Rayap merupakan hama yang sangat merugikan bagi manusia bahkan sering kali banyak orang yang merasa bingung untuk menentukan cara menghilangkan rayap yang paling efektif. Karena meskipun sudah banyak cara yang digunakan mulai dari menggunakan obat anti rayap yang paling bagus hingga menggunakan bahan-bahan alami untuk dipakai namun hasil yang diberikan masih saja gagal. Hal-hal tersebut membuat masyarakat merasa bingung dan juga putus asa karena merasa semua cara yang telah dipakai tidak pernah memberikan hasil yang maksimal bagi anda. Tapi anda tidak perlu khawatir karena kali ini di artikel ini anda akan menemukan berbagai cara membasmi dan menghilangkan rayap yang anti gagal untuk dilakukan.

Karakter Rumah Yang Disukai Oleh Rayap

Sebenarnya hama apapun akan bisa anda basmi jika anda tahu bagaimana strategi yang paling baik untuk dipakai dan bahan apa yang paling efektif untuk membasmi rayap. Meskipun rayap memang hama yang sangat sulit untuk dibasmi dan pada musim hujan jumlah rayap bisa menjadi sangat banyak. Tapi rayap ini juga tidak akan menyerang sembarangan rumah atau tempat. Hanya tempat-tempat yang memiliki ciri sebagai berikut yang akan menjadi tempat bersarangnya hama rayap:

pxhere.com
  1. Rumah yang kotor. Rumah yang paling banyak si serang oleh rayap adalah rumah yang kotor, dimana kebersihan di dalam maupun di luar rumah tidak terjaga dengan baik. Rumah yang tidak sehat ini yang menjadi tempat paling baik untuk kembang biak rayap.
  2. Rumah dengan ventilasi udara yang kurang. Mungkin banyak yang tidak tahu jika rayap cenderung menyukai rumah yang gelap dan memiliki ventilasi udara yang sangat minim. Rumah yang memiliki sedikit ventilasi udara akan memiliki udara yang lembab dan gelap sehingga menjadi tempat yang paling sempurna untuk rayap berkembang.
  3. Rumah yang terdapat banyak genangan air dan kayu kering. Genangan air bukan hanya akan menimbulkan banyak nyamuk namun genangan air juga akan menimbulkan banyak rayap. Apalagi jika rumah tidak hanya memiliki banyak genangan air tapi juga terdapat banyak tumpukan kayu kering.

Untuk menghindari serangan dari rayap sebaiknya anda melihat apakah hal-hal di atas ada di rumah anda atau tidak. Jika memang rumah anda tergambar memiliki semua hal tersebut sebaiknya anda mulai melakukan pembenahan karena mau menggunakan obat apapun tidak akan berguna jika keadaan rumah anda memang sangat mendukung untuk menjadi tempat hidup rayap. Jika anda ingin rayap tidak menyerang rumah anda maka anda harus membuar rumah anda nyaman, bersih, terang dan kering dengan jumlah ventilasi yang banyak, tidak ada genangan air atau tumpukan kayu kering di sekitar rumah anda.

pxhere.com

Cara Menghilangkan Rayap Yang Paling Efektif

Setelah menjelaskan tentang karakter rumah yang akan menjadi tempat favorit bagi rayap berkembang maka selanjutnya anda akan mendapatkan penjelasan tentang cara menghilangkan rayap yang paling efektif dan anti gagal. Jika anda menggunakan cara menghilangkan dan membasmi rayap ini maka anda akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Ada beberapa cara yang akan dijelaskan disini diantaranya adalah. Yang pertama memanfaatkan sinar matahari, cara untuk menghilangkan rayap tidak hanya menggunakan bahan kimia atau tumbuhan saja namun anda juga bisa menggunakan unsure alam lain yang bisa dipakai dengan Cuma-Cuma seperti sinar matahari. Untuk membasmi rayap anda memang bisa memanfaatkan sinar matahari, dengan menjemur perabotan anda di ruang terbuka agar barang anda tidak lembab dan tidak akan terserang rayap. Untuk barang yang sudah terserang rayap juga bisa di jemur. Anda juga bisa menambah jumlah jendela agar sinar matahari bisa masuk dengan mudah dan banyak di rumah anda sehingga rumah anda tidak akan terserang rayap.

Yang kedua anda bisa menggunakan AC atau pendingin ruangan di rumah anda. AC merupakan alat yang sangat efektif untuk membasmi rayap. Jika anda ingin rumah anda bebas dari rayap maka anda bisa memutuskan untuk menggunakan pendingin ruangan bahkan untuk barang yang sudah di serang oleh rayap juga bisa di atasi dengan baik menggunakan pendingin ruangan ini. Menggunakan air sabun dan asam borat juga juga sangat efektif untuk membasmi rayap yang memberikan masalah di rumah dan perabot anda.

pxhere.com

Untuk menggunakan air sabun dan larutan asam borat anda hanya perlu membuat larutan yang dari dua bahan tersebut yang dicampur dengan air. Maka setelah larutan tersebut bisa anda buat anda harus menempatkan pada botol spray bekas agar anda bisa dengan mudah menyemprotkan larutan tersebut di tempat dimana rayap berkembang. Dua bahan tersebut juga sangat mudah untuk didapat serta memiliki harga yang sangat ekonomis. Menggunakan bahan kimia ini juga tidak akan memberikan efek yang buruk bagi anda dan keluarga anda.

Cara menghilangkan rayap seperti di atas adalah cara yang anti gagal atau cara yang paling efektif. Jika anda sudah merasa putus asa dengan percobaan membasmi rayap yang anda lakukan selama ini maka anda bisa mencoba menggunakan salah satu cara di atas. Apalagi selama ini sudah banyak yang membuktikan jika membasmi rayap dengan menggunakan salah satu metode yang disebutkan di atas sangat efektif.