Sejak di kenal secara luas oleh masyarakat kolang kaling telah manjadi salah satu komoditi yang cukup memberikan keuntungan bagi para pemiliknya. Keuntungan tersebut dapat berupa laba yang di dapat dari penjualan buah kolang kaling. Penjualan kolang kaling ini memiliki harga yang cukup mahal sehingga akan sangat menguntungkan.  Sering kali harga yang mahal ini dimanfaatkan oleh oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab dengan mebuat kolang kaling palsu. Atau yang paling parah adalah membuat kolang kaling dengan bantuan bahan – bahan pengawet berbahaya seperti formalin dan juga borak. Dalam penggunaanya banyak sekali penjual kolang kaling nakal yang ingin mendapat untung banyak dengan biaya yang sangat sedikit. Hal tersebut tentu akan merugikan konsumen.

Bahaya kolang kaling berpengawet

Salah satu hal yang harus diwaspadai adalah kolang kaling yang berpengawet. Para pedagang sering kali mengambil stok banyak untuk kolang kaling. Stok banyak tersebut sering kali tidak akan habis dalam kurun waktu tertentu saat kolang –kaling tersebut masih segar. Untuk mengurangi dampak kerugian para pedagang tersebut mulai menggunakan bahan – bahan pengawet seperti formalin. Karena saat mereka mengambil kolang kaling dalam jumlah besar harga akan semakin dimurahkan oleh petani. Hal tersebut yang membuat pedagang  berani mengambil stok kolang kaling dalam jumlah besar dan menyimpannya dengan menggunakan pengawet

Banyak bahaya yang akan terjadi saat konsumsi kolang kaling berpengawet secara terus menerus. Zat pengawet yang terdapat dalam kolang kaling tersebut lama kelamaan akan mengendap dan memicu berbagai penyakit mematikan. Salah satu penyakit yang dipicu dari konsumsi makan makanan berpengawet adalah kanker. Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang paling banyak terjadi karena konsumsi makanan – makanan yang tidak sehat. Selain itu para pedagang biasanya mewarnai kolang kaling mereka agar terlihat lebih menarik. Pewarnaan tersebut sering kali tidak sesuai standart karena memakai pewarna tekstil. Hal tersebut juga akan sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Karena zat tersebut juga dapat memicu kanker dan menyebabkan penyakit – penyakit mematikan lainnya.