Jenis-jenis Burung Srigunting yang Cerdik di Indonesia

 

Deskripsi :

Pernah mendengar burung yang memanfaatkan suaranya untuk mendapatkan makanan secara licik? Itulah dia burung srigunting yang jenisnya beragam. Ketahui apa saja jenisnya di sini ya.

Artikel :

Salah satu burung kicau di Indonesia yang memanfaatkan suaranya untuk mendapatkan makanan adalah burung srigunting. Burung satu ini akan menirukan suara predator agar dapat merebut makanan yang dibawa oleh burung lain. Kemampuan ini dilakukan jika burung srigunting berada di habitat aslinya. Burung yang termasuk dalam family Dicruridae ini tersebar di berbagai wilayah. Jenisnya pun beragam. Kali ini akan dipaparkan apa saja jenis burung srigunting di Indonesia

Jenis-jenis Burung Srigunting yang Cerdik di Indonesia

Salah satu ciri fisik dari burung srigunting adalah memiliki jambul. Sebenarnya, jambul ini merupakan perpanjangan bulu. Beberapa jenis ada yang tidak memiliki jambul, khususnya saat belum memasuki usia dewasa. Inilah beberapa jenis burung srigunting yang ada di Indonesia

  1. Burung Srigunting Bukit

Nama lain dari burung srigunting bukit adalah srigunting gunung. Ukuran tubuh burung jenis ini cukup besar, yakni 26 cm. Warna tubuh hitam mengkilap dengan ekor yang panjang. Ada 2 buah antena di ujung ekor. Mata burung berwarna merah dengan paruh dan kaki berwarna hitam pula. Srigunting satu ini sama seperti burung srigunting pada umumnya, yakni kerap menyerang burung lain misalnya burung elang dan burung gagak.

  1. Burung Srigunting Kelabu

Burung srigunting jenis ini memiliki ukuran besar, yakni dengan panjang 29 cm. Ekor burung juga panjang dan memiliki cabang. Warna tubuh biasanya sedikit kusam dengan paruh dan kaki berwarna hitam. Burung srigunting kelabu merupakan jenis yang banyak dijumpai di Indonesia, misalnya di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan dan Timor. Kicauan burung ini cukup keras, bahkan mampu menirukan suara kucing.

  1. Burung Srigunting Gagak

Burung satu ini memiliki ukuran tubuh yang besar jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Ukuran tubuh mencapai panjang 32 cm. Salah satu ciri khasnya adalah warna bulu hitam mengkilap. Ekornya pun terbilang panjang. Terbelah di bagian ujung ekor dengan ujung bulu menekuk keluar.

Sebagian dari jenis ini memiliki jambul, yakni bulu yang menyerupai rambut panjang pada mahkota. Bagian iris mata dari burung srigunting gagak berwarna putih atau merah. Penyebaran jenis ini cukup merata di Kepulauan Mentawai, Jawa, Bali dan Kalimantan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *