Di kota-kota besar terutama di kawasan industri, Anda pasti akan sering menjumpai proyek bangunan. Ya, kini sedang ada banyak sekali proyek bangunan dalam skala besar di Indonesia. Hal ini karena perkembangan teknologi yang menuntut negara untuk terus melakukan pembangunan.

Proyek bangunan ini sangat identik dengan bahan material yang beraneka ragam. Salah satu bahan material yang sudah pasti dipakai dan menjadi material pokok suatu proyek adalah beton. Material ini terbuat dari agregat yang dicampur dengan semen sebagai bahan perekatnya.

Jenis Beton Paling Populer

Ada banyak jenis beton yang sering digunakan oleh pekerja proyek di Indonesia, yakni beton konvensional, beton ready mix, dan juga beton siap pakai. Masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihannya sendiri. Penggunaannya juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan proyek tersebut.

pxhere.com

Salah satu jenis beton yang kini sedang eksis dipakai di kalangan pekerja proyek adalah beton siap pakai atau yang kerap kali disebut sebagai beton instan. Beton ini terbuat dari campuran semen, agregat, pasir, dan juga aditif. Beton jenis ini dipilih karena dirasa lebih praktis dan tidak memakan banyak tempat.

Semen instan ini dapat disesuaikan penggunaannya dengan rencana proyek yang telah disusun. Ada beberapa keunggulan yang terdapat dari semen instan ini, seperti mempunyai tingkat kualitas yang berbeda-beda. Jadi, semen instan ini menyediakan beton dengan kualitas kekuatan K-100 hingga K-500.

Semen instan tersebut dapat digunakan di semua proyek beton lantai, yakni kolom, balok, dan pelat ataupun beton dinding. Pekerjaan para tukang juga dapat selesai lebih cepat jika menggunakan semen instan ini. Dengan begitu waktu pengerjaan yang tersisa dapat dialihkan untuk hal lainnya.

Cara mengaplikasikan semen instan ini juga sangat mudah. Bahkan tukang yang masih pemula saja bisa melakukannya. Hal ini karena Anda hanya perlu mencampurkan semen instan tersebut dengan air hingga menjadi adonan dan kemudian siap untuk dilakukan pengecoran.

Pengecoran menggunakan semen betonini sangat mudah, cepat, dan tidak membutuhkan area yang luas karena tidak memerlukan mobil molen untuk mengangkut semen instan tersebut. Jadi, jika area proyek tersebut terbatas, Anda dapat memilih untuk mengecor dengan menggunakan semen instan ini.

pxhere.com

Mengapa Harus Memilih Beton Instan?

Selain itu, terdapat beberapa keunggulan lainnya dari beton instan jika dibandingkan dengan jenis beton konvensional. Keunggulan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Proses Produksi menjadi Lebih Mudah

Hal ini karena Anda hanya perlu fokus pada proses pengecoran, sedangkan untuk proses produksi beton dapat dialihkan kepada pekerja yang ahli untuk mendapatkan kualitas semen yang diinginkan.

  1. Dapat Menentukan Kualitas Beton

Setiap campuran beton mempunyai kualitas yang berbeda. Oleh karena itu, Anda dapat dengan mudah menentukan kualitas beton dengan menggunakan semen instan. Kualitas beton tersebut juga menentukan skala proyek yang dikerjakan.

  1. Menjaga Mutu Beton

Mutu semen instan ini lebih terjaga dan terjamin karena dikerjakan dengan menggunakan teknologi yang canggih dan berada dalam pengawasan ahlinya.

  1. Pengecoran dapat Dilakukan Lebih Cepat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dengan menggunakan semen instan ini, maka Anda akan mempersingkat waktu pengecoran sehingga lebih efektif dan efisien. Selain itu, pengecoran juga dapat dilakukan dengan menggunakan pompa beton yang mampu menjangkau tempat tinggi.

pxhere.com
  1. Harga yang Lebih Murah

Jika Anda membeli dalam skala yang besar, maka Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan membeli beton konvensional.

  1. Fleksibel untuk Banyak Bangunan

Semen instan ini dapat digunakan untuk seluruh proyek bangunan. Mulai dari bangunan sederhana hingga proyek besar. Anda juga dapat menggunakan semen instan untuk mengecor lantai dan dak.

  1. Mudah untuk Ditemukan

Semen instan mudah ditemukan karena ada banyak perusahaan di Indonesia yang menyediakannya. Bahkan beberapa diantaranya menawarkan semen cor curah sehingga dapat dibeli dalam skala kecil.

Itulah tadi tujuh keunggulan semen instan dibandingkan jenis konvensional. Melihat banyaknya keunggulan tersebut, tidak heran jika ada banyak proyek yang tertarik untuk menggunakan semen instan ini pada proyek mereka.

pxhere.com

Bagi Anda yang sedang membangun rumah atau kios, Anda juga dapat menggunakan semen instan ini. Bangunan akan menjadi lebih kokoh dan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.

Fungsi pompa beton pada poin empat tadi adalah untuk membantu pekerja ketika akan mengecor di tempat yang tinggi. Biasanya pompa ini sering ditemukan pada proyek-proyek besar dengan area yang cukup luas. Adanya pompa ini tentu akan mempermudah para pekerja untuk mengecor terutama pada bagian yang sulit dijangkau.

Semen instan ini memang menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang ingin mencari beton berkualitas namun dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, bagi proyek yang memiliki batas waktu pengecoran, semen instan ini sangat membantu untuk mempersingkat waktu pengerjaannya.

Jadi, tidak ada ruginya jika menggunakan semen instan. Justru Anda akan merasa untung karena anggaran dapat ditekan dan proyek Anda dapat selesai lebih cepat dari waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. Dengan begitu, Anda dapat fokus pada bagian lain yang terdapat pada proyek tersebut.