www.pexels.com

Hari Libur di Indonesia

Entah siapa saja, dari anak muda hingga orang tua. Dari yang masih menginjak sekolah, hingga kuliah bahkan yang sudah hingar bingar di dunia kerja pasti bertanya-tanya kapan hari libur tiba? Eit, apa benar begitu? Pada kenyataannya iya. Kecuali yang memang mengalami semacam gila kerja. Maka, hari libur malah semacam hambatan atau ganjalan. Tapi, selain dari tipe orang yang  yang gila kerja ini. Rasanya akan memiliki pertanyaan yang sama, yaitu kapan hari libur di indonesia. Bahkan dipenghujung tahun ini yang mana sebentar lagi kita akan berganti tahun dari tahun 2018 menuju tahun baru yaitu tahun masehi 2019 sudah ada lho yang mengintip kapan saja hari libur untuk tahun mendatang. Katayaya ingin mengambil Paket Wisata Malang di tahun 2019. Apa iya? Ya begitulah kenyataannya…hehehe. Untuk itu, mari kita berkenalan dengan hari libur di Indonesia.

www.pexels.com

Hari Libur di Indonesia

Menurut pengamatan dan penelitian kecil-kecilan yang kita adakan hari-hari libur yaitu hari libur di Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki hari libur nasional terbanyak dibandingkan dengan hari libur nasional negara lain. Disatu sisi memang ini tidak bagus ya, buat kinerja dan performa dari hasil kerja masyarkat Indonesia. Tapi beginilah cara pemerintah kita mengakomodir berbagai macam suku, agama dan kultur bangsa Indonesia.

Tapi, baiklah terlepas bagaimana dan kenapa banyak sekali hari libur nasional dinegara kita tercinta ini. Dirasa perlu rasanya berbagai informasi hari apa saja dan kapankah hari libur nasional di negara Republik Indonesia tercinta ini khususnya di tahun 2019. Setidaknya Anda bisa menyusun rencana dengan baik bahkan jauh-jauh hari sehingga liburan Anda tepat guna dan berfaedah. Bahkan Anda juga bisa menyusun target-target yang hendak Anda capai sebelum Anda menyisihkan waktu untuk memasuki hari libur. Bahkan Anda bisa mengembalikan tingkat fokus Anda dan motivasi kerja untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Langsung saja ya, kita paparkan hari libur di Indonesia berdasarkan bulan-bulan masehi yang terhitung sebagai liburan nasional pada tahun 2019 sebagai berikut ini:

  1. Bulan Januari

Kita mulai dari bulan Januari. Pada bulan Januari kita akan langsung mengawali liburan nasional pada pembukaan tahun atau tahun baru masehi yaitu pada tanggal 1 Januari. Setiap tanggal 1 januari dijadikan sebagai hari libur di Indonesia. Pun dijadikan sebagai hari libur nasional. Pada tahun 2019 yang akan kita jumpai beberapa hari lagi. Kita hanya bertemu hari libur pada tanggal 1 Januari. Selebihnya adalah hari libur reguler yaitu hari minggu.

  1. Bulan Februari

Pada bulan januari, kita bertemu lagi dengan hari libur nasional. Yaitu tepatnya pada tanggal 5 februari. Sebenarnya ini merupakan perhitungan hari libur menurut perhitungan tahun imlek yaitu tahun baru imlek ke 2570 kongzili. Kebetulan hasil perhitungan tahun imlek kongzili ini bertepatan dengan tanggal 5 februari di tahun 2019.

  1. Bulan Maret

Setelah bulan Februari, maka kita beranjak ke bulan Maret. Di bulan Maret ini kita bertemu lagi dengan hari libur nasional yaitu bertepatan pada tanggal 7 Maret 2019. Hari libur nasional ini merupakan hari libur nasional sebagai perayaan hari Raya Nyepi. Pada hari raya ini adalah hasil dari perhitungan tahun Saka yang mana pada tahun  2019 telah sampai pada perhitungan 1941 tahun Saka.

www.pexels.com
  1. Bulan April

Selanjutnya adalah bulan April. Pada bulan April ini terdapat dua hari libur nasional yaitu pada tanggal 3 April 2019. Tanggal 3 April ini merupakan perayaan dalam rangka  memperingati Isra’ Mikraj Nabi Muhammad SAW. Hari memperingati Isra’ Mikraj ini merupakan salah satu hari yang bersejarah bagi umat Islam. Adapun dasar perhitungannya berdasarkan kalender hijriyah yang mana diperingati setiap tanggal 27 Rajab dalam perhitungan kalender hijriyah. Hasil perhitungan kalender hijriyah tanggal 29 Rajab ini bertepatan dengan 3 April 2019.

Selain tanggal 3 April, di bulan ini juga terdapat hari libur nasional yang lain yaitu pada tanggal 19 April yang diperingati sebagai hari wafatnya Isa Al-Masih. Hari wafatnya Isa Al-Masih ini merupakan hari besar umat Kristiani.

  1. Bulan Mei

Pada bulan Mei terdapat tiga hari libur nasional yaitu pertama, pada tanggal 1 Mei yang mana diperingati sebagai Hari Buruh Internasional. Kedua, pada tanggal 19 Mei yang merupakan peringatan hari Raya Waisak. Hari Raya Waisak merupakan peringatan tahun baru Waisak yang ke 2356. Ketiga, tanggal 30 Mei 2019 yang diperingati sebagai hari Kenaikan Isa Al-Masih yang mana ini merupakan hari besarnya uma kristiani.

  1. Bulan Juni

Selanjutnya kita masuk ke bulan Juni. Pada bulan Juni di tahun 2019 terdapat 6 hari libur nasional yang dibagi ke dalam 4 periode. Pertama, pada tanggal 1 Juni yang diperingati sebagai hari Kesaktian pancasial. Kedua, tanggal 3-4 Juni 2019 sebagai hari cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Ketiga, 5-6 Juni 2019 libur nasional dalam rangka hari Raya Idul Fitri 1440 H. Keempat, 7 Juni 2019 libur nasional dalam rangka cuti bersama hari Raya Idul Fitri 1440 H.

  1. Bulan Juli

Pada bulan ini yaitu Juli 2019 tidak terdapat libur nasional melainkan hari Minggu sebagai hari libur reguler.

www.pexels.com
  1. Bulan Agustus

Selanjutnya kita beranjak ke Bulan Agustus 2019 kita akan bertemu dengan hari libur nasional yang jatuh pada tangga 11 Agustus dan 17 Agustus 2019. Pada Tanggal 11 Agustus merupakan hari raya umat Muslim yaitu Hari Raya Idul Adha 1440 H. Sedangkan pada tanggal 17 Agustus merupakan hari dalam rangka memperingati Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  1. Bulan September

Setelah berpisah dengan bulan Agustus kita akhirnya memasuki bulan September, pada bulan September ini kita memiliki satu hari libur nasional yaitu tahun baru Hijriyah (Tahun baru Islam) 1441 H yaitu bertepatan dengan tanggal 1 September 2019

  1. Bulan Oktober

Nah, akhirnya kita sampai pada bulan Oktober. Pada bulan ini kita tidak memilik hari libur nasional melainkan hari libur reguler yaitu hari Minggu.

  1. Bulan November

Setelah berpisah dengan bulan Oktober kita akhirnya memasuki bulan November, pada bulan ini kita memiliki satu hari libur nasional yaitu dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW atau dikenal dengan istilah Maulid Nabi yaitu bertepatan dengan tanggal 9 November 2019

  1. Bulan Desember

Akhirnya kita sampai lagi di penghujung Tahun 2019 yaitu bulan Desember. Bulan Desember ini kita memiliki dua hari libur nasional yaitu pada tanggal 24 Desember sebagai hari cuti bersama Hari Raya Natal dan tanggal 25 Desember sebagai libur nasional untuk Hari Raya Natal 2019.

Demikianlah hasil paparan kami terkait hari  Libur di Indonesia. Setelah kami kalkulasi jumlah hari libur nasional plus cuti bersama yang mejadi hari libur di tahun 2019 berjumlah 20 hari. Adapun rinciannya adalah hari libur nasional 16 hari dan cuti bersama 4 hari.

Sebagaimana yang disinggung di atas bahwa hari libur menjadi penting bagi kita untuk kembali meningkatkan kinerja dan motivasi kerja. Bahkan dengan mengetahui jauh-jauh hari hari libur di Indonesia kita bisa mengatur strategi dan target yang hendak di capai ditahun yang sedang menunggu kita. Kalau Anda berkenenan kami rekomendasikan ambil Paket Wisata Malang di tahun 2019. Lebih baik memang menyiapkan liburan dan memilih hari libur Anda sendiri. Selamat Berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *