pxhere.com

Asal Mula dan Jenis Makanan Sushi

Menu khusus yang berasal dari Jepang dan paling terkenal adalah makanan sushi. Makanan ini adalah nasi yang dipadukan dengan berbagai jenis makanan lain. Makanan ini dibentuk sedemikian rupa sehingga nasi nantinya akan berada pada lapisan kedua dan makanan pendampingnya berada di lapisan pertama. Nasi yang digunakan untuk sushi tidak sama seperti nasi pada umumnya karena diberi bumbu garam, gula, dan cuka beras. Bumbu nasi ini membuat sushi memiliki rasa asam dan rasa ini dimasukkan ke dalam tulisan nama sushi itu sendiri.

 

Asal Mula Sushi

Sushi sebenarnya tidak dibuat oleh orang Jepang. Pertama kali sushi dibuat oleh orang Cina sejak abad kedua sebelum masehi. Makanan ini dibuat karena penduduk di Cina memiliki kebiasaan mengawetkan makanan. Disana ikan diawetkan dengan cara memasukkannya ke dalam beras. Cara ini cukup efektif untuk menjaga rasa ikan untuk jangka waktu tertentu. Keberhasilan metode ini pada akhirnya digunakan di berbagai tempat di Cina. Metode ini juga dibawa ke Jepang dan menjadi asal dari pengembangan sushi.

 

Sushi adalah makanan yang disajikan dengan berbagai jenis ikan. Pada abad ke 18 makanan ini diubah dengan memberikan cuka anggur pada sushi sehingga dapat langsung dimakan. Nasi yang biasanya digunakan sebagai pembungkus ikan diubah oleh seseorang bernama Hanaya Yoheii dengan bentuk penyajian yang berbeda. Penyajian ini memiliki konsep dimana ikan tampil diatas nasi. Cara penyajian ini bahkan memiliki nama sendiri yaitu ‘edomae sushi’ atau ‘nigiri sushi’. Karena dibuat dengan cara sederhana sushi termasuk ke dalam jenis makanan cepat saji pertama dari Jepang.

pxhere.com

Ketika budaya barat masuk ke Jepang setelah perang dunia II konsep sushi mulai berubah secara konstan dari makanan yang biasa ditemukan di pinggir jalan menjadi makanan yang lebih mewah. Penyajian sushi juga berubah dengan cara dan paduan yang beragam sesuai dengan paparan budaya asing pada jenis makanan ini.

 

Berbagai Nama dan Jenis Sushi

Maki sushi Merupakan jenis sushi yang dibuat dengan cara menggulung bahan campuran sushi di dalam nasi. Bahan campuran sushi terdiri dari ikan dan sayuran yang diiris dengan tipis. Sushi digulung dengan nasi dan ditutupi dengan rumput laut panggang yang biasa dikenal dengan sebutan nori. Makanan ini kemudian dipotong kecil sehingga memperlihatkan semua lapisan bahan di dalam nori. Ada jenis sushi lain yang menggunakan metode serupa yaitu Futomaki Sushi. Perbedaan kedua jenis sushi ini adalah ketebalan dimana Futomaki biasanya lebih besar dan tebal sedangkan Maki Sushi lebih tipis.

 

Uramaki Sushi adalah jenis makanan sushi yang berbeda daripada Maki Sushi karena posisi bahan campuran sushi termasuk nori berada di dalam nasi. Konsep penyajiannya serupa yaitu dengan cara digulung dan dipotong kecil. Pada masa modern ini penyajian uramaki juga biasa disebut inside out sushi.

 

Norimaki Sushi masih memiliki kesamaan dengan Maki sushi dimana penyajiannya dibalut di dalam nori dan dipotong kecil. Isi dari sushi ini membuatnya menjadi jenis yang berbeda. Sushi ini memiliki jenis isian yang lebih beragam. Selain itu sushi ini juga memiliki nori di bagian dalam sebagai salah satu isian. Jenis makanan yang biasa digunakan untuk membuat sushi ini adalah

pxhere.com
  • Daging
  • Ikan tuna
  • Ikan salmon
  • Udang
  • Cumi-cumi
  • Gurita
  • Belut
  • Sayuran

Jenis sushi ini dikatakan sering ditemui di Indonesia karena kebebasan dalam pembuatannya bisa membuat makanan ini dekat dengan berbagai selera. Namun di negri asalnya konsep sushi lebih ketat sehingga sushi bebas ini agak jarang ditemukan.

 

Nigiri Sushi adalah jenis sushi yang sering dilihat di berbagai gambar restoran sushi karena bentuknya yang jauh lebih menarik. Irisan tipis bahan makanan lain dibentuk sedemikian rupa di atas nasi yang dibentuk memanjang. Semua bahan makanan seperti ikan, daging, udang, cumi dan lainnya tidak dimasak. Untuk telur biasanya setengah matang. Thegorbalsla menyajikan makanan dengan olesan wasabi sehingga rasanya bercampur antara asam, pedas dan asin ditambah dengan rasa bahan mentah yang berada di atas makanan ini.

 

Sashimi sushi adalah jenis makanan seperti sushi yang tidak menggunakan nasi. Sashimi biasanya adalah ikan mentah yang dipotong tipis menyerupai sushi dan disajikan langsung bersama kecap dan wasabi. Jenis ikan yang digunakan untuk sushi ini adalah tuna yellowfin atau salmon.

pxhere.com

Temaki sushi merupakan jenis sushi yang dibentuk dengan metode gulung tapi tidak rata. Sushi ini memiliki bentuk kerucut kecil yang dibuat dengan nori. Isi dari makanan ini adalah irisan ikan atau telur ikan. Biasanya isian ini mentah sehingga anda harus berhati-hati memakannya. Nasi hangat yang biasanya menjadi bagian dari sushi ini akan menetralisir rasa anyir dari bahan mentah didalamnya sehingga lebih mudah untuk ditelan.

 

Gunkan Sushi merupakan jenis sushi eksentrik lain. Sushi ini dibuat dengan nori yang dibentuk bulat dan diisi dengan bahan lain. Pada jenis sushi ini yang digulung dan dibentuk hanya nori. Bahan lain seperti nasi dan topping diisi kemudian setelah nasi dimasukkan. Bahan campuran makanan sushi ini adalah telur dan landak laut yang terkadang sangat sulit dimakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *