Siapa yang tidak ingin kesempatan kuliah gratis dengan peluang langsung bekerja setelah lulus? Inilah alasan mengapa Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) dijadikan sebagai tempat kuliah idaman oleh para calon mahasiswa. Dengan biaya kuliah yang ditanggung negara selama 3 tahun, ada berbagai jurusan PKN STAN yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Daftar Jurusan yang Dibuka di PKN STAN

Sekolah kedinasan ini memang dijadikan sebagai salah satu idaman lulusan SMA atau sederajat lantaran jaminan mendapat lapangan pekerjaan setelah lulus kuliah. Selain itu, jurusan yang dibuka juga terbilang lengkap meskiun syarat untuk bisa masuk ke PKN STAN terkenal berat dan sangat ketat. Berikut ini daftar jurusan dan Prodi yang ada di PKN STAN

Jurusan Akuntansi

Akuntansi merupakan proses pencatatan serta pelaporan berbagai transaksi keuangan dari sebuah entitas. Di STAN, terdapat tambahan mata kuliah untuk bidang pemerintahan antara lain Hukum Keuangan Negara, Keuangan Publik, Akuntansi Pemerintahan dan sebagainya. Ada pilihan strata D4 Akuntansi dan D3 Akuntansi yang dapat dipilih.

Jurusan Pajak

Di STAN, terdapat tambahan seperti administrasi/tata usaha pihak pemungut pajak berikut hubungannya terhadap keuangan negara selain halnya mata kuliah perpajakan pada umumnya. Alumni jurusan Pajak umumnya akan ditempatkan ke Ditjen Pajak. Ada pilihan D3 Pajak, D3 Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai dan D1 Pajak yang bisa dipertimbangkan calon mahasiswa.

Jurusan Kepabeanan dan Cukai

Perlu diketahui bahwa kuliah di jurusan ini menerapkan sistem semi militer sebab kemungkinan penempatan di area pelabuhan maupun perbatasan yang tak menutup kemungkinan harus mampu menangani penyelundup dan ancaman lain. Tersedia strata D3 dan Di untuk Kepabeanan dan Cukai.

Jurusan Manajemen Keuangan

Kebendaharaan Negara (D3); yang memiliki beberapa unsur penting yang harus dipelajari selama menempuh kuliah pada jurusan ini, yakni perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan penggunaan uang negara.

Kebendaharaan Negara (D1)

Manajemen Aset (D3); yang akan berkutat pada mata kuliah hukum seputar topik piutang lelang negara dan penilaian aset juga properti.

Perlu diingat bahwa negara memang akan menanggung biaya kuliah, namun untuk beberapa biaya lain perlu ditanggung oleh mahasiswa sendiri, diantaranya biaya pendaftaran, biaya daftar ulang dan biaya wisuda. Demikianlah informasi tentang jurusan PKN STAN yang mungkin perlu Anda ketahui untuk dipertimbangkan selanjutnya. Semoga bermanfaat.