Cara Menanam Buah Naga dengan Baik dan Benar

 

 

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang banyak disukai oleh masyarakat. Rasa manis dan lezat ketika dikonsumsi membuat permintaan buah ini di pasaran cukup tinggi. Tak jarang buah ini juga dipatok dengan harga yang cukup mahal. Untuk Anda penikmat buah berwarna merah ini dapat mencoba untuk menanamnya sendiri di sekitar rumah. Menanam buah ini dapat dikatagorikan cukup mudah.

 

Menanam Buah Naga dalam Pot

Jika Anda memiliki rumah dengan pekarangan yang sempit, maka menanam dengan menggunakan pot merupakan alternatif pilihan yang baik. Selain lebih hemat tempat, pot juga dapat diperoleh dengan harga yang murah. Langkah pertama untuk menanam adalah memilih bibit buah yang berkualitas. Tanaman buah naga lebih banyak dikembangbiakan secara vegetatif. Maka dari itu, untuk bibit tanaman dapat diperoleh dengan cara stek. Stek sebaiknya dilakukan pada tanaman yang sudah pernah berbuah agar lebih cepat mendapatkan buah nantinya.

 

Setelah mendapatkan bibit, maka siapan media tanam di dalam pot. Gunakan media tanam tanah yang dicampur dengan pupuk untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman. Ketika menanam buah naga jangan lupa untuk memasang tiang sebagai penyangga tanaman. Gunakanlah kayu yang kokoh agar dapat menopang batang tanaman.

 

Cara Mudah Menanam Buah Naga

Setelah bibit buah naga siap, selanjutnya siapkan lubang dengan kedalaman sekitar 10 cm. Masukan bibit ke dalam media tanam dan jangan lupa mengikatnya ke tiang penyangga. Tahapan selanjutnya setelah bibit di tanam adalah perawatan agar buah naga cepat berbuah. Perawatan tersebut meliputi penyiraman dan pemupukan. Penyiraman dapat dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi musim. Perlu diingat bahwa buah naga termasuk ke dalam katagori tanaman kaktus. Saran untuk penyiraman, jangan terlalu sering. Tanaman ini memiliki daun modifikasi menyerupai batang yang tebal sehingga mampu menyimpan banyak cadangan air.

 

Selain penyiraman, untuk perawatan tanaman jangan lupakan pemupukan. Pemupukan dapat menggunakan jenis pupuk organik atau kandang. Periodenya dapat 3 bulan sekali. Hindari penggunaan urea karena dapat memicu pembusukan pada batang buah naga. Sekian informasi mengenai cara mudah menanam buah naga. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *