Mungkin selama ini banyak masyarakat yang asing dengan ikan pesut. Dimana ikan jenis ini sebetulnya adalah jenis mamalia atau lumba-lumba air tawar yang hanya dapat ditemukan di beberapa wilayah saja di dunia. Di Indonesia, pesut bisa ditemukan di wilayah Kalimantan Timur. Bahkan pesut menjadi lambang Kota Samarinda yang begitu populer hingga saat ini. Namun cukup disayangkan ternyata populasi pesut semakin menurun dari waktu ke waktu. Hal inilah yang membuat bebeapa pihak berupaya menjaga kelestarian pesut terutama di Kalimantan Timur.

Meskipun semakin langka dan terasa asing bagi sebagian orang, namun pesut memiliki hal-hal menarik yang perlu anda ketahui. Berikut ini akan dijelaskan fakta menarik pesut yang perlu anda ketahui.

  1. Pesut Adalah Mamalia
    Pesut merupakan jenis mamalia berdarah panas, melahirkan serta menghasilkan susu. Selain itu, pesut juga menggunakan paru-paru untuk bernapas. Meskipun termasuk dalam kategori ikan, tapi pesut justru termasuk kategori mamalia karena pesut bernapas menggunakan paru-paru yang tinggal di air.
  2. Pesut Dalam Bahasa Inggris
    Dalam bahasa Inggris, pesut disebut dengan “Irrawaddy Dolphin”. Pemberian nama tersebut berasal dari asal hewan ini hidup yaitu di sebuah sungai di Myanmar.
  3. Tidak Memangsa Mamalia Air
    Pesut tampak seperti paus beluga meskipun sebenarnya pesut berkerabat dengan paus pembunuh. Tetapi belum pernah diketahui pesut memangsa jenis mamalia air lainnya.
  4. Pesut Hewan yang Dilindungi
    Pesut adalah jenis hewan yang dilindungi dan bila memburunya maka akan dikenakan sanksi atau hukuman penjara. Untuk itulah jangan coba-coba membunuh pesut secara sengaja karena ancaman hukuman yang tinggi siap menanti anda.
  5. Jenis Lumba-Lumba
    Pesut adalah salah satu jenis lumba-luma air tawar dari lima jenis lumba-lumba yang hidup di air tawar.
  6. Pesut Mencari Makan Memakai Ekolokasi
    Ketika mencari makan maupun navigasi perairan saat malam hari, biasanya pesut akan menggunakan ekolokasi atau biosonar. Kemampuan ekolokasi pesut dilakukan dengan mengeluarkan bunyi serta mendengarkan pantulan bunyi yang dipantulkan dari objek di sekitarnya.
  7. Tersisa 60-80 Ekor Pesut
    Saat ini di sungai Kalimantan Timur tersisa sekitar 60-80 ekor pesut. Jumlah pesut yang tidak begitu banyak disebabkan oleh alur pelayanan batu bara yang sangat sibuk di Sungai Mahakam serta sampah yang mencemari sungai tersebut.

Itulah tadi penjelasan mengenai fakta ikan pesut yang bisa menambah wawasan anda. Melalui informasi di atas kini anda bisa tahu tentang pesut yang populasinya semakin langka. Dengan begitu anda bisa berupaya membantu melestarikan pesut agar tidak punah.