengah. Masjid ini sangat megah, besar dan luas. Untuk luas keseluruhan masjid ini sekitar sepuluh haktar dan untuk luas bangunannya sekita tujuh ribu enam ratus enam puluh Sembilan meter persegi. Masjid ini didesain dengan gaya bangunan Yunani, arab dan juga Jawa berpadu menjadi satu dan menciptakan keindahan banguna arsitektur yang mengesankan. Masjid ini masih baru saja di resmikan pada tanggal empat belas November tahun dua ribu enam oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono salah satu presiden Negara Indonesia. Jadi bisa disimpulkan bahwa masjid ini belum sampai ratusan tahun berdiri. Namun walau begitu masjid ini sudah digunakan untuk sholat sebelum diresmikan. Sholat jum’at pertama kali yang dilakukan di masjid agung pada tanggal Sembilan belas Maret dua ribu empat.

Saat kamu memasuki masjid agung aku akan disajikan kemegahan yang sangat mengesankan di dalamnya. Pertma yang bisa kamu lihat setelah melewati gerbang masuk masji agung adalah pemandangan Mushaf Akbar Al-Qur’an kuno yang ukuranya sekitarseratus empat puluh lima centimeter kali Sembilan puluh lima centimeter. Mushaf tersebut terlihat sangat indah dan besar berada di dalam  masjid agung yang indah dengan bangunan arsitekturnya. Selain Mashaf, di bagian lain terdapat Budug barwarna hijau dan memiliki ukuran raksasa, panjangnya sekitar tiga ratus sepuluh centimeter dan dibutuhkan paku seratus lima puluh enam buah paku untuk membuah bedug raksasa tersebut.

Keindahan masjid agung ini menjadi semakinindah karena adanya menara Al-Husna yang menjulang tinggi, menara Al-Husna memiliki Sembilan belas lantai dan memiliki tinggi sekitar Sembilan puluh Sembilan meter. Selain itu masjid ini juga mirip dengan masjid Nabawi yang ada di madinah. Jika masjid namira yang ada di Lamongan mirip dengan masjidil Haram yang ada di Mekkah maka masjid  agung yang ada di Semarang mirip denga masjid Nabawi yang ada di Madina. Tampatnya yang luas dan megah membuatnya seperti masjid nabawi yang ada di Madina