Topik mengenai sebuah wacana akan diterapkannya jaringan 5G secara menyeluruh tengah menjadi perbincangan hangat. Baru-baru ini jaringan 5G memang sedang di lakukan uji coba oleh beberapa operator seluler yang ada di Indonesia. 5G merupakan sebuah konsep teknologi yang tengah dipersiapkan dan telah menjadi rencana yang diharapkan dapat terlaksana pada tahun 2022 mendatang. Menilik dari pengalaman sebelumnya, pada saat Indonesia berusaha menerapkan layanan 4G yang hingga sampai kini masih terdapat banyak kendala, maka banyak yang memprediksi bahwa penerapan akan pengembangan teknologi komunikasi dalam hal ini adalah layanan 5G berpotensi mengalami hal yang tidak jauh berbeda dengan pada saat Indonesia menerapkan jaringan 4G. Pengembangan jaringan 5G oleh operator penyedia jaringan di Indonesia telah berada pada tahap uji coba.

Uji coba jaringan 5G oleh operator seluler di Indonesia

Uji coba penerapan jaringan 5G telah dilakukan oleh beberapa operator seluler demi memperoleh data yang digunakan untuk melakukan evaluasi guna mencapai target yang telah ditetapkan. Terhitung telah 3 operator seluler ternama di Indonesia yang telah melakukan uji coba teknologi 5G di lapangan.  Penerapan jaringan 5G diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Telkomsel

Perusahaan penyedia layanan jaringan PT. Telekomunikasi Seluler Indonesia sudah melakukan uji coba jaringan 5G sejak 2018 lalu. Uji coba yang dilakukan oleh Telkomsel sendiri bahkan dilaksanakan pada saat perhelatan Asian Games dimana Indonesia pada saat itu menjadi tuan rumah penyelenggaraan even olahraga tingkat Internasional tersebut. Telkomsel melakukan uji coba pada pendayagunaan bus otonom, yakni bus yang dapat berjalan tanpa sopir dengan memanfaatkan perkembangan teknologi kendali jarak jauh melalui jaringan 5G

  1. XL Axiata

Tidak ingin tertinggal pada era kemajuan teknologi dunia komunikasi, XL Axiata menggelar uji coba jaringan 5G pada agustus 2018 lalu tepatnya disekitar wilayah Kota Tua di Jakarta melalui pelayanan publik yakni pada sektor pengelolaan lingkungan berbasis teknologi digital.

  1. Indosat Ooreedoo

Bekerja sama dengan Ericson, Indosat Ooreedoo melakukan uji coba 5G dengan sebuah hasil mampu menembus kecepatan 10Gbps.