Deskripsi:

Tahukan kamu daun inggu juga dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan? Mari simak penjelasan berikut.

 

Artikel:

Daun inggu berasal dari Afrika yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Biasa ditanam untuk dijadikan tanaman hias, banyak juga yang memnafaatkan daun inggu untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Penasaran? Berikut ulasannya.

Kandungan Daun Inggu

Daun inggu disebut juga  (Ruta angustifolia L Pers). Tanaman ini mengandung katone, asam modic, pinena, bergapten, cineol, flaveol, tannin, edulinine, dan kokusaginin. Kandungan-kandungan tersebut memiliki kandungan asam rutinat yang baik bagi kesehatan badan.

Harus kamu ketahui juga bahwa tanaman ini memiliki racu. Namun walau memiliki racun, kandungan itu sangatlah kecil. Sehingga ketika mengonsumsinya jarang menyebabkan orang keracunan.

Khasiat Daun Inggu

Seperti yang telah diketahui, bahwa daun inggu memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Berikut macam-macam penyakit yang dapat disembuhkan dengan manfaat daun inggu.

  1. Deman dan Masuk Angin

Manfaat pertama dari daun inggu ini yaitu deman dan masuk angin. Untuk cara konsumsinya kamu bisa menyediakan 1/2 genggam herbal inggu, cuci sampai bersih lalu rebus. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 1/4 gelas saja. Dinginkan rebusan tersebut sebelum diminum. Kamu bisa meminumnya 3 kali sehari dengan menambahkan 1 sendok madu dengan takaran 3/4 gelas rebusan inggu.

  1. Kejang-kejang

Cara mengonsumsi daun inggu untuk penderita kejang-kejang, siapkan dulu 15-20 gram daun inggu dan cuci sampai bersih. Seletah itu potong kecil-kecil dan rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Minum 1/2 gelas sebanyak 2 kali dalam sehari.

  1. Melancarkan Sirkulasi Haid

Haid yang tidak lancar merupakan salah satu masalah yang sering dialami wanita. Dengan mengonsumsi rebusan daun inggu dan madu, dapat membantu melancarkan sirkulasi haid wanita.

  1. Eksim dan Gudik

Cara konsumsinya siapkan 20 helai daun inggu, 1 sendok teh beras, dan 1 jari kunyit kemudian cuci hingga bersih. Setelah bersih tumbuk semua bahan hingga halus kemudian tambah sedikit air sampai berbentuk adonan. Gosokan adonan tersebut pada kulita yang terkena gudik secara merata.

  1. Sakit Gigi

Sediakan 3 helai daun inggu dan cuci. Kemudian tumbuk sampai halus. Setelah halus masukan hasil tumbukan tersebut ke gigi yang berlubang dan tutup dengan kapas.

Nah itulah kandungan dan manfaat dari daun inggu bagi kesehatan. Selamat mencoba.