Psikologi merupakan salah satu ilmu dimana mempelajari perilaku pada kejiwaan manusia. Saat ini pun sudah banyak kampus-kampus yang memang menyediakan jurusan Psikologi dan banyak sekali yang memang meminati jurusan ini. Namun masih banyak sekali orang tua yang memang tidak yakin jika anaknya memilih jurusan Psikologi ini karena mereka belum mengetahui atau tidak yakin akan banyaknya peluang kerja dengan lulusan psikologi.

Sebagai ilmu sosial pada jurusan Psikologi ini memiliki sebuah pendalaman ilmu yang bermacam-macam seperti psikologi sosial, perkembangan klinis dan industri. Jadi sebenarnya dengan jurusan Psikologi ini memiliki peluang kerja yang sangat luasbberikut ini prospek lulusan jurusan Psikologi di antaranya :

  • Human resources development (HRD) : ini sebuah profesi yang nantinya bisa anda dapatkan Jika anda lulus dalam jurusan Psikologi. Banyak sekali perusahaan-perusahaan yang memang membutuhkan Divisi HRD mulai dari perusahaan kecil sampai besar bahkan pada perusahaan swasta ataupun pemerintah juga terdapat Divisi HRD. Di mana Divisi HRD ini harus bisa menekuni beberapa pembelajaran seperti mengurusi operasional karyawan, mengurus rekrutmen karyawan, penggajian karyawan, pengembangan sebuah organisasi dan performance management bahkan juga harus bisa training dan development untuk bisa mengembangkan karyawannya.
  • Psikolog : jika anda melanjutkan kuliah di tingkat S2 untuk bisa mendalami psikologi klinis nantinya anda akan mendapatkan sebuah gelar psikolog. Di mana seorang psikolog ini sangat dibutuhkan sekali oleh pemerintah dan perusahaan swasta untuk bisa mengeluarkan hasil tes psikologi yang legal. Anda bekerja di rumah sakit nantinya anda akan menangani beberapa pasien yang memiliki gangguan jiwa atau anak-anak yang memiliki perkembangan mentalnya terganggu.
  • Guru bimbingan konseling : jika anda sangat menyukai anak-anak pastinya anda sangat cocok untuk bekerja di sekolah-sekolah yang nantinya anda sebagai guru BK. Karena di sekolah-sekolah memang sangat membutuhkan guru BK mulai dari tingkat SD sampai dengan SMA. Di mana nantinya tugasnya akan membimbing dan mengkonseling para siswanya yang mungkin siswanya sering mengalami hambatan belajar atau juga untuk bisa membantu memaksimalkan potensi pada anak-anak.

Sebenarnya masih banyak profesi yang lain yang bisa anda kerjakan pada saat nanti anda lulus pada jurusan Psikologi.