Deksripsi

Apakah ciri-ciri dari pohon Pisang? Mudahkah untuk menemukannya? Apakah keunikannya dibandingkan pohon lain? Semua pertanyaan anda akan terjawab di sini.

 

Artikel

Pisang adalah buah yang banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia. Tidak hanya dimakan secara langsung, pisang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Pisang tergolong sebagai buah yang mudah didapatkan, karena pohon pisang dapat tumbuh diberagam musim. Berbicara tentang pohonnya, tahukah anda bagaimana bentuk dan ciri khas dari pohon tersebut? Karena kebanyakan orang hanya mengetahui buahnya, tidak banyak mengetahui bentuk dari pohon ini. Apakah anda memiliki pengalaman dan pandangan yang sama?

 

Ciri-Ciri Pohon Pisang yang Mudah Dikenali

Karena memiliki bentuk yang berbeda dengan pohon lain, pohon ini sangat mudah ditemukan. Apakah ciri khas dari pohon ini? Berikut informasi lengkapnya,

  1. Bagian Daun dan Batang

Bagian daun tanaman pisang memiliki bentuk yang lebar dan panjang. Sementara bagian tulang daun cukup besar namun setiap tepi daun sangat mudah robek. Sedangkan pada bagian batangnya memiliki banyak bonggol dengan mata tunas. Mata tunas inilah yang dapat dijadikan tanaman baru atau yang dikenal dengan tunas anakan.

  1. Akar

Pada bagian akar pohon memiliki akar serabut dengan jumlah yang besar. Walaupun banyak, bentuk akar ini cukup lunak. Karenanya pohon pisang tidak tahan terhadap terpaan angin yang kencang. Bahkan karena mudahnya roboh, anda dapat merobohkan pohon dengan beberapa kali hentakan. Jadi, tidak membutuhkan alat potong jika pohon dirasa tidak dapat digunakan.

  1. Buah

Jika dibandingkan dengan buah dari tanaman lain, buah pisang memiliki keunikan yang khas. Di mana tanaman ini memiliki bentuk yang bertumpuk. Pada bagian dalam buah tidak didapati biji, karena penyerbukan buah pisang terjadi karena bantuan serangga penyerbuk. Namun umumnya, tepung sari yang dihasilakn tidak terlalu subur. Karenanya buah bisa tidak berbiji.

Satu lagi ciri khas dari pohon ini adalah memiliki bunga. Bunga inilah yang dapat dijadikan sebagai bahan makanan. Bagian ini akan keluar, jika pohon pisang akan mengeluarkan buah sebagai hasil penyerbukannya. Bagian ini pula yang dapat dijadikan sebagai tanaman anakan untuk menumbuhkan pohon baru.