unsplash.com

Inilah Bacaan Doa Umroh yang Harus Anda Ketahui

Perjalanan menuju ke Mekah dan Madinah adalah perjalanan yang didamba setiap umat muslim. Dalam menjalankannya, tentunya memunculkan perasaan senang. Sehingga setiap hal yang harus dilakukan sebelumnya pun dapat dilakukan dengan senang hati, termasuk saat mencari tahu tentang doa umroh. Doa dalam ibadah umroh tidak jauh berbeda dengan perjalanan haji, karenanya jika telah menjalankan ibadah haji, maka gunakanlah doa-doa tersebut selama menjalankan ibadah umroh.

 

Namun berbeda jika belum pernah melakukan perjalanan ke Mekah-Madinah. Anda harus memulai mengingat kembali setiap doa yang disampaikan oleh biro umroh Solo yang diikuti. Perlu diketahui bahwa dalam menjalankan ibadah umroh, doa yang perlu diingat tidak dijalankan setelah sampai ke tempat. Melainkan, dimulai sejak perjalanan menuju Mekah dimukai. Lantas, doa-doa apa saja yang harus diingat?

unsplash.com

Doa Umroh yang Harus Diingat

Terdapat beberapa doa yang harus disampaikan dalam perjalanan umroh. Beberapa diantaranya akan dijelaskan dengan jelas dibawah ini,

  1. Doa Meninggalkan Rumah

Pertama yang harus dijalankan sebelum anda pergi umroh adalah melakukan doa meninggalkan rumah. Doa ini dilakukan dalam dua rakaat, pertama dengan pembacaan Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan doa Al-Kafirun. Sedangkan pada rakaat kedua melakukan pembacaan Al-Fatihah dan diakhiri dengan surat Al-Ikhlas.

 

  1. Doa Menuju Penerbangan

Selanjutnya anda harus membaca doa yang dimaksudkan menuju penerbangan. Doa yang dimaksud akan disampaikan oleh biro umroh yang diikuti. Jika tidak hafal, dapat membacanya dari kit yang diberikan oleh biro. Atau mintalah bantuan petugas, untuk membantu dalam menjalankan doa ini.

 

  1. Niat Umroh

Tidak hanya saat berpuasa dibutuhkan niat, melainkan saat akan umroh pun dibutuhkan niat. Namun berbeda dengan niat puasa, anda harus menjalankan dan mengucapkan niat 15 menit sebelum tiba di Jeddah. Artinya, lakukan ini sebelum pesawat tiba di kota Jeddah. Lakukan dengn sungguh dan mohon tuntunan agar dapat menjalankan umroh dengan baik.

unsplash.com
  1. Doa Tawaf

Kegiatan yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan tawaf. Dalam menjalankan tawaf, anda akan mengelilingi kabah 7 kali putaran. Namun dalam menjalankannya terdapat doa yang harus diingat. Doa ini dapat diulangi, selama menjalankan tawaf, saat melakukan tawaf inilah jamaah dapat mengusap hingga mencium Hajar Aswad.

 

  1. Doa Sa’i

Setelah tawaf, kegiatan ibadah lainnya adalah melakukan sa’i. Sa’i adalah kegiatan berlari-lari kecil untuk mengelilingi Shofa dan Marwa. Doa ini disampaikan sat tiba di bukit shofa dan lakukan hal yang sama saat tiba di bukti Marwa. Setelah menjalankannya, anda dapat menikmati keindahan di sekitat bukit.

 

  1. Doa Saat di Maqom Ismail

Berikutnya terdapat doa yang disampaikan saat tiba di makam ismail. Lakukanlah sholat sebanyak 2 rakaat. Dalam menjalankannya bacalah surat al-fatihah dan surat al ikhlas. Sedangkan di rakaat kedua bacakan surat al-kafirun lalu tutup dengan doa yang disampaikan oleh petugas. Jika kebingungan, mintalah penjelasan, sebelum anda menjalankan ibadah yang satu ini.

 

  1. Doa Melihat Ka’bah

Saat pertama kali melihat Ka’bah, ternyata kita tidak dapat melakukannya secara sembarangan. Anda harus memperhatikan, bahwa terdapat doa yang harus diingat dan dibacakan setelah tiba dihadapannya. Melihat Ka’bah adalah kenikmatan tersendiri dan disaat itulah doa melihat ka’bah diucapkan, sembari mengucapkan syukur kepada Allah atas undangan yang diberikan.

 

  1. Doa Minum Air Zam-Zam

Terakhir, mintalah penjelasan pada petugas tentang doa yang satu ini. Karena menurut beberapa informasi terdapat doa sebelum meminum air zam-zam. Untuk mengetahui kebenarannya, dapat ditanyakan secara langsung pada petugas, atau orang yang telah menjalankan umroh. Jika benar, maka ingatlah doa-doa tersebut, untuk memperlancar perjalanan umroh.

 

Sudahkah anda mengetahui setiap doa yang ada? Waktunya untuk menjalankan ibadah umroh yang dinantikan. Pastikan melakukannya dengan benar, agar setiap perjalanan membuahkan pahala dan doa yang disampaikan dapat terkabul seperti yang diharapkan.

unsplash.com

Persiapan Menuju Umroh

Setelah memahami beberapa doa umroh di atas, waktunya melakukan persiapan lainnya saat akan menjalankan perjalanan umroh. Beberapa diantaranya akan dijelaskan dibawah ini,

  1. Persyaratan

Siapkanlah semua perlengkapan yang dibutuhkan saat umroh, diantaranya persyaratan administratif. Siapkan paspor dan beberapa kebutuhan lainnya. Jika diperlukan, buatlah beberapa buah salinan untuk setiap persyaratan yang dibutuhkan. Jadi, saat dibutuhkan akan lebih mudah diberikan pada petugas yang memintanya.

 

  1. Obat-Obatan Pribadi

Selanjutnya, siapkanlah beberapa obat-obatan pribadi. Hal ini penting untuk anda yang memiliki penyakit khusus dan diharuskan untuk mengonsumsinya secara berkala. Pastikan bahwa obat yang dimilikki mencukupi selama perjalanan. Atau persiapkanlah jumlah obat yang lebih agar dapat memback up jika terdapat kekurangan saat perjalanan.

 

  1. Pakaian Secukupnya

Biasanya biro umroh dan haji sudah memberikan pakaian-pakaian yang dapat digunakan selama perjalanan. Namun, disarankan untuk membawa baju lainnya untuk digunakan saat beristirahat. Perlu diingat, bahwa selama melakukannya tidak dibutuhkan baju berlebihan. Cukup bawa baju secukupnya agar tidak membuat koper overload.

 

Setiap perjalanan umroh dan haji harus dilakukan dengan ikhlas. Sehingga dapat membuahkan berkah untuk kehidupan di masa depan. Serta, jalankan pula doa umroh dengan benar. Jadi, setiap doa yang disampaikan dapat dijabah oleh Allah dan harapan akan menjadi kenyataan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *