Apa  kamu suka mengonsumsi cincau? Banyak sebagian besar orang tahu jika cincau itu berwarna hitam. Namun kamu harus tahu bahwa cincau ada yang berwarna hijau.  Bagi kamu yang pernah memakan cincau pasti tau jika benda yang satu ini sangatlah menyegarkan. Apa kamu tahu perbedaan dari cinsau hitam dan hijau? Jika kamu tidak tahu meri simak penjelasan artikel ini.

Bahan dan Pembuatan Cincau Hitam serta Hijau

Dimulai dari pengenalan bahan yang akan digunakan untuk membuat cincau. Cincau hijau dibuat dari dan Cylea berbata Myers dan Perdu Premna dimana tanaman tersebut memiliki manfaat kesehatan. Salah satunya adalah meredahkan radang tenggorokan yang kamu alami juga menjaga tekanan darah. Untuk cincau hitam dibuat dari daun Mesonapalustris atau lebih dikenal dengan sebutan Janggelan. Bahan yang digunakan oleh cincau ini mengandung banyak serat sehingga bagus untuk pencernaan yang ada pada tubuh. Bukan hanya itu, mengonsumsi cincau hitam akan sering kali membuat perut menjadi kenyang.

Setelah mengetahui bahan yang digunakan untuk membuat cincau, apa kamu tidak mau mencoba membuat sendiri? sebenarnya untuk membaut sebuah cincau cukup mudah dilakukan. Jika kamu mau membuat cincau hijau cukup memetik beberapa daun tanaman dan merebusnya. Sebelum direbus pastikan daun tersebut sudah kamu cuci terlebih dahulu. Saat akan merebus daunnya pastikan airnya mendidih terlebih dahulu. Rendam terus hingga seluruh lender dan sari yang ada di daunnya keluar. Jika semua lender dan sari keluar saring air ke sebuah wadah. Pisahkan antara air yang rebusan yang sudah ada sari dan lendirnya dengan ampas daun. Kemudian yang kamu lakukan diamkan air cincau selama empat jam dalam wadah sampai mengeras serta siap untuk dikonsumsi. Sedangakn untuk dara pembuatan cincau hitam sedikit berbeda dengan cincau hijau. Pertama kamu harus keringkan daun janggelan di sinar matahari. Namun jika kamu memiliki oven bisa menggunakannya agar lebih cepat. Jika sudah kamu harus bersihkan daunnya. Kemudian rebus daun bersamaan dengan abu merang hitam serta air sampai mendidih. Jika sudah saring hasilnya dan masukkan wadah. Tunggu hasilnya sampai cincau yang ada di dalam wadah mengeras