Selama ini banyak masyarakat yang memiliki cita-cita untuk menjadi seorang dokter bahkan banyak orang tua yang akan bangga jika anaknya menjadi seorang dokter. Di mata masyarakat seseorang yang berprofesi sebagai dokter dianggap orang yang hebat. Namun anda juga harus tahu jika anda memiliki cita-cita untuk menjadi dokter maka anda harus memiliki mental yang sangat kuat dan memiliki ketekunan dan kesabaran yang sangat tinggi dan ikut bimbel kedokteran. Karena kedokteran bukan jurusan yang sama dengan jurusan yang lainnya.

Proses Menjadi Seorang Dokter Spesialis Anak

Sebagai nformasi saja untuk menjadi seorang dokter apalagi seorang dokter spesialis maka ada banyak proses yang harus dilalui. Pendidikan kedokteran juga di bagi menjadi dua jenis yaitu pendidikan sarjana dan pendidikan profesi. Bagi anda yang ingin menjadi dokter harus menghabiskan waktu hingga 6 tahun untuk mendapatkan gelar sarjana kedokteran anda namun bisa lebih cepat jika anda adalah mahasiswa yang jenius. Setelah mendapatkan gelar sarjana anda juga harus melakukan pendidikan profesi dengan melakukan koas yang bisa berlangsung lebih dari satu tahun. Saat menjalani koas anda juga akan memulai hari yang sangat berat bukan hanya anda akan mulai bekerja di rumah sakit namun anda juga harus melakukan semua yang terbaik dan mempelajari apa yang harus anda lakukan besok harinya.

Seorang dokter juga dituntut untuk rajin membaca apalagi proses pendidikan dokter yang ada saat ini juga menuntut para mahasiswa untuk belajar sendiri. Berbeda dengan ilmu teknik yang mengutamakan praktek untuk menguasai medan maka dalam pendidikan kedokteran dengan membaca banyak buku. Seorang yang ingin menjadi dokter resmi juga harus melewati ujian nasional yang persaingannya tidak main-main dan bahkan setelah lulus ujian nasional anda akan mendapatkan gaji yang jauh di bawah gaji buruh. Seorang calon dokter juga harus selalu dapat menghadapi situasi yang darurat dengan tenang serta harus orang yang memiliki mental yang sangat kuat dan itu juga berlaku untuk dokter anak.

pxhere.com

Beberapa Spesifikasi Dokter Spesialis Anak

Proses yang panjang ini memang akan terbayar dengan profesi dokter ini. profesi dokter juga terdiri dari banyak spesialis namun bagi anda yang menyukai dunia anak maka anda bisa menjadi seorangĀ  dokter anak. Dokter spesialis anak akan sangat dibutuhkan oleh semua masyarakat yang ada di berbagai wilayah, apalagi anak-anak adalah salah satu tabungan dari Negara yang harus anda jaga tumbuh kembangnya. Untuk dokter spesialis anak ini memiliki beberapa spesifikasi berikut ini.

  1. Dokter spesialis anak kardiologi merupakan dokter yang akan menganangi kesehatan jantung dan pembuluh darah pada anak-anak.
  2. Dokter spesialis anak neurologi adalah dokter yang akan menangani kesehatan saraf pada anak. Anak yang mengalami gangguan saraf, epilepsi, infeksi saraf, dan kejang-kejang harus di bawa ke dokter ini.
  3. Dokter spesialis anak perinatologi adalah dokter spesialis untuk anak yang khusus untuk menangani kesehatan dari bayi yang baru lahir.
  4. Dokter spesialis anak pediatri sosial merupakan dokter spesialis untuk anak yang akan menangani masalah kesehatan pada nak yang berusia 0-18 tahun. Tugas dari dokter ini adalah untuk mencegah anak-anak terserang penyakit seperti polio dan tetatus serta penyakit lain yang berhubungan dengan keluarga dan lingkungan.
  5. Dokter spesialis anak gastro hepatologi. Adalah spesialis anak yang akan masalah kesehatan hati/liver pada anak-anak, jika anak anda mengalami masalah ini maka anda dapat berkonsultasi dengan dokter yang satu ini.

    pxhere.com
  6. Dokter spesialis anak pencitraan. Dokter untuk anak-anak ini akan khusus menangani hal-hal yang berhubungan dengan pencitraan seperti CT Scan, USG, Rontgen.
  7. Dokter spesialis anak pulmanologi. Merupakan dokter yang akan menangani anak-anak yang menderita masalah pada paru-paru dan saluran pernafasan seperta asma, bronchitis hingga TBC.
  8. Dokter spesialis anak pediatri gawat darurat. Merupakan dokter untuk anak yang akan menangani masalah darurat yang terjadi pada anak. Seperti anak yang susah bernapas, cedera atau tersedak benda asing.
  9. Dokter spesialis anak Endokrinologi. Adalah dokter untuk anak-anak yang khusus untuk menangani masalah perkemabngan anak. Anak yang menderita obesitas atau anoreksia harus dibawa dan ditangani oleh dokter untuk anak yang ini.
  10. Dokter spesialis anak Hematologi dan Onkologi. Dokter untuk anak ini akan khusus untuk menangani masalah kesehatan anak yang mengalami penyakit darah yang gayas seperti kanker darah.
  11. Dokter spesialis anak Neforoli. Dokter ini merupakan dokter yang akan mengatasi masalah anak yang mengalami masalah pada ginjal dan saluran kencing.

    pxhere.com
  12. Dokter spesialis anak alergi imunologi adalah dokter untuk anak yang khusus mengatasi anak-anak yang mengalami masalah pada kekebalan tubuh atau imun dalam diri mereka.
  13. Dokter spesialis anak pediatri infeksi tropis adalah dokter yang akan menangani anak-anak yang mengalami penyakit yang banyak terjadi di daerah tropis. Penyakit ini seperti demam berdarah, malaria, tifus hingga penyakit cacingan.
  14. Dokter spesialis anak nutrisi metabolic. Adalah dokter untuk anak yang akan mengatasi masalah gizi dan psikologis pada anak-anak.

Anda bisa memilih salah satu dokter anak yang sesuai dengan bidang yang anda kuasai dan anda memiliki passion disana. Dokter spesialis untuk anak juga contoh dokter yang sangat mulia karena akan menjaga tumbuh kembang anak.