pexels.com

5 Jenis Kopi Indonesia Yang Mendunia

Kopi adalah salah satu jenis minuman yang digemari oleh banyak orang. Dengan meminum kopi, biasanya seseorang akan lebih segar dan lebih semangat untuk menjalani aktivitasnya. Kopi juga merupakan salah satu hasil perkebunan terbesar di Indonesia yang tentunya bisa menjadi salah satu sumber penghasilan bagi beberapa orang.

Perkebunan kopi di Indonesia bisa dibilang maju karena iklim Indonesia cocok dengan lingkungan hidup yang dibutuhkan kopi. Selain itu, tanah Indonesia yang subur akan membuat hasil panen tanaman kopi menjadi sangat berkualitas. Nah, jika anda memang benar-benar penikmat kopi sejati, anda tentu akan tahu jenis kopi Indonesia apa saja yang menjadi favorit di dalam negeri ataupun di mancanegara. Untuk mengetahuinya, berikut adalah beberapa jenis hasil kopi Indonesia yang sangat terkenal bahkan sampai ke mancanegara.

  1. Kopi Gayo Aceh

Kopi Indonesia pertama yang sangat terkenal adalah kopi gayo aceh. Kopi yang satu ini berasal dari Aceh sehingga disebut kopi gayo aceh. Sementara itu gayo diambil dari nama suku di Aceh yang sumber penghasilan utamanya adalah berkebun kopi. Jika anda memang pecinta kopi, maka anda pasti akan tahu bahkan mungkin pernah mencicipi kopi yang satu ini. Kopi gayo aceh ini juga diminati di luar negeri sehingga menjadi kopi yang paling banyak diekspor ke luar negeri. Kopi gayo aceh memiliki rasa dan aroma yang khas. Rasa kopi ini sangat pahit dengan tingkat kemasaman yang rendah. Walaupun rasanya pahit, kopi gayo aceh juga memiliki rasa gurih sehingga akan membuat nikmat pada setiap seduhannya. Kopi yang satu ini sangat mudah ditemui karena sudah dijual di berbagai daerah di Indonesia. Kemasannya juga menarik karena biasanya menggunakan mesin pengemas otomatis sehingga lebih modern dan masa kini.

pexels.com
  1. Kopi Luwak

Kopi Indonesa yang kedua dan tidak kalah terkenal dari kopi gayo aceh adalah kopi luwak. Kopi yang satu ini sangat identik dengan hewan musang atau luwak karena memang berasal dari kotoran hewan tersebut. Luwak memang mengkonsumsi biji kopi, sehingga kotoran yang dihasilkan terkadang masih berbentuk biji kopi karena proses pencernaan yang kurang sempurna. Kopi luwak ini aromanya sangat khas dan menjadi makin hits akhir-akhir ini karena mulai dikemas dalam kemasan kopi siap saji. Kopi yang satu ini juga erat kaitannya dengan masa penjajahan Belanda karena pembuatannya dimulai dari para petani pribumi yang kurang puas dengan aturan pemerintaham Belanda tentang konsumsi kopi.

  1. Kopi Jawa

Kopi terkenal Indonesia yang ketiga adalah kopi Jawa. Pulau Jawa memang menjadi pulau terbesar penghasil kopi di Indonesia. Kopi yang berasal dari jawa biasanya adalah kopi arabika yang memiliki aroma dan rasa yang khas. Kopi Jawa diperjual belikan dengan harga yang beragam mulai dari yang murah sampai yang mahal. Semua bisa anda nikmati tergantung dari selera dan budget yang anda miliki.

  1. Kopi Bali Kintamani

Selain kopi Jawa, jenis kopi Indonesia lain yang tak kalah terkenal adalah kopi bali kintamani. Kopi yang satu ini terkadang memiliki rasa mirip buah jeruk karena memang media penanamannya tumpang tindih. Karena tumpang tindih, maka penanaman kopi yang satu ini ditanam dengan sayur atau buah-buahan yang lain. Hal inilah yang membuat kopi kintamani memiliki rasa yang khas. Kopi yang satu ini juga bisa menjadi sebuah cenderamata untuk kerabat anda ketika anda sedang berlibur di pulau Dewata Bali.

  1. Kopi Sulawesi

Selain kopi dari pulau jawa, bali dan sumatera, ada juga kopi yang berasal dari pulau Sulawesi. Kopi sulawesi juga sangat terkenal di Indonesia bahkan mancanegara. Kopi yang satu ini ditanam dengan metode kering dan biasanya berasal dari daerah Toraja. Kopi sulawesi ditanam di atas dataran tinggi yang memiliki tinggi 1.500 meter di atas permukaan laut. Kopi yang satu ini juga memiliki kualitas yang sangat baik karena proses penyortirannya dilakukan dengan menggunakan tangan sehingga akan sangat terlihat mana kualitas yang baik dan mana yang kurang baik.

Nah itu hanya beberapa jenis dari kopi Indonesia yang sangat terkenal. Sebenarnya masih ada banyak lagi kopi Indonesia yang terkenal dan tentunya nikmat untuk diminum. Kualitas kopi Indonesia memang tidak kalah dari kopi luar negeri bahkan bisa dibilang kopi Indonesia adalah kopi terbaik di seluruh dunia.

pexels.com

Manfaat Jenis Kopi Hitam dan Kopi Hijau

Terkadang orang akan sangat khawatir saat meminum kopi karena efek sampingnya bisa merusak kesehatan. Padahal sebenarnya, kopi ini bisa sangat baik untuk tubuh manusia. Mengkonsumsi kopi pada tingkatan yang berlebihan memang membuat badan menjadi tidak sehat dan bisa saja terserang penyakit yang serius. Namun jika anda membaca beberapa informasi yang terpercaya, anda bisa menemukan banyak manfaat dari kopi. Manfaat setiap jenis kopi juga berbeda karena kopi bisa bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat dari kopi hitam dan kopi hijau yang biasanya anda konsumsi.

  1. Manfaat untuk kesehatan

Jika anda tahu, sebenarnya kopi hitam bisa bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Mengapa bisa demikian? Karena kopi hitam mengandung banyak kafein yang akan meningkatkan fungsi otak anda. Dengan meminum kopi, anda juga akan lebih terjaga dan kantuk yang anda rasakan akan berkurang bahkan menghilang. Selain baik untuk meningkatkan fungsi otak, kopi hitam juga baik untuk meningkatkan mood anda. Adanya kafein kembali menjadi salah satu alasan mood anda akan menjadi bagus setelah meminum kopi. Walaupun kafein ini menyebabkan kecanduan, namun anda tidak akan mengalami halusinasi seperti yang dirasakan jika anda mengkonsumsi kokain atau ekstasi. Nah manfaat lain kopi untuk kesehatan adalah bisa meredakan sakit kepala sementara. Jika anda tiba-tiba merasakan sakit kepala yang sangat, maka anda bisa meminum kopi untuk meredakannya. Daripada meminum obat yang banyak mengakibatkan efek samping, kopi jauh lebih baik untuk meredakan sakit kepala anda. Kemudian kopi ternyata juga bermanfaat untuk mencegah penyakit parkinson dan alzheimer. Kedua penyakit tersebut belum ada obatnya sehingga akan sangat berbahaya jika menyerang seseorang. Kopi hitam ternyata bisa membuat anda mengurangi resiko terkena penyakit parkinson dan alzheimer. Ternyata kopi sangat bermanfaat ya untuk kesehatan.

  1. Manfaat untuk kecantikan

Selanjutnya adalah manfaat kopi hitam dan kopi hijau untuk kecantikan. Kopi hitam atau kopi hijau bisa dijadikan krim wajah agar wajah menjadi kencang dan cerah. Selain itu, kopi juga bisa membuat kerutan wajah berkurang. Mata panda yang terkadang membuat anda kurang percaya diri juga bisa hilang jika anda rutin memakai kopi sebagai masker wajah. Jika anda mempunyai masalah sel kulit mati, maka kopi juga bisa mengatasinya. Antioksidan yang terdapat pada kopi membuat sel kulit mati anda menjadi terangkat dan anda pun akan terlihat lebih awet muda. Tidak hanya sampai disitu, jika anda merasa berat badan anda berlebih sehingga anda menjadi kurang percaya diri, kopi hijau bisa membantu anda mengurangi berat badan anda. Ya, sudah banyak yang tahu bahwa kopi hijau bisa menjadi suplemen diet yang aman dan tanpa efek samping. Tidak hanya dalam bentuk yang bisa diseduh, kopi hijau untuk suplemen diet juga disediakan dalam bentuk pil dan bubuk instan. Sehingga anda bisa memilih sesuai dengan keinginan anda.

Nah itu ada beberapa manfaat dari kopi untuk kesehatan dan kecantikan. Anda bisa mengkonsumsi kopi untuk kesehatan dan kecantikan dengan kapasitas yang tidak berlebihan karena jika berlebihan bisa berbahaya untuk diri anda.

pexels.com

Bahaya Kopi Jika Dikonsumsi Secara Berlebih

Kopi memang bisa membuat kecanduan sebagian orang. Jika anda mengkonsumsi jenis kopi apapun secara berlebihan, maka anda juga bisa mengalami hal yang buruk akibat terlalu banyak meminum kopi. Sebagian orang memang mengkonsumsi kopi dengan sangat berlebihan. Apalagi sekarang sudah ada mesin kemasan otomatis kopi yang membuat pecandu kopi bisa dengan mudah membeli kopi. Ditambah dengan banyaknya kedai kopi yang menyediakan tempat nyaman sembari meminum kopi, tentu akan membuat pecandu kopi semakin ketagihan. Dari banyaknya manfaat kopi, ternyata kopi juga menyimpan banyak bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut beberapa bahaya kopi bagi anda yang terlalu banyak mengkonsumsi kopi.

  1. Insomnia

Kopi memang membuat anda terjaga karena kafein yang ada didalamnya. Namun terkadang anda justru dengan sengaja meminum banyak kopi agar produktivitas anda bisa meningkat di malam hari. Hal ini tentu tidak akan baik untuk kesehatan karena pada malam hari, semua organ tubuh harusnya beristirahat.

pexels.com
  1. Darah Tinggi

Bahaya lain jika anda terlalu banyak mengkonsumsi kopi adalah darah tinggi. Jika anda memang seorang penderita darah tinggi, maka sebaiknya hindari meminum kopi. Hal ini karena kafein yang ada dalam kopi akan membuat kekakuan pada arteri besar sehingga tekanan darah akan meningkat.

  1. Detak Jantung Lebih Cepat

Bagi orang yang bermasalah dengan kesehatan jantung, maka dianjurkan untuk tidak meminum kopi secara berlebihan. Hal ini karena bisa menyebabkan detak jantung anda berdetak lebih cepat.

  1. Meningkatnya Asam Lambung

Kafein kembali menjadi masalah jika anda mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Kafein bisa meningkatkan produksi asam lambung secara signifikan sehingga sangat berbahaya untuk penderita asam lambung dan maag.

  1. Kolestrol Meningkat

Bahaya lain dari mengkonsumsi kopi secara berlebih adalah kolestrol. Kolestrol bisa meningkat akibat adanya minyak terpene yang ada didalam kopi. Jadi jangan berlebihan mengkonsumsi kopi karena kolestrol bisa cepat meningkat. Beberapa penelitian juga sudah membuktikan bahwa jika anda mengkonsumsi lima cangkir kopi dalam sehari, maka kolestrol anda akan meningkat sebesar 8 persen. Bagaimana? Sangat berbahaya bukan jika kolestrol anda meningkat?

Poin-poin di atas hanyalah beberapa masalah yang dapat anda rasakan jika anda mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Masih ada bahaya lain jika anda mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Mengkonsumsi berbagai jenis kopi memang nikmat dan akan membuat pikiran kita menjadi lebih segar.

 

Tetapi hal apapun jika dikonsumsi secara berlebihan, maka akibatnya tidak akan pernah baik. Jadi jika anda sudah berlebihan dalam mengkonsumsi kopi, cobalah untuk menguranginya agar tidak merasakan bahaya yang ditimbulkan dari mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Kesehatan anda menjadi hal yang sangat, jadi jangan remehkan kebiasaan kecil seperti berlebihan dalam meminum kopi karena akibatnya bisa sangat fatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *