Para pembaca yang budiman, yang sedang asik jalan-jalan atau yang sedang merencanakan untuk jalan-jalan. Rasanya tidak afdhol jika Jalan-jalan tanpa foto. Foto-foto di tempat wisata  sudah sering kali dilakukan oleh banyak masyarakat dengan berbagai kalangan baik anak-anak, remaja maupun dewasa. Tidak kalah dengan model kelas atas jeprat-jepret di depan camera dan action dengan berbagai gaya dicoba. Demam foto memang luar biasa, jalan-jalan tanpa foto gak asik. Biasanya foto-foto tersebut hanya sekedar disimpan sebagai kenang-kenangan atau di posting di sosial media. Jangankan pemandangan indah, menu makanan juga sering jadi objek foto. Salah satu kamera yang sering digunakan oleh masyarakat adalah kamera digital. Pepatah mengatakan tak kenal maka tak saying, untuk itu sangatlah penting bagi anda semua para pembaca untuk lebih mengenal tentang kamera digital.

Kamera consumer atau lebih diakrab dengan sebutan kamera digital merupakan kamera kecil yang dapat dimasukkan ke kantong pakaian, tas, dan lain sebagainya. Kamera jenis ini sangatlah cocok untuk mengambil gambar dalam kegiatan sehari-hari atau saat jalan-jalan. Terutama bagi anda yang sedang jalan-jalan dan tidak suka membawa beban berat. Karena kamera ini mempunyai sensor yang berukuran kecil. Kamera digital dilengkapi dengan lensa zoom yang dapat ditarik kedalam maupun keluar body kamera ketika kamera dalam keadaan on. Tidak hanya itu kamera digital juga memiliki fasilitas penutup pada bagian lensa depan ketika lensa dalam keadaan standby atau mati.

www.pexels.com

 

Sejarah singkat kamera digital

Saat menelisik kebelakang sejarah kamera digital dimulai dari perkembangan video tape recorder (VTR) yaitu teknologi perekam gambar di televisi. Pada tahun 1951, kali pertama Bing Crosby Laboratorium merilis versi awal VTR. Dimana VTR ini berfungsi untuk mengambil gambar melalui kamera televisi kemudian gambar tersebut dikonversi ke bentuk digital lalu disimpan ke dalam tape magnetis. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan tibalah pada tahun 1956, kurang lebih 5 tahun dari hasil temuan Bing Crosby Laboratorium, Charles P. Ginsburg bersama dengan Ampex Coorporation menyempurnakan alat VTR serta merilis versi VR1000 yang umumnya digunakan oleh industry televisi. Sejak saat itu lah, kamera video dengan kamera digital memiliki kesamaan dalam penggunaan CC (Charged Couple Device) untuk berkembang pesat.

Sejarah mencatat pada tahun 1981 dimana diperkenalkan oleh sebuah perusahaan yang cukup terkenal di bidang teknologi yaitu sony dengan diperkenalkannya ke dunia sebuah kamera dengan nama Mavica. Disinilah awal pertama kali pemisahan wujud antara kamera digital dengan kamera video terjadi. Kamera digital bekerja dengan merekam gambar ke mini disc kemudian dimasukkan ke dalam video reader yang telah terhubung ke monitor atau televise warna. Secara kinerja Mavica bukanlah kamera digital, lebih tepatnya kamera video yang telah dimodifikasi sehingga mempunyai kemampuan dalam pengambilan foto secara spontan. Setelah perjalanan panjang riset teknologi mengenai kamera, maka sekitar tahun 1990 an kamera digital yang sebenarnya, yaitu dengan layar LC, baru dapat dinikmati oleh masyarakat.

www.pexels.com

Kelebihan dan kekurangan kamera digital

Setiap individu ataupun makhluk hidup tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu pula dengan teknologi yang sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Maka dengan pertimbangan itu anda wajib tahu apa itu kekurangan dan kelebihan dari kamera digital. Dengan anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kamera digital anda dapat memanfaatkan kelebihan yang dimiliki oleh kamera digital anda secara maksimal dan juga dengan mengetahui kekurangan dari kamera digital anda maka anda dapat mengetahui kelemahannya sehingga dapat dengan maksimal dalam segi perawatan. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari kamera digital :

