Siapa yang tidak mengenal kurma? Buah dengan cita rasa manisnya yang khas ini menjadi satu dari sekian buah yang paling digandrungi oleh banyak orang. Buah kurma sendiri banyak dicari terutama oleh masyarakat Muslim di seluruh dunia. Kurma banyak dikonsumsi oleh orang-orang sebagai makanan pembuka saat berpuasa. Kurma memiliki kandungan gula yang cukup banyak sehingga menjadi makanan yang cocok untuk buka puasa. Berbuka menggunakan buah kurma juga di sunnahkan oleh Nabi. Sehingga kurma banyak dikonsumsi oleh orang-orang Muslim saat musim puasa atau saat Ramadhan.  Di dunia ini ada banyak sekali macam kurma yang banyak dicari dan populer di kalangan masyarakat.

Jenis Kurma yang Banyak Dikonsumsi Oleh Muslim di Dunia

Pada dasarnya, ada banyak sekali macam-macam kurma yang ada di tanah Arab. Sedikitnya, ada sekitar 400 macam kurma yang dihasilkan di wilayah Timur Tengah. Namun, hanya beberapa kurma saja yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di dunia sehingga kurma-kurma ini cukup terkenal di seluruh dunia. Selain itu, setiap macam kurma juga memiliki ciri-ciri serta cita rasa tersendiri. Seperti beberapa macam kurma berikut ini merupakan kurma yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Muslim seantero dunia.

www.maxpixel.net
  • Kurma Ajwa

Macam buah kurma yang pertama yaitu kurma Ajwa. Kurma ini merupakan salah satu jenis kurma yang dijual dengan harga cukup mahal. Tak sedikit orang menyukai kurma yang satu ini dan menyebutnya dengan ‘Kurma Nabi’. Harganya yang cukup mahal ini sangat sebanding dengan cita rasa yang dihasilkan. Rasa dari kurma Ajwa sangatlah manis dan masam. Bentuknya yang kecil dan warnanya yang gelap juga sangat mirip dengan kismis. Kurma yang satu ini banyak tumbuh di tempat dengan tingkat kekeringan yang cukup tinggi seperti di kota Madinah dan sebagian besar wilayah Arab Saudi. Namun untuk mencari kurma yang satu ini sudah tidak sulit lagi. Anda tidak perlu ke kota Arab untuk mencari kurma Ajwa. Pasalnya, saat ini sudah banyak sekali yang jual kurma Ajwa di seluruh dunia. Harga jual kurma Ajwa memang sangat mahal dibanding jenis buah kurma yang lainnya. Hal ini disebabkan oleh kurma ini menjadi salah satu jenis buah kesukaan Rasulullah Muhammad SAW. Sehingga tidak salah jika kurma ini disebut sebagai kurma nabi.

  • Kurma Kholas

Selain kurma Ajwa yang banyak tumbuh di tanah Arab, jenis buah kurma Kholas juga banyak tumbuh di tanah Arab Saudi. Kurma yang satu ini memiliki ciri-ciri yang cukup berbeda dengan kurma Ajwa. Kurma Kholas memiliki warna kulit dan daging buah yang cukup terang sehingga sering dikira sebagai caramel saat sudah matang. Warnanya yang kuning kecoklatan ini juga memiliki tekstur lebih lengket dibandingkan dengan kurma Ajwa yang cukup kering. Kurma Kholas memiliki cita rasa yang cukup manis layaknya caramel dan tekstur daging buah yang cukup lembut. Tingkat kemanisan yang dimiliki kurma Kholas tidak semanis kurma Ajwa sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang tidak terlalu menyukai makanan manis untuk berbuka puasa.

  • Kurma Barhi

Jenis buah kurma yang lainnya yaitu kurma Barhi. Kurma yang satu ini mirip dengan kurma yang masih muda. Kurma muda memiliki warna yang cukup terang. Kurma Barhi berwarna kuning meskipun sudah matang. Buah kurma yang satu ini juga banyak disukai oleh masyarakat Muslim baik di Indonesia maupun seantero dunia. Cita rasa manisnya yang khas inilah yang menjadi salah satu incaran para Muslim. Salah satu hal yang membedakan kurma Barhi dengan kurma yang lainnya yaitu bisa disimpan dalam kurun waktu yang cukup lama. Bahkan kurma ini bisa bertahan meskipun sudah disimpan selama berbulan-bulan.

www.pexels.com
  • Kurma Mozafati

Kurma Mozafati ini memiliki ciri-ciri dengan warna gelap yang menyerupai kurma Ajwa. Kurma ini banyak dibudidayakan di daerah Iran khususnya di wilayah Kerman. Selain disebut dengan kurma Mozafati, kurma ini juga banyak dikenal dengan sebutan kurma Bam. Rasa dari kurma ini cukup manis dan teksturnya lembut seperti kurma Kholas. Kurma Bam atau Momzafati ini hampir sama dengan kurma Barhi yang bisa disimpan selama berbulan-bulan. Kurma Mozafati juga bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama dengan suhu dibawah 5 derajat celcius.

  • Kurma Majol

Kurma tidak hanya banyak tumbuh di daerah Arab dan Turki saja. Kurma juga banyak tumbuh di wilayah Maroko, Israel dan Jordan. Salah satu kurma yang tumbuh di wilayah tersebut yaitu kurma Majol. Kurma ini memiliki tekstur cukup berair dibandngkan dengan jenis buah kurma yang lainnya. Pada umumnya, kurma memiliki tektur cukup kering dan berserat. Namun, kurma Majol merupakan salah satu kurma dengan kandungan air yang cukup banyak sehingga tekturnya cukup lembek. Selain itu, kurma ini juga memiliki bbentuk cukup besar dibandingkan dengan kurma yang lainnya. Rasa yang dihasilkan kurma yang satu ini juga sangat manis sehingga sangat cocok untuk berbuka puasa.

  • Kurma Deglet Noor

Bagi Anda yang mencari kurma dengan kualitas unggul, kurma Deglet Noor bisa menjadi salah satu jenis buah kurma yang Anda pilih. Kurma dengan ciri-ciri berwarna kuning hingga keemasan ini merupakan salah satu bibit unggul. Kurma ini sangat mudah untuk dikenali karena warnanya yang seperti cahaya matahari. Citarasa dari kurma ini juga sangatlah enak. Kurma ini memiliki citarasa manis yang tidak terlalu pekat serta kurma Deglet Noor memiliki tekstur daging yang cukup lembut. Kurma ini banyak sekali dibudidayakan di negara-negara Timur seperti Algeria, Libya dan Tunisia. Bahkan, kurma ini juga bisa dibudidayakan di daerah Amerika.

www.maxpixel.net
  • Kurma Halawi

Kurma Halawi atau kurma Holwah merupakan salah satu jenis buah kurma yang paling manis. Dibandingkan dengan kurma Ajwa atau kurma Nabi, kurma Halawi memiliki citarasa yang sangat manis. Kurma ini memiliki warna yang hampir sama denagn kurma Ajwa yaitu berwarna pekat. Namun, daging buah kurma ini berwarna coklat. Kurma ini juga memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kurma Nabi sehingga sangat mudah untuk dibedakan.

  • Kurma Zaghloul

Selain kurma Ajwa yang dijual dengan harga cukup mahal, varietas kurma lainnya yang dijual dengan harga cukup mahal yaitu kurma Zaghloul. Kurma ini memiliki ciri-ciri berbentuk cukup lonjong dan berwarna kemerahan. Kurma ini rasanya juga sangat manis dan banyak dikonsumsi oleh orang-orang tertentu. Harganya yang cukup mahal inilah yang membuat kurma ini memiliki pasaran tersendiri.

Itulah beberapa jenis buah kurma yang paling populer di seluruh dunia. Buah yang satu ini selain identic dengan ramadhan, mengkonsumsi kurma setiap hari juga bisa menjaga kesehatan tubuh Anda. Pasalnya, buah yang satu ini memiliki manfaat yang cukup banyak untuk tubuh. Mulai dari menjaga imunitas tubuh hingga meningkatkan kesehatan otak dan jantung.