Kerajinan logam dikenal juga dengan nama kriya logam, yaitu sebuah seni kerajinan atau keterampilan untuk membuat barang-barang yang memiliki nilai guna dengan menggunakan logam. Ada banyak jenis-jenis kriya logam yang bisa anda ketahui, ada karya 2 dimensi atau lukisan logam dan ada juga 3 dimensi atau patung logam. Kriya logam menggunakan media logam seperti aluminium, tembaga dan kuningan. Adapun teknik yang digunakan antara lain las, cor, patri dan ketok. Anda bisa membuat kriya logam dengan cara mengerjakan sendiri atau menggunakan jasa pengrajin kuningan, tembaga maupun aluminium. Awal muncul kriya logam sudah ada sejak manusia mengenal tulisan, tepatnya pada zaman perundagian atau pra sejarah. Di zaman dahulu kriya logam tidak banyak seperti sekarang, namun kualitasnyatidak kalah bagus dengan masa sekarang. Adapun kriya logam yang sudah ada sejak zaman dahulu adalah candrasa, nekara, moko, kapak corong, topeng emas dan bejana.

Bahan dan Alat Kerajinan Logam

Sudah dijelaskan di atas bahwa jenis kerajinan logam terbagi menjadi dua, ada yang dua dimensi dan ada yang tiga dimensi.

pxhere.com
  • Dua Dimensi

Dua jenis ini menggunakan alat yang berbeda, disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan. Adapun dua dimensi menggunakan lembaran bahan logam seperti kuningan, aluminium, tembaga dan perak. Menggunakan ballpoint bekas dan menggunakan kertas untuk menggambar sketsa kriya logam.

  • Tiga Dimensi

Adapun tiga dimensi terbagi menjadi beberapa teknik, di antaranya adalah teknik pengecoran. Pada teknik pengecoran menggunakan bahan logam, menggunakan cetakan lelehan logam untuk membuat pola, tungku pembakaran, alat untuk ukir logam dan alat untuk menghaluskan logam. Teknik kedua adalah penempaan, yaitu menggunakan alat tempa seperti palu, tungku pembakaran, alat untuk menghaluskan logam dan sarung tangan.

Pembuatan Kriya Logam

Dalam pembuatan kriya logam terbagi menjadi dua, tergantung dari jenis kerajinan seperti apa yang akan dibuat. Apakah akan membuat logam 2 dimensi atau logam tiga dimensi. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat penjelasan di bawah ini :

pxhere.com
  • Dua Dimensi

Pembuatan kriya logam dua dimensi dengan cara membuat gambar desain terlebih dahulu dengan menggunakan kertas HVS A4. Gambar yang sudah jadi ditempelkan di permukaan bahan logam yang dipakai, contohnya aluminium. Untuk proses pembuatan di aluminium maka menggunakan ballpoint bekas, caranya dengan menekan dan mengikuti garis kontur pada desain gambar yang dibuat. Jika gambarĀ  sudah terbentuk di permukaan aluminium maka kertas dicabut. Permukaan aluminium dibagian bawah dialasi dengan anduk kecil atau busa. Tekan hingga objek gambar terbentuk dan menonjol keluar seperti relief.

  • Tiga Dimensi

Untuk yang tiga dimensi biasanya menggunakan beberapa teknik seperti pengecoran dan penempaan. Untuk teknik pengecoran caranya dengan menyiapkan semua alat yang dibutuhkan. buat cetakan dasar dengan menggunakan bahan seperti lilin yang sudah dibentuk. Cetakan lilin dibungkus sehingga cairan logam tidak akan keluar. Bakar bahan logam di tungku pembakaran hingga logam meleleh. Jika bahan logam sudah cair maka cairan tersebut di tuangkan di dalam cetakan dasar. JUika cairan cetakan sudah mengeras maka logam dapat dikeluarkan dari cetakan dan dilakukan pengeringan. Bahan logam tersebut sudah berbentuk maka lanjut dengan dihaluskan. Bisa juga menggunakan teknik penempaan, caranya dengan menyiapkan semua alat yang dibutuhkan, tentukan bentuk karya yang akan dibuat, gunakan bahan logam yang sesuai dengan bentuk, masukkan logam ke dalam tungku pembakaran, lakukan teknik penempaan dengan memukul logam yang panas dan yang terakhir lakukan penghalusan.

Ada banyak sekali jenis-jenis kerajinan logam yang bisa anda ketahui, di antaranya ada seni kerajinan uang kepeng. Merupakan seni merangkai uang yang berasal dari Bali. Selanjutnya ada seni kerajinan patung Buddha, contohnya patung Ganesha. Juga ada kerajinan pisau, kerajinan ini sering sekali kita temui disekitar kita. Pisau menjadi alat pengrajin yang memiliki fungsi banyak. Namun untuk daerah satu dengan yang lainnya memiliki ciri pisau yang berbeda-beda. Selanjutnya ada juga kerajinan vas bunga, merupakan vas bunga yang terbuat dari kuningan dengan bermacam-macam bentuk. Juga ada banyak motif bermacam-macam dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

pxhere.com

Di zaman modern sekarang ini kriya logam mudah untuk ditemukan, tidak hanya bernilai estetis saja, tetapi banyak kriya logam yang memiliki banyak fungsi. Di antaranya adalah sparepart kendaraan bermotor, ada banyak sekali bagian-bagian motor yang menggunakan bahan logam. masing-masing bagian motor tersebut memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Ada juga kriya logam yang digunakan sebagai perabot rumah tangga, ada banyak contoh perabot rumah tangga yang menggunakan aluminium, besi dan tembaga. Di antaranya ada wajan, panci, sendok, wadah, set kitchen dan masih banyak lagi lainnya. Anda juga bisa menemukan kriya logam yang biasa digunakan sebagai ornament pagar dan teralis. Banyak juga alat-alat listrik yang menggunakan kriya logam dan lainnya. bahkan alat-alat bangunan banyak yang menggunakan bahan logam, besi dan tembaga. Jika anda ingin mendapatkan kriya logam pastikan memilih tempat yang bagus dan dapat dipercaya. Dengan memilih jasa yang bagus maka hasil akan memuaskan, lebih awet dan tahan lamal.