Air Conditioner (AC) menjadi satu dari berbagai macam alat elektronik terbanyak digunakan di Indonesia. Bukan sekedar untuk kebutuhan rumah tangga saja, penggunaan AC juga banyak ditemukan di perkantoran, instansi publik hingga pabrik. AC Sharp, AC LG, AC Panasonic, AC Polytron, AC Midea, AC Daikin, AC Changhong, AC Haier menjadi produk-produk AC populer di Tanah Air.

Alat elektronik yang digunakan untuk menyesuaikan suhu ruangan ini menawarkan solusi praktis dalam mengatasi suhu udara panas pada berbagai macam kondisi memanfaatkan energi listrik. Sekitar 20% pengggunaan listrik rumah tangga Indonesia digunakan untuk menyalakan AC. Kondisi ini dikarenakan wilayah Indonesia berada di kawasan beriklim tropis. Tak hanya mengatur suhu ruangan, AC yang semakin canggih juga membantu menjaga kenyamanan dan kesehatan ruangan.

Beberapa Manfaat Air Conditioner (AC) bagi Kehidupan Manusia Sehari-Hari

Manfaat utama yang bisa didapat dari perangkat AC tentu saja untuk menyesuaikan suhu ruangan. Umumnya adalah mendinginkan dan memberikan sensasi menyegarkan dalam ruangan. Beberapa produsen menambahkan kemampuan agar AC lebih menyehatkan dan hemat energi.

www.pexels.com

Mencegah Kepanasan dan Dehidrasi

Tubuh manusia yang terus menerus terpapar suhu tinggi selama jangka waktu tertentu dapat mengalami stroke panas. Kondisi ini ditandai dengan tubuh yang tidak dapat mengatur dan menyesuaikan suhu dengan baik. Kondisi ini beresiko kerusakan otak hingga organ penting lain pada tubuh.

Sementara dehidrasi merupakan kondisi kesehatan lain yang berbahaya dan dipicu oleh suhu tinggi dalam jangka waktu yang berlebihan. Tubuh yang kepanasan akan mengeluarkan keringat untuk mendinginkan diri. Terus berkeringat, lama kelamaan membuat tubuh kekurangan cairan. Ketika tidak direhidrasi optimal, maka tubuh menjadi kehilangan keseimbangannya.

Kemampuan AC dalam menyesuaikan suhu ruangan dapat mengatasi kedua masalah akibat suhu tinggi tersebut. Ruangan di rumah yang ditinggali manusia untuk beristirahat maupun bekerja dapat didinginkan sehingga lebih bersahabat bagi kesehatan.

Menunjang Produktivitas dan Istirahat

Suhu tinggi pada ruangan yang digunakan untuk beraktifitas baik bekerja maupun belajar dapat memicu efek negatif. Hal ini berhubungan dengan produktifitas manusia yang menjadi terganggu akibat lingkungan yang tidak menunjang. Paparan suhu tinggi berpengaruh terhadap kondisi fisik dan kecerdasan. Begitu pula bagi manusia yang membutuhkan lingkungan nyaman untuk beristirahat.

AC dapat menyejukkan ruangan sehingga para karyawan dan pelajar dapat mencapai kemampuan maksimal mereka. Begitu pula dengan orang yang berangkat tidur akan terbantu karena suhu udara ruang tidur yang nyaman mengatasi kelelahan dan gangguan tidur lainnya.

Mengoptimalkan Kualitas Udara

Saat ini, kemajuan teknologi juga sudah merambah ke perangkat AC yang tak hanya menjadi penyejuk ruangan belaka. Berbagai produsen memperkenalkan teknologi terkini mereka untuk menghadirkan perangkat AC yang paling sesuai dengan kebutuhan konsumen. Misalnya, saat ini AC juga dapat membantu meningkatkan kondisi udara dalam suatu ruangan.

Umumnya, saat ini AC dapat menyaring debu, serbuk sari hingga berbagai pemicu alergi lain. Bahkan perangkat elektronik rumah tanga ini juga sanggup mengendalikan pertumbuhan jamur, spora dan lumut karena kemampuannya menekan tingkat kelembaban. Pada lokasi permukiman yang memiliki kualitas udara yang kurang baik, penggunaan AC dapat membantu membuat suasana yang lebih bersih sekaligus menyehatkan.

Mencegah Asma dan Alergi

Kemampuan AC di atas, yaitu menyaring serta mensterilkan udara secara tidak langsung dapat mencegah gangguan pernafasan seperti halnya asma yang pastinya sangat mengganggu. Selain itu, keberadaan debu dan serbuk sari dari tanaman juga akan tersaring sehingga alergi yang menyiksa Anda karena mengalami bersin-bersin tiada henti juga dapat dicegah.

Kondisi ruangan yang lembab dapat memicu pertumbuhan jamur dan lumut dimana spora dari kedua tumbuhan ini dapat memicu reaksi alergi, asma hingga permasalahan lainnya. Apabila ada anggota keluarga yang memiliki masalah dengan kondisi ini, maka penggunaan AC dalam ruangan yang jendelanya tertutup dapat membantu membuat mereka merasa lebih baik. Selain AC yang menyaring polutan tersebut, debu, bakteri dan pemicu alergi dapat dicegah masuk ke dalam ruangan.

www.pexels.com

Mengenal Jenis AC Sebelum Membeli

Air Conditioner yang ada di pasaran saat ini umumnya terbagi menjadi 2 varian utama yaitu AC Inverter dan AC Low Watt. Anda sebaiknya memiliki pengetahuan terkait kedua jenis AC ini mengingat keduanya memiliki karakteristik tertentu agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

AC Inverter

AC jenis ini dikenal menerapkan teknologi lebih canggih dibanding AC standar pada umumnya. Inverter yang dimaksudkan adalah sistem yang diterapkan dalam operasional AC yang menggunakan teknologi inverter listrik. Dalam hal ini listrik akan dirubah yang awalnya tegangan listrik AC (alternating current) menjadi DC (direct current).

Kemampuan inverter ini diharapkan agar penggunaan energi listrik dapat ditekan dalam jangka waktu penggunaan yang panjang. AC Inverter dikenal lebih stabil dan dapat mendinginkan ruangan lebih cepat. AC inverter menawarkan efisiensi lebih baik dibanding AC low watt dalam kondisi ruangan yang memiliki suhu yang lebih stabil.

Tipe AC inverter akan lebih efektif dan efisien untuk ruangan seperti tempat tidur yang memiliki suhu ruangan stabil, hanya ditempati jumlah orang tertentu dan pintu tidak sering dibuka tutup. Beberapa merek terkenal memiliki produk AC inverter canggih yang bisa Anda pilih untuk ruangan semacam ini.

Sharp misalnya, menawarkan produk AC inverter antara lain J-Tech-Inverter Series yang juga ditunjang dengan teknologi canggih seperti plasmacluster, energy saving dan strong cooling.

AC Low Watt

Menggunakan prinsip kerja yang sedikit berbeda dari AC inverter, Ac low watt masih menerapkan  mekanisme yang identik dengan AC konvensional. Bedanya, AC jenis ini memanfaatkan teknologi kompresor lebih canggih dan menggunakan energi listrik lebih sedikit.

AC low watt yang menggunakan daya 290 sampai 390 watt ini lebih ideal untuk kebutuhan rumah tangga yang memiliki rumah dengan daya listrik yang rendah. sehingga, jika rumah Anda menggunakan daya listrik 900 watt, maka AC jenis ini menjadi pilihan terbaik untuk menghindari listrik kelebihan beban.

Sharp juga memiliki produk AC Low Watt yang bisa Anda pertimbangkan seperti AC Sayonara Panas Comfort ECO dengan fitur low watt-low voltage, plasmacluster, self cleaning, R32 freon, powerfull jetstream dan coAnda Gentle Cool Air. Jadi meskipun penggunaan watt rendah, namun ruangan Anda tetap nyaman dan sehat.

www.pexels.com

Mengenal Teknologi dan Fitur pada AC Sharp

Mungkin beberapa dari Anda sudah tidak asing lagi dengan brand Sharp yang memiliki berbagai macam produk berkualitas. Produk Sharp dipercaya lantaran kualitas, desain menarik, fitur serta teknologi mutakhir. Inilah yang membuat merk ini tetap bertahan di pasar Tanah Air sekian lama.

Untuk produk AC, Sharp menawarkan line-up dengan fitur dan teknologi andalan demi memenuhi kebutuhan dan selera konsumen di Indonesia. Beberapa fitur tersebut antara lain;

Plasmacluster

AC Sharp dilengkapi dengan plasmacluster generator terintegrasi  yang melepas ion positif dan ion negatif bersama udara yang dihembuskan untuk menetralkan elemen berbahaya di dalam ruangan meliputi virus, jamur maupun alergen.

Energy Saving

Teknologi Inverter ini dapat membuat AC bekerja menggunakan energi listrik rendah sehingga dapat menghemat listrik hingga 60% (dibanding AC konvensional). Teknologi ini juga ditunjang dengan adanya fitur Eco Mode untuk menurunkan konsumsi listrik sekaligus mencegah ruangan menjadi terlalu dingin.

Strong Cooling

Kemampuan yang diberikan melalui fitur JetStream ini sanggup menghembuskan sensasi udara dingin sehingga ruang yang panas menjadi lebih dingin seketika. Hembusan ini sanggup menurunkan suhu ruangan Anda 5°C dalam 5 menit. Dengan demikian suhu ruangan yang diinginkan akan didapat dengan lebih cepat sekitar 40%.

Low Watt-Low Voltage

Sesuai dengan judulnya, fitur ini membuat AC dapat bekerja menggunakan daya dan tegangan minimum. AC pun menjai lebih bersahabat untuk rumah dengan daya 900-1300 Watt sekalipun.

Self Cleaning

Ion dari plasmacluster juga dapat mencegah pertumbuhan jamur karena udara yang lembab. Dengan kondisi ruangan yang lebih kering, maka ruangan pun terhindar dari bau apek. Kemampuan self cleaning ini dilakukan selama 40 menit dimana ion plasmacluster disebarkan ke dalam ruangan Anda untuk mematikan spora dan jamur yang memicu bau tidak sedap dalam ruangan Anda.

R32 Freon

Freon terbaru ini dikenal lebih ramah lingkungan dan lebih bersahabat bagi lapisan ozon Bumi. Tak hanya memenuhi kebutuhan konsumen, Sharp juga membuktikan kepeduliannya  terhadap kelestarian alam.

Powerful Jetstream

Kemampuan menghembuskan udara lebih kuat dan konstan seperti yang dimiliki AC Sharp Sayonara Panas Comfort ECO menjadi pilihan favorit konsumen karena dapat mendinginkan ruangan yang panas lebih cepat.

CoAnda Gentle Cool Air

Berbeda dengan fitur di atas, kemampuan ini memberikan hembusan lembut dan tidak secara langsung dimana udara dingin akan dihembuskan ke langit-langit ruangan, tidak mengarah ke bagian lantai. Fitur ini ditujukan untuk mencegah ruangan terlalu dingin dan lebih bersahabat untuk anak-anak, wanita hamil maupun lansia. Tidur Anda juga tidak akan terganggu lantaran kamar yang terlalu dingin.

Lock-On Sensor

Fitur yang juga jadi andalan Sharp ini dapat mengatur suhu AC ke angka maksimal ketika suhu luar ruangan cukup tinggi. Suhu paling rendah yang dapat dicapai adalah 14°C dengan kapasitas pendinginan yang semakin ditingkatkan.

W Flex Louver (kiri kanan)

Louver yang dimiliki AC dari Sharp dapat mengalirkan udara ke kiri dan kanan yang juga ditunjang oleh sudut hembusan yang lebih luas hingga 50%. Kemampuan ini membuat AC dapat mengalirkan udara makin banyak. Sementara itu, sudut louver ini juga bisa disesuaikan menurut kebutuhan.

W Flex Louver (atas bawah)

Selain berputar ke kiri dan kanan, louver juga berputar 180° untuk mengatur udara secara vertikal. Dengan kemampuan ini, maka jangkauan penyebaran hawa dingin menjadi lebih maksimal untuk memnuhi segala kebutuhan penyesuian suhu ruangan. Salah satunya seperti yang diterapkan pada fitur coAnda misalnya.

www.pexels.com

Pentingnya Melakukan Perawatan AC Secara Konsisten

Ketika Anda sudah memiliki gambaran tentang AC dari Sharp yang paling sesuai dengan kebutuhan ruangan, Anda juga perlu memperhatikan  pula tentang perawatan perangkat elektronik tersebut. Jadi bukan hanya konsumsi daya listrik saja yang harus Anda hitung, melainkan biaya maintenance dan service AC.

Penggunaan yang terhitung berdasarkan intensitas dan masa pemakaian pastinya akan memberikan dampak terhadap komponen AC sehingga kualitas produk juga mengalami degradasi. Diperlukan perawatan secara konsisten agar perangkat AC di ruangan Anda selalu memiliki kemampuan optimal. Karena seperti yang diketahui bahwa;

AC Rentan Terhadap Jamur dan Bakteri

Karena tugasnya mendinginkan ruangan, maka perangkat ini juga lebih rentan terhadap jamur dan bakteri. Ketika terdapat komponen yang rusak atau bocor, maka AC pun menjadi lebih terancam oleh kelembaban. Bagian dan komponen AC yang lembab menjadi tempat tumbuhnya jamur meskipun bagian body luar terlihat putih bersih.

Anda tidak perlu menunggu AC di ruangan bermasalah atau bahkan tidak bekerja untuk memanggil teknisi. Lakukan perawatan secara teratur agar jamur dan lumut dapat dideteksi serta untuk mengetahui manakah komponen yang mengalami gangguan dan dilakukan perbaikan segera.

AC Rawan Kotor

Seperti halnya perangkat elektronik lain, AC juga tak luput dari ancaman keberadaan debu dan kotoran. Inilah yang kemudian membuat AC menjadi kurang optimal bekerja mendinginkan ruangan atau bahkan menimbulkan suara berisik yang tentunya sangat mengganggu.

Selain udara ruangan yang tak kunjung dingin setelah Anda mengatur suhu pada remote, masalah yang diakibatkan kotoran juga suhu tidak sedingin seperti yang tertulis di remote. Tentu saja pemborosan listrik pun tak terhindarkan.

Suara berisik yang keluar dari AC juga bisa sangat mengganggu konsentrasi Anda yang sedang bekerja ataupun belajar. Suara berisik yang tidak nyaman ini bahkan juga membuat Anda lebih susah tertidur. Parahnya lagi, suara ini bisa membuat Anda pusing.

AC Rentan Karat

Komponen besi yang ada di dalam unit AC akan terpapar oleh kondesasi udara dengan freon sehingga karat bisa saja muncul. Ketika komponen di dalam AC menjadi berkarat, maka udara yang dihembuskan oleh AC pun juga terkontaminasi olehnya. Udara yang tercemar oleh karat ini bisa saja memicu gangguan kesehatan di hidung, tenggorokan hingga paru-paru.

Filter Udara AC yang Harus Selalu Bersih

Perawatan berkala untuk perangkat AC juga dilakukan untuk memastikan bahwa filter udara yang digunakan AC selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kotoran pada filter udara dapat membuat udara yang dihembuskan oleh AC terkontaminasi oleh polutan.

Filter yang sudah tidak optimal juga memicu sirkulasi udara dalam ruangan terganggu. Hal seperti ini bisa semakin buruk ketika kadar karbondioksida (CO2) semakin bertambah dalam ruangan tanpa disadari oleh orang yang berada dalam ruangan tersebut.

Beberapa polutan lain yang ikut mengancam seperti debu dan alergen juga memperburuk penderita TBC dan asma. Anda mungkin tidak menyadari ancaman ini karena keberadaan polutan yang tidak terlihat, sementara kondisi fisik AC terlihat bersih dan normal.

www.pexels.com

Dapat Menularkan Penyakit

Pastinya Anda sudah mengetahui bahwa banyak penyakit dapat ditularkan melalui udara. Kuman dan virus dapat berpindah dari satu orang ke orang lain melalui udara yang dihirup bersama dalam satu ruangan. Dan tentunya Anda tidak menginginkan hal semacam ini terjadi dalam ruangan Anda bukan?

Adanya jamur, karat hingga debu yang terkonsentrasi dapat tersebar ke penjuru ruangan dengan bantuan hembusan udara dari AC. Potensi penyebaran penyakit pun menjadi semakin tinggi. AC yang seharusnya dapat membuat ruangan lebih nyaman dan sehat pun justru menjadi sebaliknya tanpa perawatan yang seharusnya dilakukan.

Dengan melakukan perawatan secara rutin dan konsisten, Anda dapat menghemat biaya untuk perbaikan seandainya AC mengalami kerusakan yang seharusnya dapat dicegah. Dan yang lebih penting, Anda telah mencegah berbagai resiko kesehatan yang dapat dipicu oleh AC yang tidak terawat.

Sudah seharusnya apabila Anda melakukan perawatan terhadap AC agar kenyamanan dan kesehatan dapat terjamin. Perawatan ini juga memastikan bahwa AC dapat bekerja optimal sementara efisiensi energi juga berada dalam tingkat maksimalnya.