pxhere.com

Pentingnya Keberadaan  Software Akuntansi UKM Beserta Kriterianya yang Terbaik

Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia saat ini tengah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Perlu diketahui bahwa UKM ini bagi bangsa Indonesia sangatlah penting dalam menopang perekonomian sehingga bisa mampu berkembang pesat tentunya sangatlah menguntungkan.  Walaupun jumlah UKM di Indonesia telah meningkat dengan pesat, sayangnya tidak dibarengi dengan kualitas yang mumpuni.  Masih banyak UKM di indonesia yang mengalam kegagalan karena berbagai masalah, salah satu yang paling banyaka dalah soal  tidak baiknya sistem administrasi dan keuangan yang dipunyai. Padahal untuk masalah ini sudah banyak software akuntansi UKM yang bisa membantu, tetapi memang masih belum banyak yang menyadarinya.  Untuk itulah Anda harus mengetahui pentingnya sofwaret tersebut. Barulah setelah itu mengetahui kriteria software akuntansi untuk UKM yang terbaik agar dapat memilih yang paling tepat.

Pentinganya Keberadaan Sofware Akuntansi UKM

Bagi yang belum mengetahui software akuntansi untuk UKM adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang khusus agar memudahan para pelaku UKM mencatat berbagai aktivitas akuntansi atau keuangan yang dipunyai. Nah, keberadaan software ini sangatlah penting dan agar tidak meragukannya silahkan simak beberapa alasannya berikut ini:

pxhere.com
  1. Mampu Menghasilkan Laporan Akuntansi Keuangan dengan Cepat dan Mudah

Alasan pertama pentingnya software akuntansi untuk UKM ini untuk digunakan adalah mampu membuat Anda menghasilkan laporan akuntansi keuangan yang dipunyai secara cepat dan mudah. Hal ini tentunya sangatlah mudah mengingat tidaklah mudah untuk membuat laporan tersebut, terlebih bila dibuat secara manual sering terjadi kesalahan, membutuhkan waktu yang lama dan menghabiskan tenaga maupun pikiran.  Beberapa laporan akuntansi yang bisa dihasilkan lewat software akuntansi untuk UKM ini antara lain ada balence sheet (neraca), profit lost statement ( rugi laba), laporan akhir keuangan dan cash flow.

  1. Membantu Anda Mengetahui Bagaimana Kondisi Usaha yang Dijalankan

Dengan keberadaan software akuntansi UKM yang mampu membuat Anda mengetahui bagaimana kondisi usaha yang sedang dijalankan. Pasalnya lewat berbagai hasil laporan akuntansi keuangan inilah diketahui sedang baik atau tidaknya usaha yang dijalankan.  Dengan begitu tentunya Anda bisa mengambil kebijakan ataupun langkah yang sesuai dengan kondisi UKM  berdasarkan laporan hasil software akuntansi untuk UKM yang dipunyai. Alasan pentingnya software tersebut menjadi bukti kuat bahwa wajar bila dalam SOP alias Standar Operasional Prosedur sebuah perusahaan ataupun usaha selalu melibatkan analisis laporan akuntansi dalam mengambil tindakan tertentu.

  1. Membantu dalam Melancarkan Pengajuan Kredit/Modal Usaha

Perlu diketahui bahwa software akuntansi untuk UKM ini sangatlah membantu dalam melancarkan pengajuan kredit/modal usaha yang dibutuhkan. Bagaimana tidak,  laporan akuntansi keuangan yang dapat dengan mudah dibuat ini berguna sebagai syarat pengajuan hal tersebut. Maka dari itulah penggunaan software akuntansi untuk UKM ini sebagai salah satu strategi bisnis yang tidak boleh diabaikan para pelaku UKM.

pxhere.com

Kriteria Software Akuntansi untuk UKM yang Terbaik

Terdapat banyak sekali pilihan software akuntansi untuk UKM yang bisa Anda pilih. Namun sayangnya tidak semuanya mempunyai kualitas yang baik. Untuk itulah kenali kriteria software akuntansi untuk UKM yang terbaik agar mampu memilihnya dengan mudah. Berikut adalah berbagai kriteria yang dimaksud:

  1. Mempunyai Fitur Pencatatan

Kritria pertama software akuntansi untuk UKM yang terbaik kualitasnya adalah yang mempunyai fitur pencatatan. Fitur ini digunakan untuk mencatat berbagai transaksi yang dilakukan kepada akun dalam akuntansi.  Beberapa contoh fitur pencatatan yang harus ada dalam software akuntansi UKM terbaik ini adalahh pembelian, penjualan, kas keluar, kas masuk, penyesuaikan persediaan, saldo awal dan jurnal umum.

  1. Memiliki Fitur Pelaporan

Selain harus mempunyai fitur pencatatan, software akuntansi untuk UKM terbaik juga harus memenuhi kriteria berupa dipunyai fitur pelaporan.  Pelaporan yang dimaksud adalah hasil dari aktivitas pencatatan yang telah dilakukan sebelumnya kepada pihak pihak-pihak tertentu seperti misalnya petugas pajak ataupun auditor. Empat fitur pelaporan dasar yang harus ada dalam software akuntansi untuk UKM terbaik adalah laba rugi, cash flow, neraca dan laporan yang mamu disesuaikan dengan apa yang usaha butuhkan.

  1. Mempunyai Fitur Analisa Bisnis

Dipunyainya fitur analisa bisnis adalah kriteria software akuntansi untuk UKM terbaik yang berikutnya.  Fitur ini sangatlah dibutuhkan untuk melakukan evaluasi terhadap resiko keputusan yang diambil UKM beserta prospek ekonomi yang muncul.  Hal yang termasuk ada didalam analisa bisnis ini seperti analisa lingkungan pada bisnis yang dijalankan, posisi keuangan, kinerja maupun strateginya.  Nantinya hasil dari analisa bisnis yang diperoleh ini ammpu membuat Anda sebagai pemilik UKM mengetahui harus melakukan ataupun harus mengambil keputusan apa demi kelancaran usaha yang dijalankan.  Dari seluruh hal tersebutlah software akuntansi untuk UKM terbaik haruslah mempunyai fitur analisa bisnis yang akurat.

pxhere.com

Demikianlah itu tadi merupakan informasi beberapa alasan pentingnya harus menggunakan software akuntansi untuk UKM beserta dengan kriteria dari software tersebut yang terbaik. Tentunya seluruh informasi ini begitu penting bagi para pelaku UKM karena mampu mempengharuhi keberhasilan bisnis. Untuk itu jangan sampai Anda melewatkan walaupun hanya satu saja informasi-informasi penting yang telah dijelaskan tersebut mengenai software akuntansi untuk UKM.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *