Baju gamis atau dikenal juga dengan baju muslim telah menjadi trend bagi masyarakat muslim Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari kebanyakan penduduk Indonesia yang beragama Islam. Ditambah lagi dengan adanya tren hijrah di kalangan publik figure, misalnya artis FTV, pemain band tertentu, atau publik figure lainnya. Maka, publik figure ini memiliki andil yang sangat besar dalam mempopulerkan berbagai macam baju gamis.

Hal ini menjadi menarik, bahwa ada sebagian anggapan yang menyatakan bahwa baju gamis ini bukanlah produk agama melainkan hanyalah produk budaya dari bangsa tertentu. Terlepas dari hal itu, kenyataannya banyak yang menyakini baju gamis ini sangat dekat dengan tradisi muslim, timur tengah, khususnya bangsa melayu.

Untuk itu, sanga penting kiranya, mengulas dam membeberkan segala hal yang terakait dengan baju muslim ini. Yuk berkenalan dengan baju muslim ini.

Mengenal Baju Gamis

Baju Gamis sebagaimana yang yang telah disinggung di atas merupakan baju gamis tradisional berupa jubah hitam polos dikenakan oleh perempuan Muslim untuk menutup pakaian biasa mereka, Hal ini dapat digambarkan sebagai lengan panjang-jubah-seperti pakaian dan itu adalah bentuk tradisional pakaian untuk banyak negara di semenanjung Arab, termasuk Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Di Iran Gamis disebut sebagai chador dan di Asia Selatan burqa. Dewasa ini, banyak sekali muslimah atau muslim perempuan yang senang sekali mengoleksi pakaian jenis ini. Sehinga baju gamis ini turut berevolusi ke desain yang lebih modern. Akhirnya, muncullah baju gamis modern. Apa itu baju gami modern?

Baju gamis modern yaitu sesuatu  yang menutupi seluruh tubuh kecuali wajah, kaki, dan tangan. Hal ini dapat dikenakan dengan niqab, cadar yang menutupi semua tapi mata. Ini kalau dimaknai secara sederhana, sedangkan dalam pengertian lebih luas bisa juga dimaknai sebagai baju muslimah dengan tren kekinian.

Baju Gamis disebut juga dengan Abaya biasa adalah jubah hitam biasa dikenakan oleh perempuan muslim untuk memastikan pakaian yang biasa digunakan, ini dapat didefinisikan sebagai kostum jubah-seperti lengan panjang dan merupakan bentuk tradisional gaun untuk lokasi banyak dari semenanjung Arab termasuk Arab Saudi dan United Arab Emirates. Di Iran abaya ini disebut sebagai kerudung dan di Asia Selatan burqa. Dan hal ini mencakup seluruh tubuh dengan pengecualian wajah, kaki, dan tangan. Hal ini dapat dipakai dengan niqab, menghadapi kerudung mencakup semua kecuali mata.

www.pexels.com

Berbicara tentang serarah dan asal mulanya baju gamis, sebenarnya asal-usul dari Gamis sendiri, ada yang berpedapat kabur dan tidak jelas. Beberapa berpikir bahwa itu ada selama empat ribu tahun yang lalu dalam peradaban kuno Mesopotamia dan ketika Islam muncul di abad ketujuh Masehi, agama diserap praktik jilbab lokal ke budaya, mungkin karena tradisi berpakaian para wanita Arab Jahiliyah .

Pada masa silam, dimana pada hari-hari wanita mengenakan gaun yang mengungkapkan leher mereka, dada, bahkan payudara serta bagian lain dari tubuh mereka. Mereka juga menarik kerudung mereka mundur sementara meninggalkan bagian depan terbuka lebar (dimengerti di gurun panas menghancurkan). Akibatnya, saat Islam tiba, mereka diperintahkan untuk menarik kerudung mereka ke depan untuk menutupi dada mereka dan untuk melindungi perempuan dari tindakan tidak hormat.

Beberapa berpikir bahwa ide ‘yang meliputi’ lebih tentang kelas daripada tentang agama. Dalam pra-Islam perkotaan pusat kerudung Semenanjung Arab dipandang sebagai tanda istimewa dan mewah yang diberikan kepada perempuan yang tidak harus bekerja. Mereka dibedakan dari gadis-gadis budak dan pelacur, yang tidak diperbolehkan untuk jilbab atau penutup, dan perempuan nomaden dan pedesaan terlalu sibuk bekerja untuk diganggu dengan sesuatu yang begitu praktis sebagai penutup wajah dan lapisan tambahan pakaian.

Hari ini, interpretasi ketat hukum syariat Islam mendikte bahwa perempuan Muslim harus mengenakan penutup tubuh penuh di depan setiap orang yang mereka secara teoritis bisa menikah. Ini berarti bahwa tidak wajib di perusahaan ayah, saudara, kakek, paman atau anak-anak muda dan tidak perlu dikenakan di depan wanita Muslim lainnya.

Baju Gamis datang dalam aneka ragam jenis dan desain, dan gaya yang berbeda dan warna yang disukai oleh wanita dari daerah tertentu sesuai dengan penafsiran agama dan budaya tertentu.

Ada yang berpendapat bahwa baju Gamis terletak dari atas kepala dan meluas di bawah pergelangan kaki, memastikan bahwa tubuh perempuan tetap benar-benar tersembunyi. Gamis hitam lebih sering dipakai di negara-negara Timur Tengah, terutama Arab Saudi, Kuwait dan Qatar. Gamis putih s populary dipakai di negara-negara Muslim Timur Jauh. Gamis berwarna dan bordir menjadi semakin populer di Yordania, negara-negara barat dan sekarang juga di negara-negara Timur Tengah juga. Meskipun hitam adalah warna yang disukai di beberapa negara perempuan Muslim pada umumnya dapat memakai warna apa pun yang mereka suka selama itu tidak menghasilkan perhatian yang tidak perlu. Untuk alasan ini bumi-nada adalah pilihan populer. Perempuan Muslim sering memakai label desainer bawah pakaian luar mereka dan semakin mereka ingin memakai pakaian luar modis juga. Yang taat tidak perlu berarti menjemukan. Fashion desainer mulai menyadari ini dan toko-toko khusus, website dan fashion show bermunculan, label mode papan atas Eropa termasuk John Galliano dan Blumarine baru-baru ini memamerkan model mengenakan Gamis couture.

Jenis-Jenis Bahan Baju Gamis

Setelah kita paparkan secara singkat tentan baju gamis, penting juga kiranya untuk  mengenal bahan dan jenis bahan dari baju Gamis. Berikut beberapa bahan yang paling populer dan banyak dijual di pasaran.

  1. Bahan Gamis Kain Sutra

Busana gamis juga banyak menggunakan jenis kain halus, seperti kain sutera yang terbuat dari serta alami ulat sutera. Kainnya yang halus, dingin, dan memberikan kesan mewah menjadikannya banyak dimanfaatkan untuk pembuatan busana resmi dan eksklusif, termasuk untuk pembuatan baju gamis pesta. Jenis kain ini termasuk yang terbaik dibandingkan jenis kain lainnya dan harganya pun cukup mahal.

  1. Bahan Gamis Kain Sutra Cina

Dibuat dari sutra yang ditenun secara sederhana. Kain ini cukup ringan namun tebal, sangat lembut dengan permukaan polos dan tidak memiliki tekstur. Umumnya tersedia dengan lebar 1,2 meter – 1,5 meter.

  1. Bahan Gamis Kain Saudi

Memiliki karakteristik lebih halus dan dingin jika dibandingkan dengan sutra cina. Umumnya mempunyai lebar 1,5 meter dan tersedia dalam berbagai warna (hitam, hijau toska, coklat tua, pink susu serta ungu tua).

  1. Bahan Gamis Kain Wolpeach atau Wolfis

Sering disebut dengan kain arab karena merupakan salah satu bahan untuk membuat gamis syar’i. Kain ini mempunyai sifat yang lembut dengan karakter yang tebal, sehingga jika dipakai tidak akan terawang.

  1. Bahan Gamis Kain Satin

Versi sintesis dari kain sutra yang dibuat dari serat buatan seperti polyester. Permukaan bagian luar licin dan mengkilap. Bahan ini banyak dipilih untuk membuat gamis terutama sebagai gaun pesta muslim atau baju pesta muslim karena dapat memberikan kesan glamour, feminim dan anggun.

  1. Bahan Gamis Kain Katun

Keunggulan dari bahan ini adalah kain terasa dingin, tidak mudah kusut, warnanya tidak luntur, mudah menyerap keringat dan nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari, serta harganya relatif terjangkau. Namun, bahan ini agak sedikit kaku dan rentan terhadap jamur. Yang sedang populer sekaran ini adalah gamis bahan katun jepang.

  1. Bahan Gamis Kain Jersey

Memiliki karakter yang tebal, elastis dan mudah jatuh sehingga sangat cocok untuk gamis syar’i karena bahannya tidak mudah nerawang dan teras dingin.

  1. Bahan Gamis Kain Sifon

Bahan ini agak tipis dan memiliki sifat yang lembut, halus, cenderung licin, namun saat dilipat bahan ini terlihat kaku. Bahan ini cocok digunakan untuk gamis syar’i karena memiliki kesan yang mewah dan menarik,

  1. Bahan Gamis Kain Serena

Memiliki tekstur lembut, dingin dan padat sehingga nyaman dipakai.

  1. Bahan Gamis Kain Jetblack

Kain jetblack merupakan jenis kain yang memiliki permukaan polos dengan karakteristik ringan, lembut, dingin, dan tidak transparan. Jenis kain ini umumnya diproduksi dengan lebar 1.15 meter dan hanya tersedia dalam satu warna saja yaitu warna hitam.

  1. Bahan Gamis Kain Shantung atau Rayon

Atau kain rayon yang memiliki karakteristik kaku namun cukup lembut, halus dan juga dingin sehingga cocok untuk udara tropis. Umumnya digunakan untuk gamis bercorak batik cap dan batik printing.

www.pexels.com

Jenis-Jenis Baju Gamis Muslim

Pada paragraf sebelumnya, sudah dibahas mengenai tentnang pengertian baju gamis beserta asal usul dan sejarahnya. Selain itu, juga telah dipaparkan tentang bahan-bahan apa saja yang bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan baju Gamis. Nah, pada kali ini kita akan ulas tentang ragam gamis atau yang serumpun dengan baju gamis atau baju muslim. Atau untuk rekomendasi pilihannya bisa kunjungi http://bajupengantinmuslim.net/.

Keberadaan baju gamis saat ini tak sekedar menjadi simbolis keagamaan. Dengan berkembangnya zaman, tampilan baju muslim telah mengalami modernisasi. Banyak desainer ternama yang membuat inovasi gaya berhijab stylish dan modis. Memadukan berbagai unsur warna, motif dan model yang unik.

Perpaduan antara kreasi dan inovasi ini memang sangat banyak diminati, namun tetap syar’i, tanpa menghilangkan tujuan utamanya sebagai penutup aurat.
Untuk menemukan pilihan baju muslim terbaru dan kekinian pun juga tidaklah sulit. Sekarang ini, tak sedikit produsen hijab yang menawarkan produk mereka lewat sosial media, seperti instragam, facebook dan beragam situs online shop lokal (misal tokopedia, zalora, Blibli dan masih banyak lainnya). Kamu hanya perlu klik, transfer uang via ATM dan barang pun akan dikirim oleh kurir ke rumahmu.

Dan saya merasa perlu untuk berbagi tips sekaligus rekomendasi baju muslim 2019 yang keren dan pastinya akan membuat penampilanmu semakin cantik. Penasaran apa saja? Lanjutkan bacanya, ya!

Tips Memilih Baju Gamis Muslim

Baju gamis muslim adalah salah satu tren fashion yang sedang berkembang saat ini. Untuk memenuhi kebutuhan para hijaber tentunya baju muslim diciptakan dengan segala ragam, bentuk, model dan bahan. Untuk mendapatkan baju muslim yang baik, kamu bisa simak tipsnya berikut ini!

Para desainer lokal tampaknya tak pernah berhenti menciptakan inovasi-inovasi terbaru dalam membuat variasi busana muslim. Mulai dari model gamis, jumpsuit, maxi dress dan masih banyak lainnya. Dengan aneka motif yang menarik pula tentunya, seperti bordir, batik, etnik-etnik nusantara hingga motif polos pun juga ada.
Nah, kalau kamu ingin membeli baju gamis muslim sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Akan lebih bagus jikak kamu memilih motif simpel yang gak terlalu rame. Baju dengan motif simpel terkesan netral dan cocok digunakan untuk segala acara. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi http://bajupengantinmuslim.net/ sebagai tambahan referensi dan rekomendasi.

  1. Jangan Lupa Gunakan Warna Netral atau Pastel

Selain motif, pemilihan warna juga penting. Kamu harus pintar memadu pandankan warna baju sesuai dengan outfit, bentuk tubuh dan warna kulit. Namun jika kamu ingin membeli yang netral, warna-warna pastel bisa menjadi pilihan tepat. Baju dengan warna pastel akan membuat penampilanmu tampak casual dan kalem. Meski demikian, tak ada salahnya jika kamu berniat membeli busana muslim dengan warna terang. Wanita berkulit kuning langsat umumnya cocok menggunakan warna-warna cerah, seperti merah, hijau atau kuning. Sedangkan untuk si kulit coklat baiknya memilih baju berwarna soft, tujuannya untuk menetralkan warna kulit agar tidak tampak lebih gelap.

  1. Gunakan Baju dengan Bahan Berkualitas

Dalam memilih busana muslim, pastikan kamu mencari bahan yang berkualitas. Carilah bahan yang kainnya adem tapi tidak menerawang. Selain itu, utamakan pakaian yang nyaman digunakan. Serta tidak mudah kusut saat dicuci. Beberapa jenis bahan busana muslim yang tergolong bagus seperti kain katun, kain satin, woolpeach, supernova dan spandex. Kamu bisa memilihnya dengan menyesuaikan kebutuhan. Misalnya saja, untuk acara pesta maka sebaiknya pilih baju gamis muslim berbahan satin.

Dan akhirnya, kamu tetap saja masih bingung harus memilih baju gamis muslim apa untuk melengkapi penampilanmu? Jangan terlalu khawatir karena berikut ini akan dihadirkan beberapa rekomendasi baju gamis muslim dan yang masih bersaudara dengan baju gamis, hehehe…

www.pexels.com
  1. Oversized Sweater

Oversized sweater merupakan salah satu item busana muslim terbaru (termasuk saudara dari baju gamis) yang sering dilirik saat musim dingin atau musim hujan. Tentunya dengan mengenakan outfit “sweater kedodoran” ini penampilanmu akan terlihat makin stylish dan imut. Beberapa pilihan busana muslim oversized sweater, yakni: Cow Girl Sweater Orange Boontie Sweater ini bergaya trendi dengan dihiasi motif print gambar-gambar kartun yang lucu. Cocok dipadu padankan dengan bawahan gelap dan flat shoes atau sneakers. Sweater ini hanya tersedia dalam warna orange, namun untuk ukurannya lengkap kok! All size, mulai dari tubuh kurus hingga tubuh gemuk juga ada!

  1. Long Cardigan

Long cardigan juga menjadi salah satu must have item bagi kamu para hijabers. Outer ini cocok di mix and match dengan dalaman apapun, seperti blouse, kaos atau kemeja. Di samping itu, juga bisa menghangatkan tubuh saat musim dingin. Beberapa pilihan Long Cardigan, yakni:

  • Jo & Nic Laudya Midi Cardigan

Long Sleeves cardigan ini terbuat dari material kaos rayon spandex. Bahannya adem dan nyaman digunakan. Memiliki desain stylish dan pastinya akan membuat penampilanmu semakin fashionable.

  • Noir Sur Blanc Ladies Long Cardigan

Pergi ke kantor akan semakin terlihat modis dan elegan dengan busanal long cardigan dari Noir Sur blanck ini. Busana ini terbuat dari bahan katun dengan detail rajut berkualitas. Terdapat dua kantong di bagian depan untuk tempat menyisipkan pernak-pernik atau uang. Cardigan ini juga didesain berlengan panjang sehingga cocok digunakan sebagai busana muslim.

  1. Long Dress Katun

Busana long dress atau maxi dress juga sedang digandrungi oleh para pencinta fashion hijab saat ini. Terutamanya busana yang berbahan katun. Pasalnya kain katun cenderung nyaman digunakan, bahan adem di kulit dan gak bikin gerah. Selain itu, dress katun juga cocok diaplikasikan di segala acara, baik formal ataupun santai. Beberapa pilihan long dress katun, yakni:

  • Calila Maxy Gamis

Cari busana muslim yang modis tapi tetap syar’i? Calila maxy gamis adalah jawaban tepat! Gamis ini terbuat dari bahan katun dengan motif simpel namun tampak elegan. Dapat digunakan untuk busana kerja, pesta atau sekedar hangout bareng teman. Astarini Paisley Katun Maxi Dress

Buat ibu-ibu muda yang baru menikah, maxi dress Astrarini Pasiley ini cocok loh dijadikan busana sehari-harimu di rumah biar makin keren. Ada banyak varian warna yang tersedia, seperti meah, biru, ungi dan hitam. Motifnya juga kalem berupa ukiran bunga-bunga kecil nan cantik. Dijamin suami bakal bertambah cinta deh!

  1. Baju Gamis Muslim Modern Jumpsuit

Baju muslim 2019 yang sedang ngetren, salah satunya adalah busana jumpsuit. Busana ini berbentuk terusan. Modelnya keren-keren dan modis. Selain itu, jumpsuit juga populer di kalangan artis dan selebgram. Sehingga tak jarang kita menemukan foto-foto busana jumpsuit di feeds instragam. Beberapa pilihan baju muslim jumpsuit, yakni:

  • Olli Wrap Over Jumpsuit Maroon Havva

Busana jumpsuit Maroon Havva ini bikin look-mu makin terlihat classy dan elegan. Motifnya simpel, hanya terdapat ikat tali dibagian samping. Cocok digunakan untuk busana kantor atau sekedar jalan-jalan.

  • Denis Jumpsuit Zahra Signature

Busana bewarna dark blue ini gak Cuma cocok buat outfit kuliah, tapi juga bagus untuk foto ala OOTD di instragam. Desainnya simpel dan elegan. Dilengkapi dengan dua kantong di bagian depan dan sabuk coklat yang bikin penampilanmu makin stylish.

www.pexels.com
  1. Gamis

Saat ini, ada banyak variasi baju gamis yang stylish dan trendi. Baju Gamis tidak cuma cocok digunakan untuk acara pesta. Tapi juga bisa buat outfit ketika nongkrong bareng teman, kuliah atau ngantor. Beberapa pilihan baju muslim gamis populer, yakni:

  • Zalia Placement Floral Dress

Untuk kamu yang gemar tampil feminim, gamis satu ini bisa jadi pilihan pas buat kamu! Desainnya casual dilengkapi dengan motif floral, inner lining serta reselting di bagian belakang. Gamis ini menawarkan kombinasi warna red dan off white yang cantik. Bakalan keren banget jika dipadupadankan dengan hijab pashima warna cerah.

  • Vrichel Collection – Syari 2in1 bella

Buat para ibu-ibu hamil dan ibu menyusui bisa tampil trendi dengan busana gamis syar’i dari Vrichel Collection. Gamis ini terbuat dari bahan berkualitas, jersey premium sehingga tidak gerah jika digunakan. Tampilannya juga modis dengan karet di bagian pinggal belakang. Cocok dikombinasikan dengan jilbab segiempat.

  1. Dress dan Hijab Turban

Siapa sih yang gak kenal model hijab turban? Munculnya hijab turban ini terinspirasi dari busana penutup kepala pria Arab, yakni sorban. Yang kemudian dikreasikan sedemikian rupa menjadi hijab buat cewek. Hijab turban cocok digunakan untuk kamu yang suka berpenampilan modis. Hijab ini juga tampak cantik bila dikombinasikan dengan aksesoris bros atau anting-anting. Beberapa pilihan dress dan hijab turban, yakni:

  • Rahma Abaya Dari Hijup X Miss Marina

Dress Abaya dari Hijup ini desainnya simpel dan casual. Berbentuk rok pada bagian bawah. Serta dilengkapi kancing dan saku di kanan-kiri. Dress ini terbuat dari bahan polyester. Nyaman digunakan dan yang terpenting syar’i bisa menutup aurat secara keseluruhan.

  • Tiras Turban Moca Besar Green Hijab

Menggunakan gamis pasangannya paling pas adalah hijab tiras turban ini. Kamu gak perlu susah-susah membuat kreasi hijab, karena turban ini adalah jilbab instan. Desainnya juga modis dilengkapi dengan aksen bunga besar di bagian depan.

www.pexels.com

Nah, demikianlah paparan dan ulasan tentang baju gamis, sejarah dan asal usulnya. Dan juga telah dipaparkan tentang bahan dan cara-cara memilih model yang cocok bagi Anda. Dan tidak kalah penting juga telah digambarkan terkait pilihan baju gamis yaitu ragam baju gamis dan saudara-saudaranya. Atau kalau masih merasa bingung silahkan kunjungi http://bajupengantinmuslim.net/.