Semangka dingin ketika dimakan di udara yang panas akan terasa sangat menyegarkan. Oleh karena itu apabila anda sering menonton film Jepang atau anime, anda akan sering melihat karakter di dalamnya mengkonsumsi semangka saat musim panas. Buah semangka memang sangat menyegarkan, rasa manisnya juga pas. Tahukah anda bahwa semangka tidak hanya mampu menyegarkan tubuh tapi dapat membantu membuang semua racun yang ada di dalam tubuh? Jika belum tahu maka anda harus membaca artikel ini dari awal hingga selesai.

Kenapa semangka menyegarkan? Karena 92% bagian dari semangka adalah air, tapi bukan berarti hal tersebut dapat mengurangi manfaat dari semangka itu sendiri. Selain air, ada banyak sekali nutrisi dan juga mineral yang ada dalam semangka, karena itulah jangan meremehkan semangka. Di dalamnya terdapat magnesium, karbohidrat, kalium, vitamin A, vitamin C dan juga antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi buah semangka memiliki total kalori yang rendah, setidaknya hanya sekitar 30 kalori dalam setiap 100 gram semangka. Selain itu semangka juga tidak mengandung lemak sehingga sangat cocok untuk anda yang senang makan namun ingin melakukan diet pada waktu yang bersamaan.

Manfaat buah semangka untuk tubuh

Dengan berbagai kandungan nutrisi dan juga mineral di dalamnya, buah semangka memiliki banyak sekali manfaat yang mungkin belum anda sadari seperti beberapa manfaat di bawah ini:

pexels.com
  1. Membantu mengatasi sembelit

Rasanya tentu sangat tidak enak apabila tidak buang air besar selama seminggu. Bila anda pernah mengalami hal seperti ini maka anda sedang mengalami sembelit. Biasanya sembelit dapat disebabkan karena kurangnya konsumsi buah dan juga sayur atau terlalu banyak mengkonsumsi produk dari olahan susu. Dengan mengkonsumsi buah yang kaya akan serat atau buah yang memiliki kandungan air yang tinggi seperti semangka dapat membantu mengatasi sembelit.

  1. Meredakan gejala-gejala radang sendiri

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi sayur dan buah yang tinggi dapat memberikan dampak yang baik bagi tubuh, salah satunya adalah dapat mengurangi gejala radang sendi yang banyak menimpa orang tua. Kandungan antioksidan, vitamin B6, vitamin C, selenium, zinc dan juga beta karoten dalam semangka mampu membantu meringankan nyeri dan juga kaku-kaku pada otot akibat radang sendi.

  1. Penambah darah

Kandungan air yang banyak di semangka dan juga kandungan vitamin C di dalamnya dapat membantu tubuh dalam menyerap zat besi dengan lebih baik. Secara tidak langsung dapat membantu tubuh untuk menambah jumlah darah sehingga anda dapat terhindar dari anemia atau kekurangan darah. Karenanya semangka disebut juga sebagai buah penambah darah.

  1. Cegah penyakit kronis

Berkat kandungan vitamin C dan juga likopen dalam buah semangka, semangka mampu mengurangi peradangan sehingga mampu membantu menurunkan resiko munculnya penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, katarak dan juga penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah. Tidak hanya itu saja, semangka juga dikenal sebagai buah yang mampu membantu agar asma tidak kambuh alias menurunkan frekuensi terjadinya asma.

Yang pasti untuk anda yang masih skeptis dengan manfaat semangka adalah kandungan air yang tinggi di dalamnya dapat membantu tubuh mengembalikan cairan yang hilang. Yang perlu anda ketahui lagi adalah lebih baik mengkonsumsi semangka dalam keadaan biasa saja alias tidak dingin. Karena ketika dingin semangka menjadi lebih cepat busuk dan kandungan beta karoten serta likopen ketika semangka di suhu ruangan menjadi lebih tinggi.

pexels.com

Kulit semangka untuk kecantikan

Panasnya udara di Indonesia kerap kali membuat kulit menjadi tidak sehat dan membuatnya menjadi lebih cepat mengalami tanda-tanda penuaan. Tidak hanya bagus untuk kesehatan, buah semangka juga sangat baik untuk kecantikan kulit. Hal ini dikarenakan semangka mengandung banyak mineral dan juga vitamin yang baik untuk tubuh terutama kulit. Apalagi kandungan airnya yang banyak membuat tubuh selalu terhidrasi. Vitamin C dalam semangka juga dapat membantu tubuh untuk memproduksi kolagen yang berfungsi untuk membentuk jaringan kulit dan juga rambut.

Dari berbagai sumber berikut adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari semangka untuk meningkatkan kecantikan kulit anda:

  1. Toner

Dalam salah satu ritual kecantikan untuk membersihkan wajah, toner adalah step yang paling penting. Anda bisa menggunakan toner alami untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat dari buah semangka. Yang perlu anda lakukan hanyalah memijat wajah anda yang telah disemprot toner dari semangka, lalu bilas dengan bersih menggunakan air.

pexels.com
  1. Meremajakan kulit wajah

Untuk anda yang tinggal di kota besar, debu, polusi dan juga sinar matahari selalu setia menemani anda ketika pergi keluar. Padahal ketiga hal tersebut menjadi faktor yang dapat mempercepat penuaan kulit. Dengan menggunakan semangka sebagai masker anda bisa mendapatkan kulit yang lebih sehat. Caranya adalah dengan mencampur semangka dan madu lalu menggunakannya sebagai masker. Diamkan selama 15 menit lalu bilas wajah dengan air dingin. Setelah menggunakan masker semangka, dijamin wajah anda akan terasa lebih segar. Lakukan secara rutin setidaknya 3x sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.