Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

 

Buah pir merupakan buah yang tumbuh di negara Eropa dan Asia. Mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Rasanya segar dan banyak mengandung air, pir memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti beberapa khasiat berikut.

Manfaat dan Khasiat Buah Pir

  1. Antioksidan

Efek antioksidan glutathione dan anti kanker dalam pir yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Antioksidan dalam buah ini bermanfaat untuk menjaga tekanan darah, mengurangi risiko stroke, dan mencegah kanker. Mengonsumsi pir secara teratur dapat membantu menjaga pH tubuh seimbang.

  1. Mencegah sembelit

Pir mengandung serat dan air yang cukup tinggi sehingga bagus untuk pencernaan. Buah ini dapat memberikan efek pencahar untuk mengatasi masalah sembelit. Mengonsumsi satu hingga dua buah dapat membantu memperlancar pencernaan dan mencegah retensi air di dalam tubuh.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan zat boron dan vitamin K dalam pir berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah penyakit osteoporosis. Pir juga mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor yang mencegah terjadinya kerusakan tulang. Zat boron dalam pir membantu mengobati peradangan pada tulang sendi.

  1. Mencegah diabetes

Pir merupakan salah satu buah yang dianggap memiliki indeks glikemik rendah sehingga baik untuk penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi juga membantu membuat kenyang lebih lama. Satu porsi dari pir sudah mengandung karbohidrat kurang lebih 28 gram.

  1. Sumber serat yang baik

Pir mengandung serat hingga 5 gram yang dapat mencukupi kebutuhan serat tubuh. Pektin dalam yang ada dalam airnya juga bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, mengonsumsi pir efektif untuk membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

  1. Sumber vitamin C

Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk melawan dan mengurangi dampak buruk dari radikal bebas. Vitamin C juga membantu menjaga metabolisme dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Mengonsumsi pir dapat memberikan sekitar 12 persen kebutuhan vitamin C harian.

Itulah beberapa manfaat dari buah pir untuk kesehatan. Pilih buah pir yang baik dengan kualitas yang masih segar. Untuk mendapatkan ragam manfaatnya, sebaiknya memilih buahnya bukan pir yang sudah diolah menjadi minuman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *