Bunga mawar biru merupakan jenis bunga yang paling banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat. Pasalnya dengan memberikan mawar biru, seseorang dapat mengutarakan berbagai macam perasaannya.

Bunga mawar biru tidak hanya terlihat cantik dan unik, akan tetapi dibalik warnanya tersebut menyimpan bermacam-macam arti. Sehingga di berbagai florist pun bunga mawar berwarna biru tersebut selalu diserbu oleh para pembelinya.

Selain dapat Anda peroleh di florist, ternyata untuk memperoleh mawar biru yang indah, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Mawar dengan warna biru itu melalui proses yang bernama osmosis. Jika penasaran dan ingin menciba untuk membuatnya, Anda dapat ikuti langkahnya di artikel ini,

Pada umumnya, seseorang yang paling sering memberikan buket bunga adalah lelaki. Namun sekarang, wanita pun ingin memperlihatkan perasaannya dengan melalui bunga. Salah satu bunga pilihan para wanita adalah mawar biru. Wanita merupakan seseorang yang sangat perasa, sehingga mereka membutuhkan media untuk menyampaikan perasaannya tersebut. Pasalnya bunga tersebut telah menyimpan banyak arti perasaan.

www.pexels.com

Sejumlah Arti dari Setangkai Mawar Biru

Meskipun sering terlihat di berbagai florist, para pembeli pun bahkan ada yang tak tahu menahu tentang arti dari setangkai mawar biru. Padahal bunga tersebut menggambarkan begitu banyak perasaan. Berikut ada sejumlah contoh perasaan yang dapat Anda sampaikan  dengan bunga mawar biru :

  1. Menyampaikan perasaan cinta

Dengan memanfaatkan bunga ini, Anda semua dapat menyampaikan rasa cinta dan kasih sayang yang baru muncul di dalam hati. Banyak orang yang jatuh hati ketika beberapa kali bertemu, maka bunga inilah media yang paling tepat. Mawar tidak hanya tersedia warna biru terang, ada pula biru gelap. Kedua warna biru tersebut dapat mengungkapkan perasaan yang sama. Sehingga pilihlah warna yang sesuai keinginan dan berkesan indah di mata Anda.

  1. Menyampaikan pemberian kesempatan

Bagi yang merasa malu atau gengsi untuk mengutarakan pemberian kesempatan kedua kepada pasangan, maka Anda dapat menyampaikannya dengan cara elegan. Salah satu cara elegan untuk mengutarakannya adalah, dengan baantuan mawar biru. Bunga tersebut ternyata dapat menyampaikan perasaan tentang kesempatan.

Selain itu ketika Anda memiliki pasangan dan pasangan Anda baru saja gagal dalam suatu hal, berilah mawar biru. Ini memberi arti bahwa pasangan Anda masih memiliki kesempatan berhasil di lain waktu. Dengan begitu pasangan Anda merasa lebih tenang dan berhenti khawatir akan kegagalan tersebut.

  1. Menyampaikan rasa spesial

Ketika Anda sudah memiliki tambatan hati, cobalah untuk sedikit romantis. Cara terampuh dalam memperlihatkan kesan romantis adalah memberikan buket bunga. Isi dari buket yang akan diberikan orang terkasih pun lebih baik berisikan rangkaian mawar biru. Pasalnya bunga ini akan menggambarkan perasaan seseorang yang begitu sayang terhadap pasangannya.

  1. Menyampaikan rasa kepercayaan

Bagi para pasangan yang sedang menjalani hubungan berjarak jauh, pasti rasa khawatir sering menerpa. Kekhawatiran tersebut sering kali dikarenakan kurangnya rasa percaya dengan pasangan. Namun padahal, ketika kepercayaan terhadap pasangan berkurang, percekcokkan di dalam hubungan semakin sering terjadi. Untuk itu mulailah bersikap dewasa, tunjukkanlah kepada pasangan bahwa Anda percaya kepada mereka. Untuk menunjukkan rasa percaya ada banyak caranya, salah satunya dengan memberi buket mawar biru dari toko bunga Jakarta.

www.pexels.com

Langkah dalam Pembuatan Mawar Biru dengan Osmosis

Banyak yang mengira bahwa bunga mawar biru memang sudah seperti itu asalnya. Namun sebenarnya asli dari warna bunga mawar adalah merah dan putih. Sehingga ketika Anda melihat rangkaian mawar biru, itu merupakan hasil dari buatan manusia. Jika Anda ingin membuatnya sendiri juga sangat bisa, karena sejatinya pembuatan mawar biru itu mudah. Jalan yang dapat ditempuh dalam proses pembuatan mawar biru adalah osmosis. Berikut ada beberapa alat, bahan dan langkah yang harus dilakukan :

  1. Ambil mawar putih dan dua buah gelas

Di langkah pertama, ambil setangkai mawar berwarna putih dan usahakan mawar tersebut merupakan hasil dari petikan sendiri. Namun jika memang tidak dapat memetiknya sendiri, tidak ada salahnya membeli di sebuah florist. Kemudian mawar yang dipilih juga merupakan mawar tanpa rendaman air. Setelah itu ambil 2 buah gelas dengan tinggi yang sama dengan batang bunga mawar.

  1. Siapkan pewarna makanan dan alat pemotong

Pewarna makanan nantinya akan digunakan untuk memberi warna pada bunga mawar. Pewarna yang harus disiapkan tentu saja berwarna biru, karena tujuan kita kali ini ingin membuat mawar biru. Kemudian untuk alat pemotongnya, Anda harus menyiapkan pisau, gunting untuk tanaman dan juga cutter. Sebelum menggunakan alat pemotong tersebut, cuci dahulu sampai bersih dengan menggunakan alkohol. Sehingga bunga yang di osmosis nantinya berakhir dengan hasil terbaik.

  1. Mengisi gelas dengan air pewarna

Langkah ketiga ini, Anda harus mengisi gelas dengan menggunakan air putih biasa. Usahakan air tersebut dalam keadaan yang bersih. Setelah gelasnya terisi, maka tetesilah pewarna makanan berwarna biru ke dalam gelas tersebut. Tetesi secukupnya sampai air dalam gelas tersebut berubah warna menjadi biru yang pekat.

  1. Potong tangkai mawar secara diagonal dan celupkan ke air pewarna

Untuk proses pemotongan tangkai mawarnya tidak boleh sembarangan. Pasalnya ada teknik memotong agar airnya meresap dan dapat memberikan hasil maksimal. Jadi dengan menggunakan gunting khusus tanaman yang telah disiapkan, Anda harus memotong tangkainya secara diagonal, setelah itu baru dicelupkan dalam gelas berisi air pewarna.

Untuk proses pencelupan ini akan memakan waktu yang paling lama. Pasalnya Anda harus benar-benar menunggu pewarnanya meresap, sehingga kurang lebihnya butuh waktu selama 6 jam atau bahkan lebih. Ketika sudah 6 jam lamanya, Anda akan dapat melihat adanya perubahan yang begitu mencolok di kelopak bunganya. Pasalnya kelopak yang asalnya berwarna putih akan berubah warna jadi biru, seperti yang Anda inginkan.

www.pexels.com
  1. Potong tangkai mawar secara diagonal dan celupkan ke air bening

Banyak orang yang menginginkan mawar biru seperti di toko bunga Jakarta pada umumnya, yaitu terdapat gradasi warna di kelopaknya. Hal tersebut mudah sekali untuk diperoleh, karena Anda hanya perlu memotong tangkai mawarnya kembali dengan posisi diagonal, kemudian celupkan tangkainya ke gelas berisikan air bening.

Setelah itu Anda hanya perlu menunggu waktu selama 1 jam atau lebih, tergantung tingkat gradasi yang diinginkan Anda. Setelah 1 jam, maka Anda akan langsung melihat gradasi yang tampak sangat jelas pada bagian kelopaknya. Bunga mawar biru dengan tampilan seperti ini tentu benar-benar menarik pandangan. Sehingga sangat cocok jika diberikan pada orang terkasih.

Ketika Anda sudah dapat membuat mawar biru sendiri di rumah, ini juga dapat dijadikan peluang. Ketika di ruangan rumah terasa begitu sepi atau kosong, cobalah untuk menghidupkan ruangan dengan bantuan rangkaian bunga yang ditaruh dalam sebuah vas. Mawar biru tepat untuk dijadikan hiasan dalam rumah karena selain menarik pandangan setiap orang, bunga ini juga sangat mudah dalam segi perawatannya.