 

  1. Kelebihan kamera digital
  • Hasil pemotretan menggunakan kamera digital dapat dilihat lebih cepat, yaitu melalui layar LCD yang sudah ada pada kamera digital.
  • Hasil gambar atau foto dapat dihapus dan dapat dilakukan pengambilan gambar lagi jika foto atau gambar tidak sesuai keinginan anda dan yang paling penting tidak membutuhkan biaya dalam melakukan hal tersebut.
  • Kamera digital dapat berfungsi untuk melakukan beberapa keperluah semisal, penerbitan, pengiriman jauh atau dekat yang tentunya dalam hal ini membutuhkan bantuan alat elektronik yang lain yang mendukung kamera digital anda untuk melakukan pengiriman data terutama jarak jauh.
  • Harga kamera digital ini relative lebih urah karena kita tidak perlu lagi terkena biaya cuci-cetak terutama saat menghapus, karena kamera digital telah memiliki kemampuan jepret-hapus.
  • Kamera digital dapat memberikan efek-efek khusus pada gambar atau foto yang anda ambil, karena kamera digital telah dilengkapi dengan fitur tersebut, sehingga bagi anda yang awam terhadap dunia fotografi tidak perlu hawatir untuk menggunakannya dan mempperoleh hasil foto yang menakjubkan.
  • Bagi pengguna kamera digital tidak perlu menghawatirkan akan hasil dari foto yang telah anda ambil meskipun dalam jangka waktu yang lama tersimpan. Karena foto yang tersimpan dalam kamera digital bersifat permanen selama anda tidak menghapusnya.
  • Foto tidak mengalami perubahan baik dari sisi warna maupun ketajaman gambar, meskipun anda menyimpannya dalam jangka waktu yang lama.
  • Dapat menggunakan live view. Fitur ini biasanya terdapat dikamera digital keluaran baru. Dengan fitur ini dapat memberi kemudahan ketika dilakukan pemotretan pada sudut yang agak susah. Misalnya mengambil objek yang sejajar dengan lantai.
  • Yang lebih penting dari kelebihan diatas adalah, kamera digital ini ramah terhadap lingkungan. Karena kamera digital tidak menggunakan bahan kimia.
www.pexels.com
  1. Kekurangan kamera digital
  • Harga kamera digital sangat bervariasi. Biasanya mahal dan murahnya kamera digital tergantung dari tingakat resolusi yang dimiliki oleh kamera digital. Semakin tinggi resolusi yang dimiliki oleh kamera digital maka akan semakin mahal dan semakin rendah resolusi maka harga kamera digital semakin murah. Ketentuan ini berlaku bagi semua jenis kamera tidak hanya kamera digital saja.
  • Pengoperasian kamera digital ini menggunakan baterai. Sehingga jika anda tidak memiliki baterai cadangan maka kamera ini tidak akan berfungsi.
  • Saat melakukan percetakan gambar atau foto pada kamera digital perlu alat pendukung yang lain yaitu printer.
  • Terjadi penyimpangan kualitas gambar pada saat dilakukan pemotretan dengan back light yaitu penyinaran yang dilakukan dari belakang atau menentang matahari. Dimana pada gambar diperoleh hasil adanya garis yang berwarna ungu yag melingkari subjek, sehingga hasil tidak sesuai harapan.
  • Nosie dan artifac, yaitu gangguan perekaman gambar secara elektronis. Hal itu terjadi karena suhu operasional pada alat rekam tinggi, dimana setelah ISO tinggi, pengaturan fasilitas penajaman gambar terlalu besar, kompensasi cahaya terlalu besar , dan waktu rekam terlalu panjang. Noise itu sendiri biasanya berbentuk hot pixel, yaitu menjadikan butiran gambar yang lebih besar dan berwarna mencolok.

Jenis-jenis kamera digital

Dalam perkembangannya kamera digital dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis kamera digital :

  1. Kamera poket atau kamera saku

Kamera poket atau kamera saku ukurannya relative kecil dan sangat praktik dibawa bepergian. Kamera ini biasanya digunakan bagi pemula karena kamera ini lebih mudah digunakan. Secara fitur jenis kamera ini sudah diatur secara otomatis, selain itu dari kamera ini sudah tersedia fitur pembuatan video. Dan tidak kalah penting harga kamera ini relative lebih urah dibandingkan dengan kamera jenis DSRL.

  1. Kamera DSLR

Pada kamera ini kualitas gambar sudah tidak diragukan lagi. Dengan sensor yang lebih besar jika dibandingkan dengan kamera poket maka kamera ini perlu wadah atau tas khusus saat membawanya. Harga kamera ini relative lebih mahal. Biasanya kamera ini digunakan oleh para fotografer handal atau professional.

  1. Kamera action

Kamera action adalah kamera digital yang didesain khusus untuk kegiatan-kegiatan yang dilakukan diluar ruangan atau di alam bebas. Karean fungsi kamera yang dapat digunakan di medan berat maka kamera ini lebih tahan bantingan, tekanan air, dan sebagainya. Kamera ini sangat cocok digunakan dalam bidang olahraga, menjelajah alam dan kegiatan ekstrim lainnya.

www.pexels.com

Baterai kamera digital

Pengoperasian kamera digital yaitu menggunakan baterai. Kamera digital berdasarkan baterai yang digunakan dibagi menjadi dua versi. Versi baterai kamera digital akan dijelaskan sebagai berikut :

  1. Baterai charging

Baterai kamera digital yang menggunakan baterai charging sebagai sumber daya ini lebih await dan tidak mudah rusak. Pengisian baterai juga dapat dilakukan dengan mudah. Namun jika baterai kamera anda lemah, kamera digital dengan baterai charging tidak dapat digunakan samapi baterai terisi kembali.

  1. Baterai non charging

Secara umum jenis baterai ini yaitu baterai kering. Ukuran baterai menyesuaikan bentuk atau ukuran baterai pada kamera. Penggunaan baterai ini tidaklah ekonomis karena jika habis baterai tidak dapat digunakan lagi dan harus membeli baterai baru lagi.

Jika anda hanya menggunakan kamera digital untuk berfoto ditempat dekat paling tidak masih terjangkau dengan listrik penulis sarankan menggunakan baterai charging. Karena lebih hemat, ekonomis dan rebih ramah lingkungan. Namun jika anda menggunakan kamera digital untuk berpergian ke tempat jauh dimana tidak ada listrik penulis sarankan menggunakan baterai non charger.

www.pexels.com

Harga sewa kamera digital

Teruntuk anda yang ingin berfoto ria menggunakan kamera digital namun tidak memilikya, dan tidak cukup badget jika membeli, maka tidak perlu hawatir karena anda dapat menyewanya. Tenang saja jasa penyewaan kamera digital sangatlah banyak dan hampir  ada di setiap daerah. Biasanya tempat jasa rental videotron juga menyewakan kamera digital. Soal harga menyewa tidak usah khawatir karena lebih terjangkau. Yang pasti disetiap tempat sewa harga sewa kamera digital relative berbeda. Biasanya biaya penyewaan kamera digital tergantung lamanya seberapa lama anda menyewa. Biasanya harga sewa dihitung selama 24 jam. Semakin lama waktu anda menyewa, maka semakin banyak biaya sewa yang dikeluarkan. Jadi jika anda tidak ingin membeli maka anda dapat menyewa kamera digital di tempat sewa.

Setelah mengenal sangat dalam seluk beluk dari kamera digital tentu saja kamera ini dapat menjadi pilihan anda untuk menemani setiap perjalanan anda. Mengingat kamera ini dapat digunakan baik oleh fotografer ahli maupun yang ingin belajar menjadi fotografer professional. Jadi bagi anda yang ingin menjadi fotografer atau hobi berfoto-foto camera digital dapat diandalkan. Pokoknya gak akan rugi menggunakan kamera digital dalam berfoto karena kamera digital tidak akan mengecewakan.